Sukses


Janji Erick Thohir Setelah Terpilih sebagai Ketua Umum PSSI: Perbanyak Keterlibatan Perempuan

Bola.com, Jakarta - Erick Thohir resmi terpilih menjadi ketua umum PSSI. Erick menang dalam pemilhan yang digelar Kamis (16/2/2023) di Jakarta. 

Erick Thohir mengumpulkan 64 suara. Menteri BUMN itu unggul atas La Nyalla Mahmud Mattalitti yang hanya mendapatkan 22 suara.

Selepas terpilih sebagai ketum PSSI, Erick pun mulai mengumbar janji. Satu janji yang cukup menarik keluar dari mulut Erick Thohir

Ia ingin memperbanyak keterlibatan perempuan di sepak bola nasional. Bahkan, ia merencanakan untuk mengubah statuta PSSI demi mewujidkan hal itu.

"Insyaallah itu akan jadi salah satu dorongan perubahan statuta yang kita harapkan," ujar Erick. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Mendekati 30 Persen

Dalam statuta yang saat ini berlaku di PSSI, anggota Exco PSSI hanya harus melibatkan satu orang perempuan. Padahal secara aturan internasional ada 30 persen kuota perempuan dalam organisasi olahraga.

"Contoh saja, kalau tadi liat salah satu pemilihan Exco minimal satu perempuan. Peraturan internasional dunia olahraga, itu 30 persen perempuan. Artinya apa? ada yang harus diperbaiki," ujar Erick.

Namun, Erick tidak akan melakukan perubahan secara brutal. Ia menargetkan keikutsertaan perempuan di PSSI nantinya bisa menyentuh angka 20 hingga 25 persen.

"Bukan salah atau benar, tapi diperbaiki. Aturan kan dibuat oleh manusia, tapi ketika terjadi adaptasi perubahan, kita sebagai manusia harus beradaptasi. Itu contoh salah satu yang akan saya usulkan bahwa keterwakilan perempuan di dunia sepak bola, paling tidak 20-25 persen, bukan hanya satu orang," tandasnya.

3 dari 4 halaman

Wasit Perempuan?

Saat ini di Eropa sudah lazim penggunaan wasit perempuan dalam pertandingan sepak bola profesional. Piala Dunia 2022 bahkan sudah menerapkan hal itu.

Erick Thohir pun mendorong agar jumlah wasit perempuan di Tanah Air semakin banyak. Ke depan, wasit perempuan itu diharapkan bisa memimpin pertandingan di level profesional.

"Wasit, kenapa tidak coba wasit perempuan, ada polisi perempuan, TNI perempuan, kenapa wasit ga bisa," tandas Erick.

4 dari 4 halaman

Hasil KLB PSSI 2023

  • Ketua PSSI: Erick Thohir
  • Wakil Ketua PSSI 1: Zainudin Amali
  • Wakil Ketua PSSI 2: Yunus Nusi

Video Populer

Foto Populer