Sukses


Rizky Ridho Dirumorkan Gabung Persija, Aji Santoso Bongkar Kondisi Ruang Ganti Persebaya

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya sedang diterpa kabar rumor transfer pemain. Yang paling menghebohkan adalah kabar bek Rizky Ridho yang disebut sudah mencapai kesepakatan dengan Persija Jakarta.

Padahal, kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 belum berakhir.  Kabar ini sontak saja membuat suporter Persebaya, Bonek, heboh. Pasalnya, Rizky Ridho adalah bek muda yang digadang akan jadi andalan sampai beberapa tahun ke depan.

Kabarnya, kesepakatan dengan Persija itu terjadi saat negosiasi dengan Persebaya juga sedang berlangsung. Kabar lain menyebutkan bahwa bek kanan Koko Ari Araya juga sedang didekati oleh Madura United.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, ogah terpancing dengan kabar transfer yang berembus kencang ini. Dia menegaskan bahwa semua pemain Persebaya masih memiliki kontrak sampai akhir musim.

“Anak-anak bermain bagus. Tidak ada masalah. Ada isu transfer atau apapun, tidak masalah. Semua pemain masih terikat kontrak sampai kompetisi selesai. Jadi menurut saya tidak ada isu dari berita di luar,” ucapnya.

2 dari 5 halaman

Rumor Eksodus

Indikasi hengkangnya Rizky Ridho dan Koko dari Persebaya juga mulai muncul. Pelatih Persebaya, Aji Santoso, mencadangkan mereka saat menjamu Persib Bandung dalam pekan ke-30, Senin (13/3/2023).

Rumor transfer tersebut diisukan juga mengguncang situasi di ruang ganti Persebaya Surabaya. Namun, Aji Santoso menyatakan penampilan anak-anak tidak terdampak dari isu transfer kedua pemain tersebut.

Rizky Ridho hanya jadi pemanis bangku cadangan dalam laga pekan ke-30 itu. Padahal, pemain asli Surabaya itu selama ini secara reguler mengisi posisi jantung pertahanan berduet dengan Leo Lelis.

3 dari 5 halaman

Soal Bangku Cadangan

Aji Santoso membantah bahwa keputusannya mencadangkan Ridho dan Koko dilandasi oleh rumor transfer ini. Sebagai gantinya, dia memainkan Arief Catur Pamungkas dan Riswan Lauhin sebagai starter melawan Persib.

“Ruang ganti tidak ada masalah. Saya mencadangkan Ridho dan mencadangkan Koko. Saya juga melihat penampilannya beberapa pertandingan menurun makanya saya cadangkan,” ujar Aji Santoso.

“Saya tadi memasang Riswan dan Catur, tidak masalah. Mereka bermain bagus, Catur tadi bermain bagus,” imbuhnya.

Jika Ridho dan Koko benar-benar hengkang, Persebaya harus siap-siap mencari pengganti. Sebab, mereka sama-sama sosok yang mendapat menit bermain secara reguler bersama Bajul Ijo sejak musim lalu.

4 dari 5 halaman

Jebolan Internal

Menariknya, mereka sama-sama pemain asli Surabaya dan jebolan kompetisi internal Persebaya. Keduanya juga mulai dilirik dan mendapat banyak menit bermain berkat pelatih Aji Santoso.

Persebaya sendiri harus puas bermain imbang melawan Persib. Mereka sudah unggul dua gol di babak pertama, tapi tim tamu mencetak dua gol penyama kedudukan.

Sosok Riswan Lauhin mencuri perhatian karena diberi kesempatan tampil sebagai starter. Sayangnya, bek bernomor punggung 44 itu melakukan kesalahan fatal yang membuat timnya gagal mengamankan tiga poin.

Dua gol yang bersarang ke gawang Persebaya merupakan buah kesalahan satu pemain, yakni Riswan Lauhin. Dia mencetak gol bunuh diri yang membuat Persib membuka asa mencuri poin di markas Persebaya.

Kemudian, gol kedua juga merupakan kesalahannya. Mulanya, Robi Darwis melakukan lemparan ke dalam. Lagi-lagi, Riswan mencoba membuang bola, tapi malah mengarah kepada David da Silva yang kemudian melepas tembakan dan berbuah gol penyama kedudukan.

 

5 dari 5 halaman

Posisi Persebaya

Hasil ini membuat Persebaya melewati lima pertandingan terakhir tanpa kemenangan. Rinciannya adalah dua seri dan tiga menang. Padahal, mereka selalu dalam posisi yang menguntungkan untuk mendapat tiga poin.

Tim asal Kota Pahlawan itu kini menduduki peringkat kedelapan klasemen sementara dengan 39 poin dari 27 pertandingan. Mereka telah mendapatkan 11 kemenangan, enam seri, dan 10 kekalahan.

Video Populer

Foto Populer