Sukses


BRI Liga 1: Gawat, Paulo Victor Jadi Tumbal Kemenangan Persebaya atas Borneo FC

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya tampaknya harus kehilangan striker Paulo Victor untuk beberapa pekan ke depan. Pasalnya, dia menjadi tumbal kemenangan Bajul Ijo yang berhasil unggul 3-2 atas Borneo FC.

Persebaya berhasil meneruskan kemenangan di BRI Liga 1 2022/2023. Teranya, mereka unggul 3-2 saat menjamu Borneo FC dalam pekan ke-22 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jumat (3/2/2023).

Tiga gol Persebaya disumbang oleh Sho Yamamoto (80’), Alta Ballah (82’), dan Ahmad Nufiandani (90+4’). Sedangkan gol balasan Borneo FC tercipta oleh aksi Matheus Pato (57’) dan Agung Prasetyo (85’).

Paulo Victor sebenarnya berhasil tampil sejak menit pertama. Namun, dia ditarik keluar pada menit ke-37 karena mengalami cedera. Michael Rumere lantas dimasukkan sebagai pengganti untuk mengisi posisi striker.

2 dari 6 halaman

Cedera Hamstring

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, mengungkapkan kondisi terkini Paulo Victor yang disebut mengalami cedera hamstring. Tapi, dia belum bisa memastikan berapa lama penyerang asal Brasil tersebut akan menepi.

“Victor, dia hamstring, butuh waktu berapa lama istirahat saya masih akan cek ke dokter,” kata Aji Santoso.

Cedera hamstring yang dialami oleh Paulo Victor ini jadi kabar buruk bagi Persebaya. Pasalnya, striker asal Brasil itu sebenarnya baru didatangkan di bursa transfer dan menjadi andalan lini depan di tiga laga sebelumnya.

3 dari 6 halaman

Lakukan Eksperimen

Jajaran pelatih Persebaya kini perlu menyiapkan skema tanpa Victor. Sejauh ini, pelatih Persebaya Aji Santoso selalu memilih Michael Rumere ketika Victor tidak diturunkan. Michael Rumere sendiri berhasil menyumbang assist saat Persebaya menang kontra Borneo.

Akan tetapi, Rumere bukanlah pelapis yang sepadan bagi Victor. Dia kerap salah posisi ketika mendapatkan umpan. Posturnya yang tidak terlalu tinggi juga tak diimbangi dengan kecepatan.

Saat melawan Borneo, Rumere juga beberapa kali menyia-nyiakan peluang. Tercatat ada dua kali kejadian yang seharusnya bisa dimaksimalkan Rumere untuk menjadi gol. Sayang, eksekusinya tak sempurna.

4 dari 6 halaman

Punya Potensi

Kendati demikian, Aji Santoso bakal memberi kesempatan kepada Rumere untuk mengisi posisi striker. Padahal, masih ada Januar Eka Ramadhan atau Ahmad Nufiandani yang bisa dimainkan si posisi itu.

“Memang Rumere bukan striker murni, tapi saya melihat anak ini punya satu daya juang yang cukup kuat, dia selalu menekan lawan, itu yang membuat lawan kesulitan. Kemungkinan besar Maumere akan tetap di posisi striker,” imbuh Aji Santoso.

Persebaya kini telah membukukan catatan tak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir. Mereka bahkan mencatatkan lima kemenangan beruntun. Hebatnya, tim Bajul Ijo juga selalu menang dalam empat laga putaran kedua.

 

5 dari 6 halaman

Kiprah Persebaya

Kemenangan atas Borneo ini juga terasa spesial buat Persebaya yang berhasil memutus rekor buruk. Mereka tercatat selalu mendapat kekalahan dalam tiga laga sebelumnya kontra Borneo FC di BRI Liga 1.

Persebaya tetap menghuni peringkat ketujuh klasemen sementara. Namun, kini mereka mengoleksi 34 poin dari 21 pertandingan yang telah dilakoni hasil dari 10 menang, empat seri, dan tujuh kalah.

Berikutnya, Persebaya akan melakoni partai tandang ke markas PSIS Semarang dalam pekan ke-23 di Stadion Jatidiri, Semarang, Rabu (8/2/2023).

6 dari 6 halaman

Tengok Peta Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer