Sukses


Prediksi BRI Liga 1, Barito Putera Vs PSS: Ambisi Super Elang Jawa Lanjutkan Tren Kemenangan

Bola.com, Jakarta - PSS Sleman meraih dua kemenangan beruntun di kandang pada lanjutan BRI Liga 1 2022/2023. Klub berjulukan Super Elang Jawa itu mengandaskan RANS Nusantara FC 2-0 (21/1/2023) dan Arema FC 2-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada 26 Januari lalu.

Nah, tren positif itulah yang ingin mereka lanjutkan saat bertandang ke markas Barito Putera pada pekan ke-21 di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kalimantan Selatan, Selasa (31/1/2023) pukul 15:00 WIB.

Menilik klasemen, PSS Sleman saat ini berada di posisi 13 dengan torehan 22 poin. Rinciannya meraih enam kemenangan, empat hasil imbang, dan 10 kekalahan.

Sementara Barito Putera ada di peringkat 17 atau zona merah dengan raihan 16 angka. Hasil itu didapat dari tiga kemenangan, tujuh hasil imbang, dan sembilan kekalahan.

2 dari 7 halaman

Siap Ladeni Tuan Rumah

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro mengaku timnya sangat siap menghadapi Laskar Antasari, julukan Barito Putera. Jeda waktu persiapan sekitar empat hari dimanfaatkan tim Elang Jawa untuk evaluasi sekaligus membenahi kekurangan di laga sebelumnya.

Rombongan tim PSS Sleman bertolak ke Martapura pada Minggu (29/1/2023) dinihari. Dalam lawatan kali ini, mereka membawa 21 pemain. Sedangkan beberapa pemain urung dibawa karena cedera.

"Waktu yang ada kami coba optimalkan, menjaga kebugaran dan kondisi pemain," ujar Seto Nurdiyantoro dalam konferensi pers jelang laga, Senin (30/1/2023).

"Kami juga sudah coba lapangan, ada sedikit kendala tapi semoga tidak menjadi masalah karena pemain sudah tahu kondisinya. Mudah mudahan pemain lebih siap," lanjut Seto.

3 dari 7 halaman

Tidak Mudah

Kans PSS untuk mencuri tiga poin penuh sebetulnya cukup terbuka. Asal, anak-anak Sleman bisa menunjukkan permainan apik seperti saat menjungkalkan Arema FC pekan lalu. Plus, tuan rumah juga belum sekalipun meraih kemenangan di putaran kedua BRI Liga 1.

Meski begitu, Seto sadar untuk mencuri poin di kandang lawan tentu bukan perkara mudah. Selain bermain di kandang, Barito Putera diuntungkan dengan waktu persiapan yang panjang. Itu karena laga melawan PSIS Semarang pekan ke-20 pada 26 Januari lalu mengalami penundaan.

"Barito saya pikir dalam tren positif, lawan Borneo FC mereka bisa seri. Poin poinnya semakin mepet sesuatu yang kami waspadai. Mereka punya waktu lebih untuk mempersiapkan diri, ini yang kami antisipasi," tutur pelatih asal Kalasan, Sleman itu.

"Pemain baru Barito memberikan tren positif, ada beberapa amunisi dari Persikabo 1973 salah satunya, itu memberikan sesuatu yang berbeda. Kami juga mengantisipasi bagian dari pemain Barito, walaupun sempat uji coba tapi bukan jadi ukuran," sambungnya.

4 dari 7 halaman

Optimistis Raih Poin Penuh

Hal senada disampaikan gelandang Kim Jeffrey Kurniawan. Mewakili pemain lainnya, Kim menegaskan timnya siap berjuang dan memberikan yang terbaik di laga nanti.

"Harapannya dengan dua kemenangan kami sebelumnya menjadi motivasi tersendiri, kepercayaan diri untuk pemain dan tren positif ini bisa kami jaga," kata Kim Kurniawan.

"Saya pikir pemain semua semangat, motivasi dan kepercayaan diri lebih tinggi dapat dua kemenangan beruntun dan kami ingin melanjutkan tren ini di sini. Semoga bisa mendapatkan hasil maksimal," harap eks  pemain Persib Bandung itu.

5 dari 7 halaman

Pantang Terpeleset di Kandang

Pelatih Barito Putera, Rodney Borges Goncalves berharap timnya dapat memetik hasil positif di laga kandang. Pelatih asal Brasil itu berujar, evaluasi secara keseluruhan sudah dilakukan tim pelatih.

Kemenangan krusial bagi Laskar Antasari demi mentas dari klasemen bawah. Karena itu mereka pantang terpeleset di laga nanti. Bermain di kandang diharapkan menjadi suntikan semangat tersendiri buat para pemain.

Tetapi, Rodney menyadari untuk mengamankan tiga poin bukan hal yang gampang. Apalagi, kemungkinan timnya tidak diperkuat sejumlah pilar.

Setidaknya ada tiga pemain tengah dibekap cedera sejak laga terakhir menghadapi Borneo FC. Saat ini sang pemain masih dalam pantauan tim medis.

Selain itu, Barito Putera juga baru saja ditinggal beberapa pemain. Satu di antaranya kiper senior Aditya Harlan yang dipinjamkan ke Persita Tangerang. Kemudian, bomber Rafael Silva, juga telah menuliskan salam perpisahan. Memang, ada sejumlah amunisi baru yang didatangkan, namun pemain anyar tetap membutuhkan adaptasi dengan tim.

6 dari 7 halaman

Prakiraan Susunan Pemain dan Prediksi Bola.com

  • Barito Putera (4-2-1-3): Joko Ribowo (g); Bagas Kaffa, Renan Alves, Yuswanto Aditya, Aditya Putra Dewa; Bayu Pradana, Nazar Nurzaidin; Mike Ott; Buyung Ismu, Gustavo Tocantins, Ferdiansyah
  • Pelatih: Rodney Borges Goncalves
  • PSS Sleman (4-3-3): M. Ridwan (g); Ibrahim Sanjaya, Nurdiansyah, Ifan Nanda, Derry Rachman Noor; Jihad Ayoub, Jonathan Cantillana, Kim Kurniawan; Haris Tuharea, Yevhen Bokhashvili, Irkham Zahrul Mila
  • Pelatih: Seto Nurdiyantoro
  • Prediksi Bola.com: 45-55
  • Selasa, 31 Januari 2023
  • Venue: Stadion Demang Lehman, Martapura
  • Kick-off 15.00 WIB
  • Live Streaming: Vidio
7 dari 7 halaman

Yuk Intip Posisi Jagoanmu di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer