Sukses


BRI Liga 1: Cedera, Sho Yamamoto Dipaksa Main saat Persebaya Dibantai Bali United

Bola.com, Jakarta - Winger Persebaya Surabaya, Sho Yamamoto, sebenarnya mengalami cedera saat timnya dibantai Bali United. Bukannya diistirahatkan, pemain asal Jepang itu tetap dipaksa bermain selama 75 menit.

Persebaya Surabaya pada akhirnya menyerah dengan skor mencolok dalam pekan ke-25 BRI Liga 1 2022/2023. Mereka kalah 0-4 dari Bali United di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (18/2/2023).

Tiga gol Bali United dicetak oleh Eber Bessa (32’), Privat Mbarga (55’), dan Ilija Spasojevic (63’). Satu gol lagi adalah hasil bunuh diri bek Rizky Ridho di menit ke-35.

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, menyebutkan bahwa Sho Yamamoto tidak dalam kondisi fit. Dia memutuskan memainkannya sampai menit ke-75 sebelum digantikan oleh Muhammad Hidayat.

 

2 dari 5 halaman

Alasan Aji Santoso

Dengan kondisi itu, mengapa Aji tetap memaksakan Sho Yamamoto? Pelatih berusia 52 tahun itu malah memuji Sho yang tidak mampu menampilkan performa terbaiknya di laga ini.

“Anak ini mentalitasnya luar biasa. Dia main dalam kondisi tidak fit. Terakhir kali main, engkelnya kena. Saya tanya dia mau main. Sho tidak bisa maksimal karena kondisi kaki kanan sakit,” ungkapnya.

“Saya menarik dia karena kondisinya sakit. Kami juga tidak ada stok posisi di situ. Dia ngotot main, saya apresiasi itu kemampuannya, tetapi dia kurang maksimal,” imbuhnya.

Sho Yamamoto memang pemain yang sangat diandalkan Persebaya musim ini. Dia telah menyumbang delapan gol dan enam assist. Itu jadi catatan kontribusi terbaik bagi pemain Bajul Ijo musim ini.

Akan tetapi, keputusan Aji Santoso yang memainkan Yamamoto dalam kondisi cedera tentu saja melahirkan pertanyaan. Sebab, di sisi lain, dia mencadangkan striker Paulo Victor, yang sudah dinyatakan sembuh dari cedera, dengan alasan sang pemain ragu untuk tampil.

 

3 dari 5 halaman

Paulo Victor Dicadangkan

Aji Santoso menerima banyak kritik di media sosial akibat kekalahan ini. Dia tampaknya agak meremehkan Bali United yang sebelumnya paceklik kemenangan selama putaran kedua.

Yang paling menjadi sorotan adalah keputusannya mencadangkan striker Paulo Victor. Pemain asal Brasil itu sama sekali tidak diberi menit bermain dan banyak menghiasi bangku cadangan selama 90 menit pertandingan.

Paulo Victor memang sempat absen pekan lalu akibat cedera. Victor kali terakhir bertanding pada 3 Februari 2023 lalu melawan Borneo FC atau berjarak lebih dari dua pekan dengan jadwal laga kontra Bali United.

Artinya, dia punya banyak waktu dalam menjaga kebugaran. Tim medis Persebaya sudah menyatakan dirinya sembuh dari cedera hamstring.

Paulo Victor juga berpengalaman membobol gawang Bali United meski baru berkarier di Indonesia dengan bergabung Persebaya di pertengahan musim ini. Dia pernah menjadi mimpi buruk Bali United dalam fase grup Piala AFC 2022 lalu.

Saat itu, Victor membela klub Kamboja, Vishaka FC, yang melawat ke markas Bali United pada 27 Juni 2022. Vishaka pada akhirnya berhasil menang 5-2 dan Paulo Victor berhasil menyumbang dua gol.

 

4 dari 5 halaman

Tren Positif Putus

Sayang, sosok pemain Persebaya yang berpotensi mengalahkan Bali United justru tidak diberi kesempatan. Pada akhirnya, Bajul Ijo menerima kekalahan dan ini telah mengakhiri catatan selalu menang dalam laga sebelumnya, juga torehan tak terkalahkan dalam sembilan laga beruntun.

Bali United malah berhasil meraih kemenangan pertama di putaran kedua Liga 1 musim ini. Di enam laga sebelumnya, Serdadu Tridatu belum meraih tiga poin, rinciannya empat seri serta dua kalah.

Hasil pertandingan ini menjadi ajang balas dendam buat Bali United lantaran musim lalu Persebaya berhasil jadi satu-satunya tim yang dua kali mengalahkan mereka. Padahal, status Bali United adalah kampiun Liga 1 2021/2022.

Bali United musim ini malah sudah dua kali menundukkan Persebaya. Di putaran pertama lalu, Bajul Ijo dipermalukan dengan skor 0-1 pada 2 September 2022.

“Di dalam sepak bola semua bisa terjadi. Kami beberapa kali menang berturut-turut, sekarang bisa dikatakan off day. Yang terpenting bagaimana pemain bisa kembali ketika melawan PSM nanti,” ujar Aji Santoso.

Persebaya kini tetap menduduki peringkat ketujuh klasemen sementara dengan 37 angka dari 23 pertandingan. Berikutnya, mereka akan menjamu PSM Makassar dalam pekan ke-26 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jumat (24/2/2023).

5 dari 5 halaman

Posisi Persebaya Saat Ini

Video Populer

Foto Populer