Sukses


Tiba di Korsel, Park Hang-seo Bantah Kabar Perselisihan dengan Shin Tae-yong

Bola.com, Seoul - Mantan pelatih Vietnam, Park Hang-seo, membantah kabar perselisihan dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Menurut Park Hang-seo, memang terkadang hubungan manusia ada saat-saat baik dan buruk.

Pernyataan itu diungkapkan Park Hang-seo saat tiba di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan pada 14 Februari lalu. Menurut Park Hang-seo, hubungannya dengan Shin Tae-yong tidak seburuk yang dianggap sejumlah pihak.

"Tidak ada yang namanya perselisihan dengan juniorku. Biasa saja," kata Park Hang-seo seperti dikutip Sportal Korea.

Park Hang-seo kabarnya tidak lama berada di Korea Selatan. Pelatih berusia 64 tahun itu hanya kembali ke Korsel untuk bertemu dengan jurnalis dan melakukan siaran.

2 dari 5 halaman

Tak Pernah Meremehkan

Park Hang-seo juga menegaskan sama sekali tidak pernah meremehkan Shin Tae-yong atau pelatih lainnya. Menurut Park Hang-seo, apa yang terlihat di lapangan atau saat berbicara dengan media tidak seperti yang sebenarnya.

"Saya rasa tidak perlu meremehkan SHin Tae-yong atau pelatih lain pada sebuah wawancara. Saya rasa, kita harus berhati-hati akan hal itu," kata Park Hang-seo.

"Ada saat-saat baik dan ada saat-saat buruk dalam hubungan antarmanusia. Saya tidak terlalu memikirkannya," tegas Park Hang-seo.

3 dari 5 halaman

Sempat Memanas

Park Hang-seo dan Shin Tae-yong awalnya dikabarkan tidak memiliki hubungan yang baik. Itu terlihat pada Piala AFF 2022 lalu ketika kedua pelatih enggan bersalaman usai pertandingan leg pertama semifinal.

"Itu persoalan pribadi, mengapa Anda bertanya di sini," kata Park Hang-seo.

Shin pun menanggapi pernyataan itu dengan jawaban yang lebih sinis. Kalimat yang keluar dari mulut Shin saat itu pun sangat singkat.

"Tanyakan saja kepada dia," kata Shin.

4 dari 5 halaman

Balas Sindiran

Dalam konferensi pers sebelum laga semifinal leg kedua, adu argumen itu kembali terjadi. Semua bermula ketika Shin Tae-yong percaya diri Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan di kandang Vietnam dan melaju ke babak final.

"Saya pikir saat ini Vietnam dan Timnas Indonesia memiliki level yang sama," kata Shin.

Pernyataan eks pelatih Timnas Korea Selatan itu langsung dibantah Park Hang-seo. Park Hang-seo bahkan meminta Shin untuk jangan terlalu banyak berbicara.

"Menurut saya begini. Seharusnya pelatih membuktikan dengan hasil pertandingan. Bukan dengan kata-kata. Saya tidak terbiasa menilai tim lain," tegas Park Hang-seo.

5 dari 5 halaman

Masih yang Terbaik

Masyarakat kini tidak akan lagi melihat ketegangan antara Park Hang-seo dan Shin Tae-yong. Seperti diketahui, Park Hang-seo tidak melanjutkan pekerjaannya bersama Timnas Vietnam.

Park Hang-seo memilih tidak memperpanjang kontraknya bersama Vietnam. Meski begitu, Park Hang-seo masih menjadi pelatih Korea Selatan yang terbaik di Asia Tenggara.

Park Hang-seo tercatat mempersembahkan gelar Piala AFF 2018 untuk Vietna. Selain itu, Park Hang-seo juga mempersembahkan dua medali emas SEA Games 2019 dan 2021 untuk Vietnam U-23.

Video Populer

Foto Populer