Sukses


Teco Bicara Kans Bali United di Sisa Musim BRI Liga 1: Optimistis Pertahankan Gelar Juara

Bola.com, Denpasar - Posisi Bali United di klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023 melorot. Di pekan ke-21 BRI Liga 1 musim ini, posisi Serdadu Tridatu turun ke peringkat enam klasemen sementara dengan meraih 35 poin.

Ilija Spasojevic dkk. saat ini terpaut tujuh poin dari pemuncak klasemen sementara Persib Bandung yang mengoleksi 42 poin. Jarak poin tersebut bisa terpangkas asalkan Bali United berhasil menang menghadapi Barito Putera pada pekan ke-22 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (5/2/2023).

Barito Putera kebetulan sedang dalam posisi yang limbung setelah kalah 1-2 dari PSS Sleman. Laskar Antasari saat ini masih terjerembab di dasar klasemen sementara BRI Liga 1 musim ini dengan hanya mengoleksi 16 poin.

Menjadi keuntungan besar juga untuk Bali United karena punya waktu persiapan lebih lama dibandingkan dengan Barito Putera setelah tertundanya pertandingan pekan ke-21 menghadapi Arema FC.

2 dari 5 halaman

Kompetisi Masih Panjang

Masih ada rasa optimistis dari Pelatih Bali United Stefano Cugurra untuk bisa mempertahankan gelar juara BRI Liga 1 untuk ketiga kalinya meskipun peluang tersebut semakin tipis.

“Lihat jarak poin masih dekat dengan tim-tim yang diatas kami. Semua tim masih punya kesempatan untuk bisa juara. Kami akan menghadapi Barito dan harus kerja keras untuk di pertandingan nanti,” bebernya.

3 dari 5 halaman

Penundaan Laga Bukan Keuntungan

Bagi Teco, Bali United sebenarnya tidak diuntungkan dengan tertundanya pertandingan menghadapi Arema FC. Dia jadi tidak tahu kapan pertandingan tersebut bisa digelar kembali.

“Saya pikir tertundanya pertandingan melawan Arema bukan sebuah keuntungan untuk kami. Masalahnya ada di depan ketika kami belum tahu kapan harus bermain kembali. Ada momentum yang hilang saat pertandingan tertunda,” ucapnya.

Teco berharap, skuad asuhannya tidak melakukan kesalahan yang lagi seperti dalam 3 pertandingan terakhir saat menghadapi Barito. Dalam 3 pertandingan terakhir menghadapi Persija Jakarta, PSM Makassar, dan RANS Nusantara FC, Bali United lebih dulu unggul. Namun akhirnya tim lawan membalikkan keadaan.

Bali United juga sudah 9 gol kebobolan hanya dalam 3 pertandingan. “Saya ingin semua pemain harus semangat, siapapun lawannya. Kami kemarin banyak membuat kesalahan. Sekarang kami ada di latihan dan mudah-mudahan tidak buat salah lagi saat melawan Barito,” tegasnya.

4 dari 5 halaman

Peluang di Piala AFC

Selain mengusung misi mempertahankan gelar juara BRI Liga 1, Bali United juga dihadapkan situasi yang sulit. Belum tentu Serdadu Tridatu menjadi wakil Indonesia di kompetisi AFC musim 2023/2024.

Sesuai keputusan sebelumnya, Bali United akan menjadi wakil Indonesia di preliminary round Liga Champions Asia musim ini. Namun regulasi berubah saat rapat Exco PSSI beberapa waktu lalu.

Rencananya, PSSI akan menggelar play-off yang diikuti oleh juara Liga 1 2021/2022 versus juara Liga 1 2022/2023. Hal ini membuat bingung Teco.

“Saya tidak mengerti. Wakil Indonesia di Asia musim ini ada berapa? 2 atau 3 wakil? Tapi kalau seandainya hanya ada satu wakil saja, tidak masalah kami mengikuti play-off. Kami setuju untuk ikut. Tapi saya harus pastikan dulu berapa kuota wakil Indonesia,” terangnya.

“Kalau ada 2 atau 3 wakil Indonesia di Asia, seharusnya tidak ada alasan lagi untuk kami melakukan play-off. Kenapa? Karena kami sudah memenangi Liga 1 musim lalu yang juara harus lolos langsung,” tutup Teco.

5 dari 5 halaman

Lihat Posisi Bali United di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer