Sukses


BRI Liga 1: Paulo Victor Sudah Sembuh, Kapan Membela Persebaya Lagi?

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya butuh segera bangkit setelah pekan lalu takluk 0-4 dari Bali United. Kini, mereka akan menghadapi sang pemuncak klasemen pada pekan ke-26 BRI Liga 1 2022/2023.

Tim Bajul Ijo bakal menjamu PSM Makassar di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jumat (24/2/2023). Duel ini tak akan berlangsung mudah mengingat tim tamu datang dengan reputasi mentereng.

Persebaya Surabaya sebenarnya bisa tampil dengan kekuatan penuh. Striker asing Paulo Victor juga sudah sembuh dari cedera. Masalahnya, kapan pemain asal Brasil itu dimainkan lagi oleh pelatih Aji Santoso?

Paulo Victor sama sekali tidak diberi menit bermain dan banyak menghiasi bangku cadangan selama 90 menit pertandingan melawan Bali United. Padahal, saat itu dia sudah sembuh dari cedera.

“Kondisi Victor sudah membaik. Mudah-mudahan paling tidak masuk 21 pemain yang bertanding melawan PSM. Saya belum berani memutuskan dia main sebagai starter atau tidak. Kami terus memperbaiki dan kami ulang lagi,” ungkap Aji Santoso.

2 dari 7 halaman

Dapat Kritik Setelah Kalah dari Bali United

Aji Santoso menerima banyak kritik di media sosial akibat kekalahan ini. Dia tampaknya agak meremehkan Bali United yang sebelumnya paceklik kemenangan selama putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023.

Hasil pertandingan itu sangat memalukan bagi Persebaya Surabaya. Itu merupakan kekalahan terbesar mereka musim ini. Ditambah lagi, duel itu membuat Persebaya mengakhiri raihan positif selalu menang dalam enam laga sebelumnya.

Persebaya sempat tampil perkasa dengan membukukan sembilan laga tidak terkalahkan sebelum bertemu Bali United. Mereka bahkan punya rekor dengan kemenangan beruntun terbanyak di musim ini.

Paulo Victor memang sempat absen pekan lalu akibat cedera. Artinya, dia punya banyak waktu dalam menjaga kebugaran.

Victor kali terakhir bertanding pada 3 Februari 2023 lalu melawan Borneo FC atau berjarak lebih dari dua pekan dengan jadwal laga kontra Bali United. Tim medis Persebaya Surabaya sudah menyatakan dirinya sembuh dari cedera hamstring.

3 dari 7 halaman

Paulo Victor Tak Dapat Kepercayaan saat Hadapi Bali United?

Paulo Victor juga berpengalaman membobol gawang Bali United meski baru berkarier di Indonesia dengan bergabung Persebaya di pertengahan musim ini. Dia pernah menjadi mimpi buruk Bali United dalam fase grup Piala AFC 2022 lalu.

Saat itu, Victor membela klub Kamboja, Vishaka FC, yang melawat ke markas Bali United pada 27 Juni 2022. Vishaka pada akhirnya berhasil menang 5-2 dan Paulo Victor berhasil menyumbang dua gol.

Kemenangan Vishaka itu memupus harapan Bali United untuk lolos dari babak kualifikasi grup. Sebab, slot lolos fase gugur dari Grup G didapat Kedah Darul Aman (Malaysia). Ketiga tim ini sama-sama mengoleksi 6 poin dan Bali United kalah head-to-head.

Sayang, sosok pemain Persebaya Surabaya yang berpotensi mengalahkan Bali United justru tidak diberi kesempatan. Pada akhirnya, Bajul Ijo mengalami kekalahan dan ini telah mengakhiri catatan selalu menang dalam laga sebelumnya, juga torehan tak terkalahkan dalam sembilan laga beruntun.

4 dari 7 halaman

Malah Jadi Momentum untuk Bali United

Sebaliknya, Bali United malah berhasil meraih kemenangan pertama di putaran kedua Liga 1 musim ini. Dalam enam laga sebelumnya, Serdadu Tridatu belum meraih tiga poin, rinciannya empat seri serta dua kalah.

Hasil pertandingan ini seolah menjadi ajang balas dendam buat Bali United. Musim lalu Persebaya Surabaya berhasil jadi satu-satunya tim yang dua kali mengalahkan mereka. Padahal, status Bali United adalah kampiun BRI Liga 1 2021/2022.

Bali United musim ini malah sudah dua kali menundukkan Persebaya Surabaya. Pada putaran pertama lalu, Bajul Ijo dipermalukan dengan skor 0-1 pada 2 September 2022.

 

5 dari 7 halaman

Posisi Persebaya dan PSM

Persebaya Surabaya kini menduduki peringkat ketujuh klasemen sementara dengan 37 angka dari 23 pertandingan.

Sedangkan PSM bukanlah tim yang mudah ditaklukkan. Mereka saat ini masih berada di puncak klasemen dengan mengantongi 53 poin dari 25 laga hasil 15 kemenangan, delapan seri, dan dua kekalahan.

Tim berjulukan Juku Eja itu juga tercatat sebagai tim yang membukukan produktivitas gol tertinggi kedua dengan 47 gol. Urusan pertahanan, mereka juga jadi yang terbaik alias paling sedikit kebobolan dengan hanya kemasukan 20 gol bersama Persija Jakarta.

6 dari 7 halaman

Jadwal Persebaya Vs PSM

Persebaya Surabaya vs PSM Makassar

Stadion: Gelora Joko Samudro, Gresik

Jumat, 24 Februari 2023

Kick-off: 15.00 WIB

Live: Indosiar

Streaming: Vidio

7 dari 7 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer