Sukses


Hasil BRI Liga 1: Aksi Memukau Messidoro Bikin Persis Taklukkan Barito Putera

Bola.com, Martapura - Barito Putera gagal melanjutkan tren positif di BRI Liga 1. Setelah meraih dua kemenangan beruntun, Laskar Antasari itu takluk di kandang sendiri, Stadion Demang Lehman, Martapura dengan skor 2-3 dari Persis Solo, Selasa (21/3/2023).

Padahal dua laga sebelumnya, Barito Putera berhasil menekuk Persebaya Surabaya dan Dewa United.

Pertemuan Barito Putera dengan Persis Solo berjalan seru. Dua tim saling berbalas gol. Barito Putera mencetak dua gol lewat Mike Ott dan Gustavo Tocantins. Sementara Persis unggul dengan dua gol Alexis Messidoro dan Sutanto Tan.

Hasil ini membuat Barito Putera tak beranjak dari urutan 17 dengan 31 poin. Sementara Laskar Sambernyawa, julukan Persis naik dua tingkat ke urutan 9 dengan 40 poin.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Babak Pertama

Sebagai tuan rumah, Barito Putera tancap gas sejak menit awal. Baru satu menit pertandingan berjalan, ada peluang emas. Bagas Kaffa lepas dari kawalan dan berhadapan dengan kiper Persis, Gianluca Pandeynuwu.

Namun dia memilih untuk mengoper bola kepada Gustavo Tocantins. Namun tendangan Gustavo membentur kaki pemain belakang lawan dan meluncur ke sisi kanan gawang.

Tiga menit berselang, Mike Ott yang memberikan ujian bagi Persis. Pemain asal Filipina itu melepaskan tendangan keras. Namun Gianluca berhasil menepisnya.

Tekanan Barito Putera tak berhenti sampai di situ. Menit 6, striker Aksel Runtukahu mencuri bola dari kaki Sutanto Tan di dalam kotak penalti Persis. Tapi finishing Aksel masih bisa diantisipasi Gianluca.

Mengejutkan pada awal laga, Persis memberi kejutan dengan gol di menit 8 lewat sontekan Fernando Rodrigues. Tapi gol itu dianulir wasit karena penyerang asal Spanyol itu dalam posisi offside. Meski demikian, Persis mulai bisa keluar dari tekanan Barito Putera.

Pada menit 18, Persis akhirnya unggul lewat gol Alexis Messidoro. Umpan satu dua dengn Irfan Jauhari membuat Messidoro berhasil menerobos rapatnya pertahanan Barito Putera. Gelandang serang Argentina ini dengan dingin melakukan eksekusi dengan kaki kiri ke tiang dekat. Persis unggul 1-0.

Persis tersentak dengan gol ini. Laskar Antasari punya peluang menyamakan kedudukan di menit 29. Gustavo punya peluang untuk mengeksekusi bola ke gawang yang sudah ditinggalkan Gianluca.

Tapi tendangan striker asal Brasil itu bisa diblok Jaimerson. Selepas peluang itu, Persis lebih tenang memainkan ball possesion. Meski kesulitan menembus pertahanan tuan rumah, mereka bisa menguasai lini tengah. Sedangkan Barito Putera memilih melakukan serangan cepat ketika mendapatkan bola.

Di pengujung babak pertama, bek Persis, Rian Miziar mengalami benturan keras dan harus mendapatkan bantuan oksigen di pinggir lapangan. Saat pertandingan dilanjutkan, Barito Putera memaksimalkan kekurangan pemain lawan.

Aksi individu Mike Ott di menit 42 melewati dua pemain belakang Persis membuatnya lepas ke dalam kotak penalti Persis. Dengan eksekusi yang dingin, Mike Ott berhasil menyamakan kedudukan. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

3 dari 5 halaman

Babak Kedua

Pada paruh kedua, Barito Putera dan Persis belum melakukan perubahan komposisi pemain. Mereka masih mempertahankan starting eleven. Menit 49, peluang emas didapat Barito Putera. Umpan Gustavo membuat tandemnya, Eksel berhadapan dengan kiper Persis. Namun tendangannya kembali ditepis Gianluca.

Situasi permainan bisa dibilang juga tak berubah. Barito Putera mengandalkan serangan cepat beberapa kali membahayakan gawang Persis. Sementara Persis bermain dengan tempo lambat ketika menguasai bola. Namun mereka kesulitan menembus pertahanan tuan rumah.

Melihat lini depannya kurang tajam, Persis memasukkan beberapa pemain yang punya kecepatan dan pengalaman, yakni Samsul Arif dan Irfan Bachdim. Efeknya, peluang emas di menit 65 bisa dibuat. Umpan Samsul membuat Abduh Lestaluhu punya ruang tembak didalam kotak penalti. Tapi tendangannya bisa ditepis Yoewanto Beny, kiper Barito Putera.

4 dari 5 halaman

Kesalahan

Ketika Persis mulai keluar menyerang, Barito Putera menghukumnya dengan gol di menit 71 Bermula dari akselerasi Bagas Kaffa di sisi kanan, Gustavo Tocantins bisa mendapatkan umpan crossingnya. Setelah melakukan beberapa tipuan, tendangan kerasnya membuat mengoyak gawang Laskar Sambernyawa. Gol itu membuat Barito Putera berbalik unggul 2-1.

Namun Laskar Antasari tidak lama merasakan keunggulan itu. Menit 79, bek Renan Silva melakukan blunder dengan salah umpan ketika melakukan tendangan bebas didaerah sendiri. Bola jatuh di kaki Messidoro dan langsung mengirimkan bola congkel yang melewati jangkauan kiper Yoewanto Beny. Skor kembali imbang 2-2.

Persis berbaik unggul di menit 86. Lagi-lagi aktornya Messidoro. Namun pemain asal Argentina itu kali ini tak mencetak gol. Namun mengirimkan assist kepada Sutanto Tan yang berada di kotak penalti untuk merobek gawang lawan dengan sontekannya. Persis berhasil mempertahankan keunggulan 3-2 hingga laga usai.

 

5 dari 5 halaman

Susunan Pemain

  • Barito Putera (4-4-2): Yoewanto Beny (kiper); Bagas Kaffa, Renan Alves, Yuswanto Aditya, Aditya Putra Dewa (belakang); Rizky Pora, M. Firly, Mike Ott, Frank Sokoy (tengah); Eksel Runtukahu, Gustavo Henrique (depan)
  • Pelatih: Rahmad Darmawan 
  • Persis Solo (3-5-2): Gianluca Pandeynuwu (kiper); Sutanto Tan, Jaimerson Xavier, Rian Miziar (belakang); Gavin Kwan, Alexis Messidoro, Arapenta Poerba, Abduh Lestaluhu; Ferdinand Sinaga (tengah); Fernando Rodrigues, Irfan Jauhari (depan).
  • Pelatih: Leonardo Medinaerw 
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer