Sukses


Jadi Tim Paling Konsisten, PSM Dinilai Sangat Layak Menyabet Gelar Juara BRI Liga 1 2022 / 2023

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar hampir pasti merengkuh mahkota juara BRI Liga 1 2022/2023. Saat ini, klub berjulukan Juku Eja itu masih kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 69 poin dari 31 laga.

Secara matematis, Pasukan Ramang (julukan PSM Makassar) cuma membutuhkan satu kemenangan untuk menyegel gelar juara musim ini. Dengan tambahan tiga angka, maka torehan poin yang dikumpulkan akan menjadi 72.

Jumlah angka tersebut tak bisa dikejar dua pesaingnya. Yaitu Persib Bandung (59 poin) yang ada di posisi runner-up dan Persija Jakarta (54 poin) di peringkat ketiga.

Momentum penentuan gelar juara PSM Makassar bisa terjadi pada pekan ke-32 BRI Liga 1 saat bersua Madura United. Bentrok kedua tim tersaji di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan pada Jumat (31/3/2023) pukul 20.30 malam WIB.

2 dari 5 halaman

Layak Banget

Jika sukses membekuk tuan rumah, maka PSM Makassar bisa berpesta merayakan gelar jawara di tanah Madura. Pelatih PSIM Yogyakarta, Erwan Hendarwanto berpendapat bahwa PSM Makassar merupakan tim yang sangat layak menjadi kampiun BRI Liga 1 musim ini.

Sejak putaran kedua, pelatih asal Magelang, Jawa Tengah itu memprediksi mahkota juara akan jatuh ke tangan Juku Eja.

"Prediksi juara Liga 1 adalah PSM Makassar. Mereka tim yang sangat konsisten dan pesaing yang lain membutuhkan keajaiban untuk bisa menggagalkan peluang juara PSM," ujar Erwan kepada Bola.com Jumat (31/3/2023) pagi.

"Jadi dengan apa yang mereka ukir di pentas Liga 1 musim ini, saya rasa PSM adalah tim yang layak menjadi juara musim ini," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Paling Konsisten

Apa yang dikatakan Erwan Hendarwanto memang sejalan dengan performa impresif yang ditunjukkan PSM di sepanjang musim ini. Ya, hingga berlangsungnya pekan ke-31, Juku Eja baru menelan dua kekalahan.

Momen itu terjadi di pekan ke-15 melawan Madura United (0-1) pada 15 Desember 2022. Kemudian dibekuk Persija Jakarta dengan skor 2-4 di pekan ke-20 (25/1/2023).

Tidak hanya itu, Pasukan Ramang mencatatkan jumlah kebobolan paling minim di BRI Liga 1 2022/2023. Dari 31 pertandingan, mereka baru kebobolan 23 kali.

Ini menjadi jumlah terendah jika dibandingkan dengan kontestan lainnya. Persija Jakarta membuntuti dengan 27 kebobolan, disusul Madura United 32 kali kemasukan.

4 dari 5 halaman

Tangan Dingin Bernardo Tavares

Istimewanya lagi, Wiljan Pluim dkk. sempat mengamankan sembilan kemenangan beruntun di kompetisi BRI Liga 1 2022/2023. Rekor ini terhenti kala mereka ditahan imbang Persita Tangerang tanpa gol pada pekan ke-29 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Senin (13/3/2023).

"Menurut saya yang mereka capai musim ini juga tidak lepas dari racikan jitu pelatih Bernardo Tavares. Dia menggabungkan pemain muda dan senior, kombinasi itu menjadi salah satu kekuatan utama PSM Makassar musim ini," kata Erwan.

"Sektor depan moncer, pemain rajin mencetak gol. Saya rasa merata, begitu juga pemain belakang mereka yang sulit ditembus lawan sehingga PSM menjadi tim dengan kebobolan paling sedikit. Tim yang komplet," katanya memungkasi.

5 dari 5 halaman

Lihat Posisi Tim Idolamu di BRI Liga 1 Musim Ini

Video Populer

Foto Populer