Sukses


OTW Juara, PSM Berhasil Catatkan Tiga Rekor Fantastis di BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Hasil imbang yang dibukukan PSM Makassar saat berjumpa Persita Tangerang pada laga pekan ke-30 kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 membuat mereka semakin dekat dengan gelar juara.

Dalam laga yang bergulir di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Senin (13/3/2023) itu, PSM Makassar dan Persita Tangerang bermain imbang tanpa gol.

Dengan hasil ini, rekor kemenangan skuad  berjulukan Juku Eja terhenti. Sebelumnya, mereka sempat mengamankan sembilan kemenangan beruntun di kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

Hasil ini memang semakin mendekatkan PSM menuju tangga juara. Mereka masih kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 66 poin dari 30 laga.

Tak hanya itu saja, ada sejumlah rekor impresif yang sukses dibukukan oleh skuad asuhan Bernardo Tavares ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 5 halaman

Rekor Kekalahan Paling Minim

Hingga berlangsungnya pekan ke-30, PSM Makassar sampai saat ini baru menelan dua kekalahan. Momen itu terjadi pada pekan ke-15 melawan Madura United (0-1) dan Persija Jakarta (2-4) pada pekan ke-20.

Catatan ini menjadi jumlah paling sedikit jika dibandingkan dengan kontestan lainnya di BRI Liga 1 musim ini. Persib Bandung, Persija Jakarta, dan Borneo FC, yang berada di urutan empat besar sama-sama mengemas tujuh kekalahan.

Sejauh ini, dua kekalahan ini menjadi rekor terbaru di era Liga 1. Catatan tim dengan jumlah kekalahan paling minim sempat terjadi pada musim lalu.

Ketika itu, Bali United dan Persib Bandung yang mengakhiri persaingan di dua peringkat teratas sama-sama meraih lima kekalahan.

Artinya, PSM hanya butuh dua hasil tanpa kekalahan lagi pada empat laga tersisa untuk membukukan rekor baru di era kompetisi Liga 1.

3 dari 5 halaman

Rekor Kemenangan Terpanjang

Hasil imbang yang dibukukan PSM Makassar memang akhirnya gagal membawa mereka mencatatkan rekor baru di kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

Sebab, tren kemenangan yang sudah berlangsung dalam sembilan pertandingan secara beruntun itu akhirnya terhenti pada laga melawan Persita Tangerang.

Namun, skuad asuhan Bernardo Tavares tetap bisa tersenyum lebar. Pasalnya, mereka sudah mampu menyamai rekor kemenangan terpanjang yang sebelumnya dibukukan Bali United.

Pada Liga 1 edisi 2017, Serdadu Tridatu memang sempat mencatatkan sembilan laga beruntun. Sayangnya, mereka ketika itu gagal meraih gelar juara karena kalah head-to-head dari Bhayangkara FC.

4 dari 5 halaman

Rekor Kebobolan Paling Sedikit

Sampai saat ini, PSM Makassar juga masih mampu mencatatkan jumlah kebobolan yang paling minim di BRI Liga 1 2022/2023. Dari 30 laga, mereka baru kebobolan 22 kali.

Ini menjadi jumlah terendah jika dibandingkan dengan kontestan lainnya. Tim terdekat yang bisa menyamai torehan ini ialah Persija Jakarta yang sudah 36 kali kebobolan.

Jika dibandingkan dengan seluruh musim di era Liga 1, catatan PSM Makassar ini berpotensi besar memecahkan rekor sebelumnya yang dibukukan Persib Bandung.

Pada kompetisi musim lalu, tim Pangeran Biru juga kebobolan 22 dari dari 34 laga. Dengan kata lain, PSM punya peluang untuk menyamai torehan ini andaikan mampu menjaga gawangnya dari kebobolan pada empat laga terakhir di musim ini.

5 dari 5 halaman

Intip Peta Persaingan di BRI Liga 1 Musim Ini

Video Populer

Foto Populer