Sukses


Hasil BRI Liga 1: Gol Tunggal Riko Simanjuntak Bawa Persija Tumbangkan PSIS

Bola.com, Bekasi - Persija Jakarta akhirnya berhasil mengakhiri tren tanpa kemenangannya saat berjumpa PSIS Semarang pada laga pekan ke-30 kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Kamis (16/3/2023) ini, Persija Jakarta sukses menang dengan skor tipis 1-0 atas PSIS Semarang lewat gol Riko Simanjuntak (15’).

Dengan kemenangan ini, Macan Kemayoran sukses mengakhiri tren negatifnya. Sebab, mereka sempat gagal meraih kemenangan pada tiga pertandingan terakhirnya.

Sementara itu, bagi Mahesa Jenar, kekalahan ini memperpanjang tren kekalahannya. Sebelum ditekuk Persija, PSIS memang sempat meraih tiga kekalahan beruntun di kompetisi BRI liga 1.

 

2 dari 5 halaman

Babak Pertama

Sejak sepak mula bergulir, Persija Jakarta memang relatif lebih dominan ketimbang PSIS Semarang. Mereka sukses menguasai bola dan mengurung pertahanan lawan.

Memasuki menit ke-15, Macan Kemayoran sukses memecah kebuntuan. Umpan silang Firza Andika dari sisi kiri sukses disontek oleh Riko Simanjuntak yang sudah melepaskan diri dari pengawalan.

Persija sejatinya nyaris menambah keunggulan via serangan balik cepat yang diinisiasi oleh Riko. Namun, penyelesaian akhir Michael Krmencik masih bisa dihalau oleh Bayu Fiqri.

Di tengah gempuran serangan Persija, skuad Mahesa Jenar masih kesulitan untuk mengimbangi permainan lawan. Mereka juga belum bisa menciptakan peluang berbahaya.

Pada menit ke-40, Michael Krmencik kembali mendapat peluang untuk mencatatkan namanya di papan skor melalui skema bola mati. Sayangnya, tandukan striker berusia 30 tahun ini masih membentur mistar gawang.

Duel antara Persija kontra PSIS memang berlangsung cukup keras. Selama babak pertama saja, wasit Iwan Sukoco harus mengeluarkan lima kartu kuning dari sakunya.

Hingga wasit meniup peluit tanda waktu turun minum tiba, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Persija Jakarta.

 

3 dari 5 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, dominasi Persija atas PSIS masih belum terhenti. Mahesa Jenar memang sempat berhasil menemukan ritme permainannya. Namun, belum ada peluang berbahaya yang dihasilkan.

Sementara itu, Macan Kemayoran sudah beberapa kali menghasilkan peluang. Salah satunya via sepakan keras Michael Krmencik dari luar kotak penalti. Sayangnya, Adi Satryo masih sigap untuk menghalaunya.

Peluang berbahaya pertama PSIS pada babak kedua lahir lewat aksi individu Taisei Marukawa. Namun, sepakannya masih bisa diamankan dengan baik oleh Andritany.

Skuad asuhan Gilbert Agius sempat mengambil alih kendali permainan pada babak kedua. Mereka melancarkan gempuran secara terus menerus ke area pertahanan Persija.

Namun, belum ada peluang yang bisa dimaksimalkan Taisei Marukawa dan kawan-kawan untuk mengejar defisit gol. Semua upayanya sukses dimentahkan para pemain Persija.

Hingga laga berakhir, tidak ada gol tambahan dari kedua tim. Keunggulan 1-0 bertahan untuk skuad asuhan Thomas Doll.

 

4 dari 5 halaman

Daftar Susunan Pemain

Persija Jakarta (3-4-3): Andritany Ardhiyasa; Muhammad Ferarri, Hansamu Yama, Ondrej Kudela; Firza Andika, Hanif Sjahbandi, Resky Fandy, Ilham Rio Fahmi; Alfriyanto Nico, Michael Krmencik, Riko Simanjuntak.

Pelatih: Thomas Doll.

PSIS Semarang (4-3-3): Adi Satryo; Riyan Ardiansyah, Bayu Mohammad Fiqri, Alfeandra Dewangga, Taufik Hidayat; Luthfi Kamal, Delfin Rumbino, Ryo Fujii; Taisei Marukawa, Rizky Dwi Pangestu, Septian David Maulana.

Pelatih: Gilbert Agius.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer