Sukses


Menerawang Peran Vital Witan Sulaeman bersama Persija di BRI Liga 1: Jimat Baru Macan Kemayoran

Bola.com, Jakarta - Witan Sulaeman resmi menjadi pemain Persija Jakarta. Ia dikontrak tim yang dijuluki Macan Kemayoran itu untuk 3,5 tahun ke depan.

Witan Sulaeman meninggalkan AS Trencin yang ia perkuat sejak Agustus 2022. Kabar bergabungnya Witan ke Persija jelas mengejutkan.

Ia bersama Egy Maulana Vikri sebelumnya menjadi pemain berstatus abroad yang segera bermain di kompetisi negeri sendiri. Egy lebih dulu menandatangani kontrak dengan Dewa United.

Sementara Witan Sulaeman akan meniti di Persija sebagai klub kasta tertinggi Indonesia pertama yang dibelanya sepanjang karier sang pemain.

2 dari 7 halaman

Kiprah Memukau

Witan Sulaeman akan kembali berkiprah di kompetisi sepak bola Indonesia untuk yang kedua kalinya. Beberapa tahun lalu, ia sempat memperkuat PSIM Yogyakarta pada ajang Liga 2 musim 2019.

Witan Sulaeman kemudian mengalami peningkatan karier yang cukup baik di Eropa. Saat bermain di dua klub terakhirnya yakni FK Senica dan AS Trencin, Witan mendapatkan menit bermain yang cukup banyak.

Ketika memperkuat Trencin, Witan tampil dalam 14 pertandingan di semua ajang. Pemain berusia 21 tahun itu juga mampu mencetak empat gol.

Sementara itu, ketika memperkuat FK Senica, Witan juga sukses mencetak empat gol ditambah satu assist. Namun, Witan melakukannya hanya dalam 12 laga saja. Pengalaman yang ia dapatkan jelas akan sangat membantu perjalanan Persija dalam mengarungi sisa musim BRI Liga 1 2022/2023.

3 dari 7 halaman

Andalan di Timnas Indonesia

Sosok Witan Sulaeman begitu akrab dengan seragam Timnas Indonesia di level U-19 pada 2017. Debut resminya bersama Timnas senior terjadi pada FIFA Matchday antara Indonesia versus Oman di Stadion The Seven's, Dubai, Uni Emirat Arab, 29 Mei 2021.

Witan masuk sebagai pemain pengganti menggantikan kapten timnas Indonesia Evan Dimas Darmono pada menit ke 68'. Dengan hasil akhir skor kalah 1-3

Ajang terakhir yang diikuti Witan adalah dengan menjadi bintang bagi Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 lalu. Dia selalu bermain pada delapan laga yang dijalani Indonesia. Witan mencetak dua gol dan lima assist. Kontribusi yang sangat besar.

Namun, penampilan Witan menurun di Piala AFF 2022. Witan hanya membuat satu gol dan jadi cadangan pada dua laga semifinal. Witan melewatkan satu peluang emas di laga melawan Thailand.

4 dari 7 halaman

Persija Bisa Tambah Kuat

Witan Sulaeman dikenal sebagai pemain dengan kemampuan kaki kiri dan sering beroperasi di sektor penyerang sayap sebelah kiri. Ia tidak hanya piawai melakukan tusukan yang diselingi umpan akurat ke kotak penalti.

Witan juga bisa menjadi striker bayangan dengan masuk ke posisi penyerang ketika melakukan serangan balik. Pemain asal Palu tersebut juga dibekali oleh kecepatan dan kemampuan olah bola yang baik.

Tidak sedikit gol-gol yang berasal dari akselerasinya di pertahanan lawan. Witan Sulaeman yang dominan menggunakan kaki kiri sering menyisir sisi kiri pertahanan lawan.

Sebagai pemain yang bisa diposisikan sebagai gelandang serang, Witan juga punya kemampuan menciptakan peluang dan assist.

5 dari 7 halaman

Persaingan Sengit

Di sektor gelandang sayap sebelah kiri Persija untuk saat ini memiliki banyak pemain andalan. Tentu Witan Sulaeman akan bersaing merebut satu tempat itu.

Untuk saat ini ada dua pemain yang secara reguler menempati posisi sayap kanan di tim Macan Kemayoran yaitu Riko Simanjuntak dan Alfriyanto Nico. Dua pemain ini secara bergantian diturunkan oleh Thomas Doll sesuai dengan kebutuhan tim dalam pertandingan.

Nama Riko Simanjuntak sudah jelas merupakan pemain andalan Persija di sayap kanan sejak tahun 2018. Ia masih menjadi andalan Persija dengan mencatatkan 19 kali penampilan di musim ini. Riko juga sudah mencetak dua gol dan empat assist.

Kemudian Alfriyanto Nico adalah pemain muda masa depan Persija. Pemain berusia 19 tahun asal Solo yang dengan cepat menembus tim utama setelah bergabung pada 2020 lalu.

Mirip dengan Riko Simanjuntak, Alfriyanto Nico juga sering bermain musim ini dengan mencatat 14 kali penampilan dan sudah mengoleksi satu gol serta satu assit.

Ada satu nama lagi yang merupakan gelandang sayap kanan Persija penuh potensi. Yaitu Ginanjar Wahyu Ramadhani yang juga sering diturunkan Thomas Doll musim ini. Pemain berusia 19 tahun itu bermain 14 kali dengan mencetak satu gol.

Layak dinantikan kiprah permainan sayap andala Persija dengan datangnya Witan Sulaiman

6 dari 7 halaman

Kans Debut

Witan Sulaeman kemungkinan akan menjalani debutnya bersama Persija dua hari lagi. Anak asuh Thomas Doll dijadwalkan menjamu RANS Nusantara pada pekan ke-22 BRI Liga 1 di Stadion Patriot Chandra Bhaga, Jumat (3/1/2023).

Menurut laman Liga Indonesia Baru, Witan Sulaeman secara resmi sudah terdaftar dalam skuad Persija Jakarta. Artinya Persija dapat memainkannya dalam pertandingan.

Adapun Persija saat ini sedang bersaing sengit dengan Persib Bandung dalam perburuan gelar juara BRI Liga 1. Macan Kemayoran berada di urutan kedua dengan nilai 41 atau terpaut satu poin saja dari Maung Bandung.

7 dari 7 halaman

Intip Posisi Persija di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer