Sukses


Angka-angka Keramat PSM untuk Merebut Juara BRI Liga 1: Kans Besar Juku Eja Akhiri Puasa Gelar

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2022/2023 tinggal menyisakan empat pekan lagi. Saat ini jantung semua elemen tim PSM Makassar sedang berdegup keras. Sebab dalam hitungan pekan ke depan, tim asal Sulawesi Selatan ini berpeluang besar meraih gelar juara musim ini.

Apalagi tim asuhan Bernardo Tavares ini makin kukuh di puncak klasemen sementara dengan mengemas 66 poin. PSM Makassar punya peluang sangat besar menjadi kampiun BRI Liga 1 musim ini.

Jika sukses menutup musim ini dengan gelar juara, maka PSM mengakhiri puasa gelar selama 23 tahun. Ya, tim berjulukan Juku Eja terakhir kali menjadi juara di kasta tertinggi sepak bola Indonesia pada tahun 2000.

PSM Makassar memang sedang berada di pucuk klasemen sementara BRI Liga 1. Namun dua tim yakni Persib Bandung dan Persija Jakarta masih membayangi meski berjarak lumayan jauh.

2 dari 6 halaman

Duo Pesaing Mengintai

Di posisi kedua, Persib terus berusaha memperkecil jarak. Saat ini, Maung Bandung mengumpulkan 53 angka atau selisih 13 butir dari Juku Eja.

Sementara Persija yang masih mengantongi 51 poin atau selisih 15 angka dari PSM mulai tampak terengah-engah mengejar ketertinggalannya. Meski begitu, pelatih Macan Kemayoran Thomas Doll belum mau menyerah.

3 dari 6 halaman

Masih Sengit

Ketiga tim legendaris Indonesia ini sama-sama punya peluang mengangkat piala. Persib dan Persija masih bisa mengejar PSM. Karena keduanya baru memainkan 28 pertandingan. Sedangkan PSM telah menuntaskan 30 laga.

Maung Bandung dan tim Ibukota itu pasti berharap PSM terpeleset di empat partai tersisa. Berapa sih angka keramat yang harus diraih Wiljan Pluim dkk. untuk mengamankan trofi berada di genggaman tangan mereka?

4 dari 6 halaman

Peluang Juara

Dari hitung-hitungan poin yang dikuasai ketiga klub tersebut, PSM harus finish dengan poin minimal 72. Dengan jumlah poin itu cukup untuk membuat Persib dan Persija gigit jari. Jika Persib memenangkan seluruh enam partai tersisa angka maksimalnya hanya 71. Sedangkan Persija mentok di angka 69.

So, dua pertandingan PSM menjamu Bhayangkara FC dan tandang ke markas Madura United jadi penentu gelar juara musim ini. Namun sepasang laga itu tak bakal berjalan mudah bagi PSM.

Karena Bhayangkara FC sedang on fire. Buktinya, Andik Vermansyah Cs meraih enam kemenangan beruntun yang mendongkrak posisi The Guardians di urutan ketujuh klasemen. Tapi musim ini, PSM sangat sulit ditundukkan jika main di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare.

5 dari 6 halaman

Bisa Juara di Rumah Orang

Bila PSM bisa mengalahkan Bhayangkara FC, maka partai tandang ke Madura United di Stadion Ratu Pamelingan Pamekasan, Madura bakal menjadi laga final. Dan, PSM siap-siap merayakan pesta juara di perantauan.

Tapi Madura United bisa saja mempersulit ambisi PSM. Pasalnya, pergantian nakhoda tim dari Fabio Lafundez kepada duet Oswaldo Lessa-Rachmat Basuki membawa angin segar bagi Laskar Sappe Kerrab. Mereka meraih dua kemenangan penting saat tandang ke PSIS Semarang dan menjamu PSS Sleman.

6 dari 6 halaman

Simak Peringkat Tim Jagoanmu di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer