Sukses


BRI Liga 1: Bukan Cuma Ze Valente, Sho Yamamoto Juga Aktor Penting Kemenangan Persebaya atas PSS

Bola.com, Surabaya - Gelandang Ze Valente memang tampil gemilang saat Persebaya Surabaya melawan PSS Sleman. Dia mampu mencetak dua gol dan satu assist saat menang 4-2 melawan PSS Sleman di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (13/2/2023).

Namun, bukan hanya Ze Valente yang tampil cemerlang buat Persebaya Surabaya. Winger Sho Yamamoto punya kontribusi yang tidak bisa dipandang sebelah mata dalam laga pekan ke-24 BRI Liga 1 2022/2023 itu.

Dari empat gol, tiga assist sisanya merupakan hasil kreasi Sho Yamamoto. Gol-gol itu dicetak oleh Ze Valente (45’ dan 59’), Michael Rumere (56’), dan Januar Eka Ramadhan (90+1’).

Apa yang dilakukan oleh Sho Yamamoto itu semakin menegaskan peran pentingnya buat Bajul Ijo. Dia kini telah mencetak delapan gol dan enam assist dalam 22 pertandingan yang dilakoninya bersama Persebaya Surabaya.

“Dia semakin lama semakin matang. Meskipun tidak cetak gol, dia bikin assist yang membuat temannya mencetak gol. Menurut saya, Sho mengalami peningkatan yang sangat luar biasa,” ucap Aji Santoso, pelatih Persebaya.

2 dari 6 halaman

Buah Kesabaran

Aji Santoso mengulas bahwa dia sempat diremehkan saat merekrut Sho Yamamoto yang punya rekam jejak kurang mentereng. Maklum saja, Sho saat itu harus memenuhi ekspektasi setelah Persebaya ditinggal Taisei Marukawa.

“Dulu pertama masuk, orang tidak percaya. Terus saya mengambil Leo Lelis, banyak yang protes kenapa ambil Leo Lelis dari tim degradasi. Artinya apa, berilah kesempatan saya dan pemain-pemain saya ini bekerja dulu baru dinilai,” kata Aji Santoso.

3 dari 6 halaman

Bayar Keprcayaan

Hal yang sama terjadi saat Aji Santoso merekrut bek asal Brasil, Leo Lelis, dari Persiraja Banda Aceh. Banyak yang mencibir karena Leo Lelis hanyalah pemain “pungutan” yang berasal dari klub yang terdegradasi ke Liga 2.

“Jangan belum bekerja sudah dinilai tidak layak. Kita lebih bijaksana dan dewasa apabila pemain itu diberi waktu, ruang, dan kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya,” imbuhnya.

4 dari 6 halaman

Pengganti Sepadan Taisei Marukawa

Perbandingan antara Taisei Marukawa dan Sho Yamamoto mungkin yang paling melekat di kalangan suporter Persebaya. Keduanya sama-sama berasal dari Jepang sehingga membuat publik mudah membandingkan.

Marukawa musim lalu menjadi pemain terbaik Liga 1 2021/2022 saat membela Persebaya dengan kontribusi 17 gol dan 10 assist dalam 32 laga.

5 dari 6 halaman

Tak Kalah Produktif

Kini, apa yang dilakukan oleh Sho Yamamoto itu bisa dibilang mendekati pencapaian Marukawa. Bahkan, Marukawa yang kini membela PSIS Semarang pun belum mendekati torehan Yamamoto di musim ini.

“Sekarang Sho luar biasa, statistiknya luar biasa. Secara statistik bahkan lebih bagus daripada Taisei Marukawa. Dia sudah cetak tujuh gol. Artinya pemain ini mengalami perkembangan yang luar biasa,” ujar Aji Santoso.

Sumbangan delapan gol dan enam assist membuat Sho Yamamoto jadi pemain dengan kontribusi terbaik untuk dua kategori itu di Persebaya musim ini. Di bawahnya, yang paling baik adalah Leo Lelis (5 gol) dan Ahmad Nufiandani (5 assist).

Persebaya kini menduduki peringkat keenam klasemen sementara dengan mengoleksi 37 poin dari 22 pertandingan. Berikutnya, tim Bajul Ijo akan melawat ke markas Bali United dalam pekan ke-25 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (18/2/2023).

6 dari 6 halaman

Intip Peta Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer