Sukses


Daftar Lengkap Aktivitas Transfer Persija pada Putaran Kedua BRI Liga 1: Witan Sulaeman In, 8 Pemain Out

Bola.com, Jakarta - Jumlah pemain Persija Jakarta yang masuk dan keluar pada bursa transfer putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023 tidak sebanding.

Persija Jakarta kehilangan delapan pemain. Namun, tim yang dijuluki Macan Kemayoran itu hanya mendatangkan lima personil.

Kendati demikian, Persija mampu menutup jendela transaksi paruh musim BRI Liga 1 dengan meyakinkan setelah memboyong Witan Sulaeman.

Persija Jakarta diperkirakan menebus Witan Sulaeman dari klub Slovakia, AS Trencin karena pemain berusia 21 tahun itu masih memiliki kontrak hingga 2024.

2 dari 8 halaman

Efisien dan Sesuai Kebutuhan Tim

Persija Jakarta mengontrak Witan Sulaeman dengan durasi jangka panjang selama tiga setengah musim atau sampai akhir 2026.

Aktivitas Persija Jakarta pada bursa transfer musim dingin BRI Liga 1 terbilang efisien dan sesuai kebutuhan tim. Mengapa demikian?

Macan Kemayoran melepas dua penyerang, Ricky Cawor, Taufik Hidayat, satu gelandang Braif Fatari, dan lima bek Rangga Widiansyah, Hamra Hehanussa, Ryuji Utomo, Rezaldi Hehanussa, Braif Fatari, dan Otavio Dutra.

3 dari 8 halaman

9 Pemain Pergi

Sembilan pemain itu berlabel pemain pelapis Persija pada putaran pertama BRI Liga 1 dan sangat jarang dimainkan, kecuali Taufik yang mendapatkan kesempatan sembilan kali, dengan dua di antaranya sebagai starter.

Dutra dan Rangga bahkan tidak pernah berlaga untuk Persija. Sementara itu, Hamra dua kali, Braif, Rezaldi, dan Cawor empat kali mendapat kesempatan untuk bermain.

Lantas, bagaimana dengan para pemain yang merapat ke Persija di pertengahan musim?

4 dari 8 halaman

4 Lain Pemain Merapat

Selain Witan, Persija juga memboyong Dandi Maulana dari Persebaya Surabaya, Birrul Walidain dari Madura United, Aji Kusuma dari Persiba Balikpapan, dan Rahmat Nico dari Karo United.

Dandi dan Birrul juga berstatus pemain cadangan pada putaran pertama Liga 1, adapun Rahmat dan Aji datang dari kontestan Liga 2 2022/2023.

Witan dan Aji dapat bermain di tiga posisi di lini depan Persija yang kerap turun dengan formasi 3-4-2-1 dan 3-4-3 ala pelatih Thomas Doll.

5 dari 8 halaman

2 Bek Baru

Sementara itu, Dandi dapat menutup lubang kepergian Ryuji Utomo yang hijrah ke Bali United dan menjadi pelapis Muhammad Ferarri yang menjadi langganan Timnas Indonesia U-20.

Birrul juga bisa memperkuat pos wingback kanan Tim Macan Kemayoran untuk menjadi back-up dari Rio Fahmi hingga Frengky Missa. Nama terakhir juga rentan meninggalkan tim ibu kota lantaran panggilan Timnas Indonesia U-20.

Persija menjelaskan tahapan dalam berburu pemain, mulai dari merangkum rekomendasi, melihat kebutuhan tim, membuat daftar dan mengecek kemungkinan, hingga menganalisis.

6 dari 8 halaman

Penjelasan Wakil Presiden Persija

"Perlu diketahui dalam era baru di dalam bursa transfer, mekanismenya panjang," ujar Wakil Presiden Persija, Ganesha Putera.

"Kami selalu terima banyak rekomendasi. Kami selalu lihat apa yang dibutuhkan, lalu dibikin daftarnya dan melihat ketersediaannya."

"Lalu tim analisis mempersiapkan data-data, profil, maupun video. Kemudian pelatih melakukan pemantauan lewat departemen analisis. Setelah itu, pendekatan ke pemain," tutur Ganesha.

7 dari 8 halaman

Daftar Lengkap Bursa Transfer Putaran Kedua Persija di BRI Liga 1

Masuk

  • 1. Dandi Maulana (CB) - Persebaya Surabaya
  • 2. Ahmad Birrul Walidain (RB) - Madura United
  • 3. Aji Kusuma (CF) - Persiba Balikpapan
  • 4. Rahmat Nicko (LB) - Karo United
  • 5. Witan Sulaeman (RW) - AS Trencin (Slovakia)

Keluar

  • 1. Ricky Cawor (CF) - PSS Sleman
  • 2. Taufik Hidayat (CF) - Madura United
  • 3. Braif Fatari (AMF) - Persik Kediri
  • 4. Rangga Widiansyah (LB) - Persik Kediri
  • 5. Rezaldi Hehanussa (LB) - Persib Bandung
  • 6. Hamra Hehanussa (CB) - Persik Kediri
  • 7. Ryuji Utomo (CB) - Bali United
  • 8. Otavio Dutra (CB) - Tanpa Klub
8 dari 8 halaman

Posisi Persija di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer