Sukses


Kalahkan Madura United di BRI Liga 1, Persebaya Ternyata Pakai Formasi saat Lawan Arema

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya mulai konsisten mendulang kemenangan di BRI Liga 1 2022/2023. Terbaru, mereka mempermalukan Madura United dalam pekan ke-21 yang bertajuk Derbi Suramadu.

Tim berjulukan Bajul Ijo mampu unggul dengan skor 2-0 dalam Derbi Suramadu jilid ke-16 itu di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Minggu (29/1/2023).

Persebaya mengawali laga itu dengan formasi 4-5-1. Empat pos belakang dihuni oleh Koko Ari Araya, Leo Lelis, Rizky Ridho, dan Alta Ballah. Sedangkan striker yang jadi ujung tombak adalah Paulo Victor.

Hal yang tidak biasa terlihat di lini tengah dengan memainkan lima pemain sebagai gelandang. Pasalnya, Persebaya biasanya memainkan tiga gelandang saja yang menopang dua penyerang sayap dan satu striker.

Komposisi lima gelandang ini terbagi jadi dua. Tiga pemain berada di belakang, yakni Muhammad Hidayat, Alwi Slamat, dan Ze Valente. Lalu, dua pemain dimainkan sebagai gelandang serang, yaitu Muhammad Iqbal dan Sho Yamamoto.

2 dari 5 halaman

Eksperimen yang Teruji

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, mencoba bereksperimen dengan materi pemain yang dimilikinya. Formasi ini pernah dipakai saat timnya sukses mempecundangi Arema FC di hadapan pendukungnya sendiri pada 1 Oktober 2021.

“Itu bagian dari taktik strategi saya. Babak pertama menggunakan lima gelandang, bukan pemain sayap. Saya menempatkan dua gelandang serang di bawah (belakang) Victor, yaitu Sho dan Iqbal,” kata Aji Santoso.

“Formasi ini adalah formasi yang ketika kami menang lawan Arema. Tapi, memang Iqbal memang perlu adaptasi, tapi menurut saya tidak jelek, lumayan bagus karena baru pertama kali bersama tim. Mudah-mudahan ke depannya lebih bagus,” imbuhnya.

3 dari 5 halaman

Berbuah Manis

Sayangnya, formasi babak pertama ini tidak menghasilkan gol. Persebaya sempat mendapat hadiah penalti, namun gagal dieksekusi oleh Paulo Victor di menit ke-39.

Di babak kedua, Persebaya kembali memainkan formasi 4-3-3 dengan menarik keluar Iqbal yang diganti dengan Ahmad Nufiandani. Formasi inilah yang membuat mereka mencetak dua gol lewat Leo Lelis (52’) dan Ahmad Nufiandani (86’).

Pada akhirnya, laga ini membuat Persebaya mencuri poin penuh dari kandang Laskar Sape Kerap. Ini merupakan kemenangan ketiga secara beruntun yang didapat Persebaya selama putaran kedua BRI Liga 1.

4 dari 5 halaman

Masih Perkasa

Persebaya juga tercatat selalu berhasil menang dalam tiga laga putaran kedua BRI Liga 1 musim ini. Fakta yang lebih mencengangkan adalah keberhasilan mereka melewati tujuh laga terakhir tanpa kekalahan.

Mereka sempat meraih tiga kali imbang melawan Persik Kediri, Persija Jakarta, dan Persis Solo. Sedangkan empat laga yang berakhir tiga poin didapat melawan Dewa United, Persita Tangerang, Bhayangkara FC, dan kali ini Madura United.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Jagoanmu di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer