Sukses


Ratu Tisha dalam Sarasehan Sepak Bola: Kompetisi Ganti Nama, Liga 1 Jadi Liga Indonesia, Liga 2 Berubah Liga Nusantara

Bola.com, Surabaya - PSSI memutuskan untuk mengganti nama kompetisi BRI Liga 1 dan Liga 2 mulai musim depan dalam Sarasehan Sepak Bola di Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (4/3/2023).

Wakil Ketua PSSI, Ratu Tisha mengatakan bahwa titel BRI Liga 1 bakal berubah menjadi Liga Indonesia dan Liga 2 menjelma sebagai Liga Nusantara.

BRI Liga 1 2023/2024 rencananya akan digelar pada Juli 2023 hingga April 2024, sementara Liga 2 pada November 2023 sampai Juni 2024.

Sarasehan Sepak Bola tidak membahas nasib Liga 2 musim ini yang telah disetop sejak tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober tahun lalu, yang artinya kompetisi kasta kedua itu sudah pasti tidak dilanjutkan.

2 dari 5 halaman

Penjelasan Ratu Tisha

Sarasehan Sepak Bola gagasan kepengurusan baru PSSI pimpinan Erick Thohir itu dihadiri sejumlah klub BRI Liga 1 dan Liga 2 seperti Persib Bandung, PSM Makassar, Persebaya Surabaya, Persiba Balikpapan, dan PSIM Yogyakarta.

"Baik Liga 1 dan Liga 2 akan memperebutkan Piala Presiden. Untuk jadwal dua kompetisi itu juga sudah kami tetapkan," ujar Ratu Tisha dinukil dari laman PSSI.

"Hasil kesepakatan ini adalah memberikan slot waktu yang eksklusif untuk Liga 1 dan Liga 2. Terkait perizinan pertandingan akan dipusatkan menjadi satu," kata Ratu Tisha, kali ini dilansir dari Antara.

3 dari 5 halaman

Ungkapan Ratu Tisha

Ratu Tisha berharap kebijakan PSSI dapat meningkatkan nilai komersial kompetisi. Selain itu, pihaknya juga berencana membentuk team project management officer untuk menguatkan regulasi BRI Liga 1 dan Liga 2.

"Termasuk kesejahteraan bagi klub-klub BRI Liga 1 dan Liga 2," imbuh wanita yang menjabat sebagai Sekjen PSSI pada 2017-2020 tersebut.

"Tim tersebut akan melakukan pendetailan secara lebih rinci hal-hal apa yang dibutuhkan di dalam regulasi, baik di BRI Liga 1 maupun Liga 2," tutur Ratu Tisha.

4 dari 5 halaman

Hasil Sarasehan Sepak Bola BRI Liga 1 dan Liga 2

1. Kalender kompetisi antara Liga 1 dan Liga 2 akan seminimal mungkin beririsan satu sama lain. Hal ini guna meningkatkan nilai komersial dan keolahragaan bagi Liga 2 agar kualitasnya naik secara signifikan.

2. Liga 2 akan memiliki slot yang tidak beririsan dengan Liga 1, sehingga fans dan suporter Liga 2 bisa menikmati sepak bola dengan lebih meriah.

3. Proteksi ekosistem bisnis Liga 1 dan Liga 2 yang akan dibangun dengan kepastian jadwal dan perizinan secara terpusat.

4. Regulasi dan format kompetisi yang ditentukan dengan lebih menarik, dengan adanya sistem play-off.

5. Klub Liga 1 dan klub Liga 2 sepakat untuk menatap ke depan mempersiapkan tim untuk musim 2023/2024. Di sela waktu khusus untuk Liga 2, akan dibuat mini turnamen untuk mempersiapkan tim.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer