Sukses


BRI Liga 1: Ditahan Imbang Persib, Aji Santoso Pasang Badan Lagi untuk Gol Bunuh Diri Pemain Persebaya

Bola.com, Gresik - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, kembali pasang badan untuk kesalahan pemainnya. Bajul Ijo ditahan imbang 2-2 oleh Persib Bandung dalam pekan ke-30 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (13/3/2023).

Persebaya Surabaya sebenarnya mampu tampil agresif di babak pertama dengan mencetak dua gol di babak pertama lewat aksi Moch Supriadi (23’) dan Ze Valente (32’). Sayang, mereka melempem di babak kedua.

Persib mencetak dua gol balasan di paruh kedua. Pertama gol bunuh diri Riswan Lauhin (77’) dan sepakan David da Silva (83’). Pertandingan ini pun berakhir 2-2 dan kedua tim pun dipaksa berbagi angka.

Sosok Riswan Lauhin mencuri perhatian karena diberi kesempatan tampil sebagai starter. Sayangnya, bek bernomor punggung 44 itu melakukan kesalahan fatal yang membuat timnya gagal mengamankan tiga poin.

Dua gol yang bersarang ke gawang Persebaya Surabaya merupakan buah kesalahan satu pemain, yakni Riswan Lauhin. Dia mencetak gol bunuh diri yang membuat Persib membuka asa mencuri poin di markas Persebaya.

Kemudian, gol kedua juga merupakan kesalahannya. Mulanya, Robi Darwis melakukan lemparan ke dalam. Lagi-lagi, Riswan mencoba membuang bola, tapi malah mengarah kepada David da Silva yang kemudian melepas tembakan dan berbuah gol penyama kedudukan.

 

2 dari 4 halaman

Dapat Pembelaan

Aji Santoso, untuk kali ketiga, melakukan pembelaan atas kesalahan pemain yang berbuah hasil buruk untuk timnya.

“Saya mengapresiasi Riswan. Meski tampil perdana jadi starter, dia tampil cukup bagus. Tentunya tadi dia niatnya menghalau karena bolanya datang dengan cepat."

"Akan tetapi, meski tadi mencetak gol bunuh diri, saya apresiasi kerja Riswan yang hari ini main cukup bagus,” ungkapnya.

Itu merupakan gol bunuh diri ketiga yang dicetak oleh pemain Persebaya selama musim ini. Sebelumnya, Rizky Ridho dan Alwi Slamat juga melakukan hal serupa saat mereka bersua Bali United dan PSM Makassar.

 

3 dari 4 halaman

Pesan Aji

Aji Santoso juga memilih untuk membela Rizky Ridho dan Alwi. Dia tidak menyalahkan mereka yang melakukan kesalahan.

“Sangat disayangkan kami sudah memimpin, akhirnya 2-2. Padahal di babak pertama tadi, begitu istirahat sudah saya sampaikan untuk lebih tenang pada pemain karena sudah unggul 2-0,” kata Aji Santoso usai pertandingan.

Hasil ini membuat Persebaya melewati lima pertandingan terakhir tanpa kemenangan. Rinciannya adalah dua seri dan tiga menang. Padahal, mereka selalu dalam posisi yang menguntungkan untuk mendapat tiga poin.

Tim asal Kota Pahlawan itu kini menduduki peringkat kedelapan klasemen sementara dengan 39 poin dari 27 pertandingan. Mereka telah mendapatkan 11 kemenangan, enam seri, dan 10 kekalahan.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer