Sukses


Gercep! Kepengurusan Baru PSSI Akan Bahas Kerusuhan di Stadion Jatidiri pada Emergency Meeting Exco

Bola.com, Jakarta - Wakil Ketua PSSI, Zainudin Amali, mengatakan bahwa kerusuhan yang melibatkan suporter PSIS Semarang dengan kepolisian di Stadion Jatidiri, Jumat (17/2/2023) langsung dibahas pada emergency meeting Exco di Kantor PSSI besok.

Pertandingan Derbi Jawa Tengah antara PSIS Semarang melawan Persis Solo pada laga pekan ke-25 kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 sempat diwarnai insiden kerusuhan yang melibatkan suporter dan pihak kepolisian.

Laga ini sedianya digelar tanpa penonton. Akan tetapi, suporter PSIS dengan jumlah banyak mendatangi Stadion Jatidiri dan berupaya memasuki area stadion.

Guna mencegah pertandingan terganggu, kepolisian pun mengadang kerumunan dengan menembakkan gas air mata. Upaya ini berhasil memukul mundur suporter PSIS Semarang untuk memasuki Stadion Jatidiri.

 

2 dari 6 halaman

Akan Langsng Dibahas

Ditemui setelah pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 melawan Fiji di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Zainudin Amali mengaku sudah berkoordinasi dengan Ketua PSSI, Erick Thohir.

Amali menuturkan, insiden tersebut bakal dibahas pada rapat emergency meeting Exco di kantor PSSI.

"Kami sudah memantau dan Pak Ketua Erick Thohir sudah menyampaikan kepada kita semua untuk dilihat dan diambil data-datanya. Besok Exco akan rapat pukul 13.00, emergency meeting," ujar Zainudin Amali.

 

3 dari 6 halaman

Soal Gas Air Mata

Masih dalam kesempatan yang sama, Zainudin Amali menilai penggunaan gas air mata sudah dalam koridor yang tepat. Alasannya, kericuhan terjadi di luar stadion, bukan di dalam.

"Dari informasi sementara, penonton tuan rumah PSIS ada di luar stadion. Kalau di luar kan kita sudah punya aturan-aturannya, yang tidak boleh itu kalau di dalam stadion," katanya lagi menambahkan.

Selebihnya, pria yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga ini bakal membicaraan apakah baiknya digelar dengan atau tanpa penonton.

"Polri pasti memiliki aturan. Jadi kita akan bicarakan besok di dalam meeting apakah akan diizinkan lagi pertandingan tanpa penonton. Tetapi itu masih jadi opsi saja. Pak Ketua Erick Thohir sudah minta saran kita, besok akan kita bahas."

4 dari 6 halaman

Siapkan Pengamanan Berlapis

Di tempat terpisah, Ketua Panitia Penyelenggara (Panpel) PSIS Semarang, Danur Rispianto, memastikan bahwa kerusuhan yang terjadi di luar area Stadion Jatidiri sudah bisa dikendalikan oleh pihak kepolisian.

Sebab, sejak awal, pihak keamanan memang sudah menyiapkan pengamanan berlapis seusai dengan perkiraan potensi ancaman yang bakal terjadi.

“Pertandingan digelar tanpa penonton, tetapi tadi suporter akhirnya tetap datang. Kerusuhannya memang terjadi di luar stadion, karena kepolisian menghalau penonton yang ingin masuk,” kata Danur saat dihubungi Bola.com, Jumat (17/2/2023).

Alhamdulillah sudah bisa diatasi, karena dari pihak keamanan sudah menyiapkan pengamanan yang berlapis. Sebetulnya memang sudah diantisipasi sejak awal. Alhamdulillah sudah bisa dikendalikan,” lanjutnya.

 

5 dari 6 halaman

Sudah Diimbau Tak Datang ke Stadion

PSIS Semarang sebetulnya sudah memberikan imbauan agar suporter tak datang ke stadion karena pihak kepolisian memberikan rekomendasi laga digelar tanpa penonton.

Danur pun mengapresiasi perkiraan kondisi (Kirka) pihak kepolisian yang sudah memetakan potensi datangnya suporter tim tamu, sehingga situasi dapat diredam sejak awal.

“Sebetulnya kami sudah melalui tiga kali rapat koordinasi. Ada juga imbauan dari panpel, Panser Biru, dan Snex untuk tidak datang ke stadion,” katanya.

“Kita patut menghormati Kirka dari kepolisian. Mereka yang lebih tahu tentang situasi yang akan terjadi. Menurut saya, itu sebagai antisipasi untuk timbulnya kerawanan,” ia melanjutkan.

6 dari 6 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer