Sukses


BRI Liga 1: Paulo Victor Hanya Jadi Cadangan saat Persebaya Hancur di Tangan Bali United, Aji Santoso Beberkan Alasannya

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya gagal meneruskan tren kemenangan di BRI Liga 1 2022/2023. Mereka dibantai dengan skor 0-4 oleh Bali United dalam pekan ke-25 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (18/2/2023).

Tiga gol Bali United dicetak oleh Eber Bessa pada menit ke-32, Privat Mbarga pada menit ke-55, dan Ilija Spasojevic pada menit ke-63. Satu gol lagi adalah bunuh diri bek Rizky Ridho. Tak ada gol balasan yang dicetak oleh Persebaya Surabaya.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, menerima banyak kritik di media sosial akibat kekalahan ini. Tampaknya Aji Santoso agak meremehkan Bali United yang sebelumnya paceklik kemenangan selama putaran kedua.

Paling menjadi sorotan adalah keputusannya mencadangkan striker Paulo Victor. Pemain asal Brasil itu sama sekali tidak diberi menit bermain dan menghiasi bangku cadangan Persebaya Surabaya selama 90 menit pertandingan.

2 dari 6 halaman

Awalnya Bakal Dimainkan

Padahal, kehadiran Paulo Victor seharusnya bisa membawa perubahan positif untuk Persebaya Surabaya. Lantas, apa alasan Aji Santoso tidak memainkan striker asingnya itu?

“Memang awalnya saya pikir Paulo Victor bisa main. Namun, ketika hari pertandingan, saya menanyakan kondisinya, dia ragu. Makanya saya tidak memasang dia,” ungkap Aji Santoso.

“Saya takut kalau dipaksakan dia bisa cedera lagi lebih lama, nanti saya lebih banyak kehilangan pemain. Untuk itu saya tidak memasang dia karena belum dalam kondisi seratus persen,” imbuh pelatih berusia 52 tahun itu.

3 dari 6 halaman

Punya Pengalaman Menjebol Gawang Bali United

Paulo Victor memang sempat absen pekan lalu akibat cedera. Artinya, dia punya banyak waktu dalam menjaga kebugaran.

Victor kali terakhir bertanding pada 3 Februari 2023 lalu, ketika Persebaya Surabaya melawan Borneo FC atau berjarak lebih dari dua pekan dengan jadwal laga kontra Bali United. Tim medis Persebaya sudah menyatakan dirinya sembuh dari cedera hamstring.

Paulo Victor berpengalaman membobol gawang Bali United meski baru berkarier di Indonesia dengan bergabung bersama Persebaya pada pertengahan musim ini. Dia pernah menjadi mimpi buruk Bali United dalam fase grup Piala AFC 2022 lalu.

Saat itu, Victor membela klub Kamboja, Vishaka FC, yang melawat ke markas Bali United pada 27 Juni 2022. Vishaka pada akhirnya berhasil menang 5-2 dan Paulo Victor berhasil menyumbang dua gol.

Kemenangan Vishaka itu memupus harapan Bali United untuk lolos dari babak kualifikasi grup. Sebab, slot lolos fase gugur dari Grup G didapat Kedah Darul Aman (Malaysia). Ketiga tim ini sama-sama mengoleksi 6 poin dan Bali United kalah head-to-head.

4 dari 6 halaman

Tidak Mendapat Kesempatan

Sayang, sosok pemain Persebaya Surabaya yang berpotensi mengalahkan Bali United justru tidak diberi kesempatan.

Pada akhirnya, Bajul Ijo menerima kekalahan dan mengakhiri catatan selalu menang dalam enam laga sebelumnya, juga torehan tidak terkalahkan dalam sembilan laga beruntun.

Sebaliknya, Bali United malah berhasil meraih kemenangan pertama di putaran kedua BRI Liga 1 musim ini. Dalam enam laga sebelumnya, Serdadu Tridatu belum meraih tiga poin, rinciannya empat kali imbang serta dua kali kalah.

5 dari 6 halaman

Ajang Pembalasan Bali United

Hasil pertandingan ini seolah menjadi ajang balas dendam buat Bali United. Sebab, musim lalu Persebaya Surabaya berhasil jadi satu-satunya tim yang dua kali mengalahkan mereka.

Bali United musim ini malah sudah dua kali menundukkan Persebaya. Pada putaran pertama lalu, Bajul Ijo dipermalukan dengan skor 0-1 pada 2 September 2022.

Hasil ini membuat Persebaya tetap menduduki peringkat ketujuh dalam klasemen sementara dengan 37 angka dari 23 pertandingan. Berikutnya, mereka akan menjamu PSM Makassar dalam pekan ke-26 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jumat (24/2/2023).     

6 dari 6 halaman

Posisi Persebaya di BRI Liga 1 saat Ini

Video Populer

Foto Populer