Sukses


Piala Asia U-20 2023: Striker 15 Tahun Siap Bersaing di Lini Depan Timnas Indonesia U-20

Bola.com, Jakarta - Penyerang terbaru yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-20, Arkhan Kaka Putra Purwanto, punya ambisi besar menjelang Piala Asia U-20 2023.

Kesempatan ini adalah pemanggilan Timnas Indonesia U-20 pertama yang diterima Arkhan Kaka. Sebelum mendapat kesempatan dari Shin Tae-yong, ia lebih banyak bermain di level U-16 maupun U-17.

Oleh karena itu, Arkhan Kaka punya keinginan besar untuk membayar lunas kesempatan ini dengan menunjukkan kualitasnya kepada Shin Tae-yong.

“Alhamdulillah, saya merasa senang dipercaya Coach Shin Tae-yong untuk mengikuti TC bersama Timnas Indonesia U-20 kali ini,” kata Kaka dikutip dari kanal YouTube PSSI TV.

“Ya harapannya, semoga saya lebih baik dan lebih menunjukkan kualitas saya (kepada tim pelatih Timnas U-20) selama TC ini,” lanjutnya.

2 dari 6 halaman

Tak Gentar

Meskipun usianya baru menginjak 15 tahun, penyerang asal Persis Solo Youth ini sama sekali tak merasa minder untuk berinteraksi para pemain yang secara umur jauh lebih tua.

Apalagi, anak kandung dari mantan penyerang Timnas Indonesia, Purwanto Suwondo, itu juga punya ambisi untuk bisa bersaing menembus skuad Piala Asia U-20 2023.

“Walaupun saya berasal dari Timnas Indonesia U-20, tetapi saya tidak canggung untuk berlatih dan bersaing dengan para pemain Timnas U-20 untuk persiapan Piala Asia U-20 2023,” ujar Kaka.

3 dari 6 halaman

Nikmati Proses Adaptasi

Pemain yang sempat menjadi andalan Bima Sakti di skuad Timnas Indonesia U-16 ini menjelaskan, proses adaptasinya bersama tim asuhan Shin Tae-yong berjalan lancar.

Meskipun metode serta materi latihan yang diberikan cukup berbeda, Kaka tetap bisa menjalani semuanya dengan baik. Dia berharap bisa mendapat banyak pengalaman dari TC Timnas U-20 ini.

“Adaptasinya berbeda. Karena berbeda pelatih, materi latihannya pun berbeda. Saya sudah beradaptasi secara maksimal dan semoga ke depannya saya ke depannya lebih baik lagi dan lebih maksimal lagi selama TC ini,” ujarnya.

4 dari 6 halaman

Punya Potensi Besar

Arkhan Kaka menjadi salah satu pemain yang berpotensi untuk mencuri perhatian bersama Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023.

Pasalnya, pemain asal Blitar ini punya rekam jejak yang cukup mentereng bersama Timnas U-16. Sebagai seorang striker, ia juga ditopang postur tinggi yang mencapai 186 cm.

Kaka juga menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Saat itu, dia sukses menjaringkan tujuh gol dari empat pertandingan.

Jumlah itu nyaris mengantarkan Kaka menjadi top scorer. Sayangnya, ia hanya kalah satu biji gol dari Nestory Irankunda (Australia) dan Wang Yudong (China) yang sama-sama mengumpulkan delapan gol.

5 dari 6 halaman

Pembagian Grup Piala Asia U-20

Grup A: Uzbekistan, Timnas Indonesia U-20, Irak, Suriah

Grup B: Qatar, Australia, Vietnam, Iran

Grup C: Korea Selatan, Tajikistan, Yordania, Oman

Grup D: Arab Saudi, Jepang, China, Kirgizstan

6 dari 6 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023

Jadwal Timnas Indonesia U-20

  • 1 Maret 2023
  • Timnas Indonesia U-20 Vs Iraq – Pukul: 19.00 WIB
  • 4 Maret 2023
  • Suriah Vs Timnas Indonesia U-20 – Pukul: 19.00 WIB
  • 7 Maret 2023
  • Uzbekistan Vs Timnas Indonesia U-20 – Pukul: 21.00 WIB

Video Populer

Foto Populer