Sukses


Cerita Yakob Sayuri soal PSM Seperti Roller Coaster dalam 2 Musim Terakhir di BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar berhasil merengkuh gelar BRI Liga 1 2022/2023 lebih awal. Kepastian itu didapatkan usai menaklukkan Madura United dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamellingan, Pamekasan, Jumat (31/3/2023).

PSM telah mengumpulkan 72 poin. Perolehan ini tak bisa dikejar Persib Bandung yang berada di peringkat kedua meski masih memiliki tiga laga sisa.

Keberhasilan anak asuh Bernardo Tavares jelas di luar prediksi siapapun. Musim lalu, mereka harus menunggu hingga partai-partai terakhir untuk selamat dari jurang degradasi.

"Kalau yang membedakan saya enggak tahu. Mungkin ada beberapa faktor yang entah itu dari pemain, pelatih atau dari manajemen. Tapi memang perbedaan yang saya rasakan tahun lalu dengan tahun ini cukup berbeda jauh," buka winger PSM, Yakob Sayuri.

 

2 dari 5 halaman

Beban Luar Biasa

Personil Timnas Indonesia itu mengakui musim lalu adalah peristiwa yang paling tak mengenakkan untuknya sebagai pesepakbola profesional. Yakob terbebani dengan peluang bikin sejarah PSM hancur.

"Tahun lalu, saya benar benar rasakan yang namanya hampir degradasi itu seperti apa. Kami main dengan beban, pikiran kemana-mana. Kalau kami bawa PSM degradasi, itu sejarah bagi kita sendiri," ungkapnya.

"PSM tidak pernah turun kasta dan itu yang bikin kami bermain dengan penuh tekanan. Tetapi puji tuhan kita bisa keluar dari zona degradasi," imbuh pemain berusia 25 tahun itu.

3 dari 5 halaman

Tetap Deg-degan

Nyaris terjerumus ke kasta kedua, membuatnya terus berdebar sebelum hadapi Madura United. Bedanya, perasaan deg-degan kali ini lebih kepada keinginan merebut supremasi tertinggi di kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

"Saat peluit akhir bunyi, suasana dan perasaan yang saya rasakan hampir sama dengan musim lalu. Mulai dari hotel sampai ke lapangan saya deg-degan. Saya mau rasakan perasaan juara itu seperti apa karena sudah rasakan hampir degradasi," ujarnya.

"Puji tuhan akhirnya bisa kunci gelar juara meski masih ada dua laga, ini bikin saya terharu. Bahkan kami bisa buat sejarah baru untuk PSM dan Sulawesi Selatan yang 23 tahun belum lagi rasakan gelar juara," tutur Yakob Sayuri memungkasi.

4 dari 5 halaman

Jadwal PSM di Sisa Musim BRI Liga 1

Pekan ke-33

  • Kamis, 6 April 2023
  • PSIS Semarang Vs PSM Makassar

Pekan ke-34

  • PSM Vs Barito Putera
  • Waktu Belum Ditentukan
5 dari 5 halaman

Tengok Peta Persaingan di BRI Liga 1 Musim Ini

Video Populer

Foto Populer