Sukses


Jelang Bali United Vs Persib di BRI Liga 1: Stefano Cugurra Apresiasi Langkah Rezaldi Hehanussa Gabung Maung Bandung

Bola.com, Denpasar - Rezaldi Hehanussa menjadi pembelian jitu yang dilakukan Persib Bandung dalam bursa transfer tengah musim BRI Liga 1 2022/2023. Baru bermain selama 39 menit dalam dua pertandingan besama Maung Bandung, tetapi pemain yang karib disapa Bule itu sudah berkontribusi nyata.

Pemain yang direkrut dari Persija Jakarta itu berhasil menciptakan assist untuk gol David da Silva ketika Persib Bandung menang 3-1 atas PSIS Semarang.

Penampilan apiknya itu membuat Luis Milla bisa saja menurunkan Rezaldi Hehanussa dalam laga kontra Bali United yang digelar Jumat (10/2/2023).

Melihat kiprah Rezaldi Hehanussa bersama Persib Bandung, pelatih Bali United, Stefano Cugurra, turut memberi komentar. Maklum, pelatih yang karib disapa Teco itu memang pernah menangani Bule di Persija Jakarta pada musim 2017 dan 2018.

"Rezaldi adalah mantan pemain saya yang cukup sukses," ujar Teco saat ditanya mengenai keberadaan mantan anak asuhnya yang kini membela Persib Bandung itu pada Kamis (9/2/2023).

2 dari 6 halaman

Andalan Teco di Persija

 

Teco lantas mengenang kembali kebersamannya dengan Rezaldi Hehanusa di Persija Jakarta.

Teco mengingatkan Bule menjadi andalannya di sisi kiri pertahanan Persija saat masih beusia muda dan kemudian mendapatkan panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia yang ditangani oleh Luis Milla.

Bagi Teco, itu adalah bukti bahwa dirinya bukanlah anti pemain muda seperti yang sempat didengungkan karena memilih mendatangkan pemain-pemain veteran ke Bali United. Apalagi Rezaldi berusia 22 tahun ketika bekerja sama dengan Teco di Persija.

"Sekarang banyak yang bilang saya tidak suka dengan pemain muda. Namun, waktu itu dia masih muda saat di Persija. Mungkin orang-orang sudah lupa, dia akhirnya dipanggil ke Timnas Indonesia yang kebetulan ditangani Luis Milla," ujarnya.

3 dari 6 halaman

Keputusan yang Mengejutkan

 

Bagi Teco, kepindahan Rezaldi Hehanussa ke Persib Bandung adalah kejutan tersendiri karena dia mengetahui ada rivalitas yang begitu besar antara Macan Kemayoran dan Maung Bandung.

Pelatih asal Brasil itu terkejut karena Persija beani melepas pemainnya ke Persib yang saat ini berada di puncak klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023 dan menjadi kandidat untuk menjadi juara pada akhir musim.

"Saya terkejut dengan kepindahan Rezaldi ke Persib karena Persija mau melepasnya. Mereka berani memberikan pemain bagus ke lawan mereka," terang Teco.

4 dari 6 halaman

Saling Mengetahui Kualitas

 

Pelatih yang tiga kali menjadi juara Liga 1, mulai dari bersama Persija pada 2018, dan bersama Bali United pada musim 2019 dan 2021/2022, mengetahui bagaimana kualitas Rezaldi dan tak perlu meragukannya lagi.

Sebaliknya, hal ini pun bisa menjadi sebuah keuntungan bagi Persib Bandung karena Rezaldi sudah memahami gaya kepelatihan Teco.

Keuntungan tersebut bisa saja dimanfaatkan oleh Persib untuk menumbangkan Serdadu Tridatu.

"Saya tahu kualitas dia dan dia juga pasti tahu cara bermain kami dan sebaliknya. Saya tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan Rezaldi," ujar Teco.

5 dari 6 halaman

Riwayat Cedera, tetapi Makin Bersinar

 

Selama di Persija, Rezaldi Hehanussa sebenarnya memiliki riwayat cedera. Pemain yang karib disapa Bule itu mengalami cedera di bagian tendon achilles dan harus menepi selama 149 hari. Cedera itu dialaminya pada musim 2021/2022.

Pada musim ini, dia juga absen dalam enam pertandingan. Namun, Persib Bandung tetap merekrutnya dan menjadi keputusan yang tepat. Teco pun mengapresiasi semangat yang dimiliki oleh mantan anak asuhnya tersebut.

"Saya pikir dia sudah sembuh total dari cedera setelah menjalani operasi. Dia pemain yang bagus, hanya saja di Persija mungkin jarang mendapatkan tempat karena cukup sering berganti pelatih," ujar Teco.

"Dia hanya perlu menunggu kesempatan saja, pilihannya tepat karena di tim lama jarang mendapatkan menit bermain," lanjutnya.

6 dari 6 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 saat Ini

Video Populer

Foto Populer