Sukses


Catatan Arema FC dalam Derbi Jatim di BRI Liga 1 Musim Ini: Baru Menang Lawan Persik

Bola.com, Jakarta - Arema FC akan menjalani derbi Jawa Timur dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/2023, menghadapi Persik Kediri di Stadion PTIK, Jakarta, Selasa (28/2/2023). Pertandingan ini akan menjadi derbi Jatim pertama Singo Edan di putaran kedua.

Namun, jika melihat hasil derbi Jatim yang diraih Arema FC pada putaran pertama BRI Liga 1 2022/2023, hasilnya bisa dibilang kurang memuaskan.

Arema FC hanya menang tipis 1-0 di markas Persik Kediri. Setelah itu, Singo Edan dipermalukan 2-3 oleh Persebaya Surabaya dan 0-2 oleh Madura United.

Kebetulan Persik menjadi tim Jatim dengan peringkat terendah pada musim ini. Jadi, ketika menghadapi dua tim lain yang posisinya lebih bagus, Singo Edan tak sanggup meraih poin.

Padahal biasanya Arema FC cukup tangguh dan ngotot ketika menjalani deri Jatim. Dari materi pemain, Arema FC juga tidak kalah mengilap dari Persebaya Surabaya dan Madura United.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Kunci Sukses untuk Bungkam Persik

 

Berkaca dari hasil putaran pertama, Arema FC berhasil menang tipis dari Persik Kediri ketika bermain di Stadion Brawijaya Kediri. Ketika itu, kondisi Persik sedang mengkhawatirkan.

Persik sulit meraih kemenangan dan cukup lama menjadi juru kunci klasemen BRI Liga 1. Ketika itu, Arema FC juga punya semangat tinggi karena Javier Roca baru bergabung sebagai pelatih anyar.

Selain itu, pelatih asal Chile itu memahami betul seperti apa cara mengalahkan Persik karena dia merupakan pelatih yang sebelumnya menangani Macan Putih pada paruh kedua musim lalu hingga awal musim ini.

Roca tahu di mana kelemahan Persik untuk bisa meraih kemenangan. Hanya saja, Roca tidak bisa memberikan kemenangan ketika Aream FC menghadapi Persebaya dan Madura United.

3 dari 6 halaman

Punya Peluang untuk Mengulang Keberhasilan

Namun, meski kini tanpa Roca yang sudah lengser dari kursi kepelatihan, masih ada peluang bagi Arema FC untuk menang.

Pelatih anyar, I Putu Gede Swisantoso, mulai behasil membuat anak buahnya bermain dengan fighting spirit yang tinggi, meski dalam laga sebelumya Arema FC kalah 0-1 dari Persib Bandung.

Arema FC kini justru sedang memburu poin yang hilang. Putu Gede juga paham karakter sepak bola tim-tim Jawa Timur. Itu menjadi nilai lebihnya untuk memenangkan laga ini.

4 dari 6 halaman

Tanpa Pencetak Gol Derbi Jatim

 

Pada putaran pertama, Arema FC hanya mengantongi tiga poin dari tiga pertandingan bertitel Derbi Jatim. Dari tiga laga itu, Singo Edan hanya mencetak tiga gol, tak terlalu banyak.

Sampai saat ini, masalah produktivitas gol Arema FC belum teratasi. Tiga gol itu dicetak oleh Irsyad Maulana ke gawang Persik. Sementara dua gol lain diborong Abel Camara ke gawang Persebaya.

Apes bagi Arema FC, dua pemain itu tidak ada dalam lineup pemain ketika menghadapi Persik, Selasa (28/2/2023). Irsyad sudah pindah ke Persita Tangerang pada paruh musim, sementara Camara menjalani larangan bermain karena akumulasi kartu.

Itu sebabnya, Arema FC harus menurunkan komposisi baru di lini depan. Mereka masih punya Dedik Setiawan dan M. Rafli yang bisa menjadi striker utama. Jadi Putu Gede akan mengandalkan pemain lokal di lini depan.

 

 
5 dari 6 halaman

Hasil Arema FC saat Menjalani Derbi Jatim di BRI Liga 1 2022/2023

 

17 September 2022: Persik Kediri vs Arema FC: 0-1

1 Oktober 2022: Arema FC vs Persebaya Surabaya: 2-3

20 Desember 2022: Arema FC vs Madura United 0-2

 
6 dari 6 halaman

Posisi Arema FC di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer