Sukses


Jadi Tim Paling Produktif, Inilah Sebaran Gol PSM Makassar di BRI Liga 1 2022/ 2023

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar sukses meraih gelar jawara BRI Liga 1 2022/2023. Klub berjulukan Juku Eja itu menahbiskan diri menjadi juara setelah mengalahkan Madura United dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Madura, Jawa Timur, Jumat (31/3/2023) malam WIB.

Kapten tim Wiljan Pluim jadi pahlawan kemenangan PSM dengan memborong dua gol pada menit ke-4 dan (10'). Satu gol lain dicetak oleh Kenzo Nambu (48'). Sedangkan Madura United cuma mampu membalas lewat Hugo Gomes (51’).

Dengan laga yang tersisa di BRI Liga 1 2022/2023, Persib Bandung dipastikan tak akan bisa mengejar PSM Makassar di sisa musim ini.

Gelar ini terasa sangat spesial bagi Juku Eja. Sebab, kali terakhir PSM meraih titel juara yaitu pada musim 1999/2000. Artinya, sudah 23 tahun lamanya mereka menanti untuk kembali mengukir prestasi tertinggi di pentas Liga Indonesia.

Pencapaian PSM Makassar di BRI Liga 1 musim ini tak lepas dari peran sang pelatih Bernardo Tavares. Dengan menggabungkan pemain muda dan senior, racikan pelatih asal Portugal itu terbukti jitu. Bisa dibilang, musim ini merupakan satu era terbaik PSM Makassar yang dihiasi para pemain muda lokal potensial.

 

2 dari 4 halaman

Produktif

Para pemain di sepanjang musim ini juga menunjukkan performa jempolan. On fire. Soal urusan mencetak gol, mereka bisa diandalkan. Berkat penampilan apik para pemain ini, wajar jika PSM menjadi yang terbaik di kompetisi musim ini.

Rekor demi rekor pun mampu mereka ciptakan. PSM mencatatkan jumlah kebobolan dan kekalahan paling minim di BRI Liga 1 2022/2023. Dari 32 pertandingan, mereka baru kebobolan 24 kali serta menelan dua kekalahan.

Selain itu, Juku Eja juga menjadi salah satu tim paling produktif dalam urusan mencetak gol. PSM Makassar nangkring di urutan kedua dengan koleksi 60 gol. Mereka cuma kalah selisih tiga gol saja dari Bali United.

3 dari 4 halaman

6 Pemain Terbanyak Cetak Gol

Dari jumlah tersebut, 49 gol di antaranya disumbangkan oleh enam pemain. Yang pertama yaitu Ramadhan Sananta. Pemain berusia 20 tahun itu mengemas 11 gol.

Disusul Wiljan Pluim (10 gol), Kenzo Nambu (9 gol), Everton Nascimento (8 gol), Yakob Sayuri (6 gol), dan Yuran Fernandes (5 gol). Koleksi gol penggawa PSM musim ini masih bisa bertambah, mengingat Juku Eja masih menyisakan dua laga lagi.

4 dari 4 halaman

Jagoan Assist

Tidak hanya itu, Pasukan Ramang juga punya jagoan assist. Tercatat ada dua pemain dengan jumlah assist terbanyak yang dimiliki PSM musim ini.

Keduanya yakni Wiljan Pluim dengan sembilan assist. Satu nama lainnya yaitu Yakob Sayuri dengan torehan tujuh assist.

Video Populer

Foto Populer