Sukses


BRI Liga 1: PSIS Digasak Barito Putera karena Kesalahan Fatal, Gilbert Agius Siap Pasang Badan

Bola.com, Martapura - Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius, siap pasang badan untuk melindungi para pemainnya setelah digasak Barito Putera pada laga tunda pekan ke-20 kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Demang Lehman, Martapura, Minggu (26/3/2023) itu, PSIS Semarang memang dipaksa gigit jari setelah tumbang dengan skor 0-3 dari Barito Putera.

Dua gol pertama yang dicetak tuan rumah tak terlepas dari kesalahan para pemainnya. Yang pertama, Meru Kimura gagal mengantisipasi bola silang di area kotak penalti.

Kesalahan ini pun sukses dimaksimalkan Eksel Runtukahu untuk menjebol gawang Mahesa Jenar. Sedangkan gol kedua yang dilesakkan Gustavo Toncantis juga berawal dari kesalahan Ray Redondo dalam mengirimkan operan.

 

2 dari 5 halaman

Pelatih Siap Bertanggung Jawab

Gilbert Agius menegaskan bahwa dirinya siap bertanggung jawab penuh atas kekalahan ini. Dia pun bersedia untuk pasang badan membela para pemainnya yang melakukan kesalahan.

Terlepas dari catatan buruk Mahesa Jenar yang belum menang pada delapan laga terakhir, eks-pelatih Timnas Malta U-21 itu akan terus berjuang hingga akhir musim.

“Saya berada di sini untuk membela para pemain saya. Kekalahan pada pertandingan ini menjadi tanggung jawab saya,” kata Gilbert Agius dalam sesi konferensi pers pascalaga, Minggu (26/3/2023).

“Terlepas dari hal itu, saya memastikan bahwa saya akan terus berjuang hingga akhir musim ini,” imbuhnya.

 

3 dari 5 halaman

Bela Pemain Muda

Krisis pemain yang dialami Mahesa Jenar memang memaksa Gilbert Agius menurunkan mayoritas pemain muda pada laga melawan Barito Putera ini.

Misalnya, skema tiga bek sejajar melibatkan tiga pemain muda, yakni Bayu Mohammad Fiqri, Meru Kimura, dan Brandon Scheunemann.

Juru taktik asal Malta itu mengatakan, para pemain muda PSIS masih membutuhkan bimbingan untuk berkembang. Oleh karena itu, kesalahan ini diharapkan bisa menjadi pembelajaran berharga bagi mereka.

“Jadi, kami harus menerima bahwa para pemain muda kami melakukan kesalahan. Sebab, semua pemain di dunia ini juga bisa melakukan kesalahan,” ujarnya.

“Oleh karena itu, kami harus membela para pemain muda dan membantu mereka agar bisa mendapatkan kepercayaan diri untuk laga selanjutnya,” imbuhnya.

 

4 dari 5 halaman

Kesalahan Jadi Hukuman

Dua kesalahan yang dilakukan para pemain PSIS tersebut memang cukup fatal. Sebab, karena kecerobohan di area pertahanan, mereka harus menerima hukuman dua gol.

Menurut Gilbert Agius, situasi ini memang cukup wajar terjadi dalam sepak bola. Setiap kesalahan yang dilakukan pemain akan menghasilkan konsekuensi.

“Ya, inilah sepak bola. Gol bisa tercipta ketika pemain yang bagus mampu memaksimalkan peluang menjadi gol, atau ketika pemain lawan melakukan kesalahan,” ujarnya.

5 dari 5 halaman

Posisi PSIS saat Ini

Video Populer

Foto Populer