Sukses


Melalui Piala Dunia U-20 2023, Indonesia Merajut Mimpi Besar untuk Menggelar Piala Dunia Senior

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, berharap Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Indonesia bisa lancar dan sukses. Ajang tersebut jadi modal Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia senior pada masa depan.

Indonesia untuk pertama kalinya akan menggelar turnamen bergengsi di bawah naungan FIFA. Piala Dunia U-20 2023 bakal digelar di enam kota yang berlangsung pada 20 Mei sampai 11 Juni mendatang.

Zainudin Amali berharap, Piala Dunia U-20 2023 bisa dimanfaatkan dan dimaksimalkan dengan baik. Strategi itu dilakukan agar Indonesia bisa mendapatkan pengakuan internasional dan berpeluang menggelar event yang lebih besar seperti Piala Dunia.

"Kita harus tunjukkan Indonesia adalah negara yang besar. Kita harus memberi kesan baik terhadap semua yang datang ke sini. Kesuksesan ini menjadi modal penting untuk kita mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia yang senior," kata Zainudin Amali.

Menurut laporan Reuters, Australia berencana mengajak Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Selain itu, beberapa negara Asia Tenggara juga siap bersama Indonesia untuk menjadi tuan rumah pada Piala Dunia edisi ke-25 sepanjang sejarah itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Dipantau Ketat

Zainudin Amali menambahkan, FIFA memantau ketat persiapan Indonesia dalam menggelar Piala Dunia U-20 2023. FIFA terus melakukan inspeksi terhadap semua venue yang akan digunakan.

FIFA juga melihat keseriusan Indonesia dalam melakukan perbaikan dalam skala minor dan mayor. Zainudin Amali berharap, semua proses perbaikan bisa segera rampung.

"FIFA secara reguler melakukan inspeksi. Sekarang-sekarang ini lagi di sini untuk melihat bagaimana perbaikan-perbaikan yang dilakukan," tegas Zainudin Amali.

3 dari 5 halaman

Perbaikan Stadion

Fokus terbesar FIFA pada Piala Dunia U-20 2023 adalah perbaikan venue. Zainudin Amali menegaskan, perbaikan stadion terus dipantau oleh FIFA.

"Venue utama itu dipantau betul. Baik sisi rumput, ruang ganti, tribune, semuanya dicek satu per satu oleh FIFA. Ini diawasi FIFA langsung. Semoga berjalan baik dan sesuai rencana," ucap Zainudin Amali.

Piala Dunia U-20 2023 akan menggunakan enam stadion yang ada di Indonesia. Keenam venue yang digunakan adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

4 dari 5 halaman

Target Khusus

Presiden Joko Widodo memberikan target khusus kepada Timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023. Jokowi berharap, pasukan Shin Tae-yong itu bisa lolos dari fase grup.

Target pada Piala Dunia U-20 2023 itu diungkapkan Presiden Jokowi secara langsung kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. Menurut Zainudin, target yang diberikan Jokowi untuk Timnas Indonesia U-20 sudah cukup realistis.

"Bapak Presiden mengharapkan anak-anak main secara maksimal. Beliau tidak menargetkan muluk-muluk. Presiden tahu kualitas tim yang berlaga nanti," kata Zainudin Amali.

5 dari 5 halaman

Terselip Harapan

Zainudin Amali juga menyebut, Presiden Jokowi meminta pemain Timnas Indonesia U-20 untuk tampil maksimal di Piala Dunia U-20 2023. Jokowi berharap pasukan Shin Tae-yong itu bisa melangkah jauh pada turnamen dua tahunan tersebut.

"Presiden mengharapkan anak-anak main bagus, main maksimal. Kalau boleh ya jangan berhenti pada penyisihan. Kita harus lolos, itu harapan dari Bapak Presiden," jelas Zainudin Amali.

Piala Dunia U-20 2023 merupakan edisi ke-23 sepanjang sejarah. Ajang ini akan digelar di Indonesia pada 20 Mei sampai 11 Juni mendatang.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer