Sukses


BRI Liga 1: Anderson do Nascimento, Bek Persik yang Buat Persib Mati Kutu

Bola.com, Bogor - Pertahanan Persik termasuk paling keropos di antara 18 kontestan BRI Liga 1 2022/2023. Namun masalah itu mulai teratasi setelah bergabungnya Anderson do Nascimento di putaran kedua.

Pemain asal Brasil ini menggantikan posisi kompatriotnya, Arthur Felix, yang memilih mudik ke negaranya. Sejak laga pertama, Anderson langsung menunjukkan kualitasnya sebagai bek tengah yang tangguh dan tak kenal kompromi.

Padahal dia adalah debutan di Indonesia. Terbaru tangguhnya Anderson do Nascimento membuat lini belakang Persik sulit ditembus tim papan atas Persib Bandung hari Rabu (08/03/2023). 

Anderson pun turut memberikan kontribusi kemenangan Persik atas Persib dengan skor 2-0.

"Saya tak ada masalah soal adaptasi dengan sepakbola Indonesia. Karena saya dibantu coach Divaldo Alves dan teman-teman di Persik. Bagi saya sepak bola adalah bahasa universal," katanya.

 

2 dari 4 halaman

Peran Sangat Dominan

Peran Anderson di pertahanan Persik sangat dominan. Dia tak hanya menjadi benteng terakhir, namun sekaligus komandan bagi koleganya.

Tanpa menepikan andil dua bek lokal, Hamra Hehanusa dan Vava Mario Yagalo, aksi Anderson mematikan duet penyerang Persib, David da Silva dan Ciro Alvez harus diacungi jempol.

"Saya punya cara dan gaya bermain sendiri. Seorang bek harus tenang dan penuh perhitungan saat menjaga lawan. Selain itu komunikasi dengan pemain lain sangat penting," ujarnya.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Ikut Berikan Kontribusi pada Fase Menyerang

Soal kecermatan perhitungan itu pula yang berbuah manis saat umpan panjang seorang Anderson mampu dikonversi striker Flavio Silva menjadi gol di gawang Arema FC pada pekan sebelumnya.

"Itu salah satu yang harus bisa dilakukan bek. Saya tahu kapan bertahan ikut menjaga gawang, dan momen memberi umpan ke depan. Melawan Persib fokus utama saya mematikan striker mereka," ujarnya. 

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer