Sukses


BRI Liga 1: Ketika Ardi Idrus Mulai Mendapat Menit Bermain Banyak Bareng Bali United, Ternyata karena Kembali ke Posisi Bek Kanan

Bola.com, Jakarta - Di awal musim BRI Liga 1 2022/2023, Ardi Idrus cukup jarang bermain bersama Bali United. Jika ditotal saja hingga pekan ke-26, Ardi Idrus hanya bermain sebanyak 12 kali.

Padahal bek sayap kelahiran Ternate ini masuk dalam daftar susunan pemain dalam 22 pertandingan. Tapi kini situasinya berubah. 

Dalam beberapa pertandingan terakhir, Ardi Idrus hampir selalu menjadi pilihan utama pelatih Bali United Stefano Cugurra. Disamping itu ada transformasi yang dilakukan pelatih asal Brasil tersebut kepada Ardi.

Pelatih yang akrab disapa Teco ini mengembalikan posisi asli Ardi Idrus sebagai bek kanan menggantikan peran Novri Setiawan yang tampil reguler pasca I Made Andhika Wijaya mengalami cedera.

Menurut Teco, posisi bermain Ardi Idrus adalah bek kanan. Namun selama di Persib Bandung sejak Liga 1 2017, Ardi dominan bermain di bek kiri.

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Posisi Bermain Fleksibel

Dari data statistik, Ardi Idrus bermain sebanyak 77 kali sebagai bek kiri. Sedangkan di posisi aslinya sebagai bek kanan, Ardi hanya bermain sebanyak 8 kali saja.

"Waktu terakhir bersama Persib, mungkin dia bagus di bek kiri sehingga dia bermain terus di posisi itu. Waktu dia datang ke Bali United, saya sudah diskusi dengannya," kata Teco. 

"Dia bilang bisa bermain baik dengan kaki kiri dan kanan. Sekarang tergantung dibutuhkan saja di posisi mana. Waktu kami butuh bek kiri, dia bisa bermain sebagai bek kiri dan sebaliknya." 

"Kebetulan di bek kanan, ada pemain yang cedera sehingga dia punya kesempatan untuk main dan dia main bagus serta bantu tim memenangkan pertandingan," tambah mantan arsitek Persija Jakarta ini.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Sudah Natural Menjadi Bek Kanan

Ardi Idrus juga membenarkan bahwa dia memiliki posisi asli sebagai bek kanan. Namun dalam 3 musim terakhir, dia bermain sebagai bek kiri.

Menurut Ardi, perubahan posisi bermain di sepak bola adalah hal lumrah yang harus diterima oleh semua pemain.

"Ini jadi sesuatu yang biasa karena memang posisi asli saya adalah bek kanan. Saya waktu main di Persib sebagai bek kiri," Ardi Idrus menuturkan.  

"Tapi saya selalu siap karena saat itu tidak ada pemain lain di posisi tersebut. Jadi saya adalah pemain yang siap bermain di posisi manapun karena bisa bermain dengan kaki kiri dan kanan," tutupnya.

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer