Sukses


6 Pemain PSM yang Paling Sibuk di BRI Liga 1 Musim Ini: Andalan Banget Sampai Raih Juara

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar merengkuh gelar juara BRI Liga 1 2022/2023.

PSM mengumpulkan total 72 poin dari 21 kemenangan dan 9 hasil seri. Jumlah poin mereka tidak akan bisa dikejar Persib Bandung yang akan mendapatkan maksimal 68 poin.

Keberhasilan Juku Eja menjuarai BRI Liga 1 2022/2023 tidak lepas dari konsistensi mereka dalam setiap pertandingan. Hingga pekan ke-32, klub asuhan Bernardo Tavares baru menelan 2 kekalahan.

Menariknya, PSM tidak bergantung pada nama bintang dalam merengkuh gelar juara. Pemain yang jadi tulang punggung justru merupakan jebolan Liga 2 dan tim junior.

Berikut 6 pemain yang menjadi andalan PSM Makassar hingga pekan ke-32 BRI Liga 1 2022/2023 berdasarkan menit bermain. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Agung Mannan

Agung Mannan hampir selalu menjadi pilihan utama di lini pertahanan PSM Makassar. Stopper asal Pangkep, Sulawesi Selatan tersebut tampil 26 kali dan mencatatkan 2.102 menit bermain.

Ya, Agung Mannan selalu dilirik oleh Bernardo Tavares untuk diduetkan dengan Yuran Fernandes di sektor bek tengah. Dia hanya beberapa kali absen karena skorsing kartu kuning.

Menariknya, sebelum membela Pasukan Ramang, Agung Mannan belum berpengalaman tampil di Liga 1. Dia hanya bermain untuk Martapura FC (kini Dewa United), Persinga Ngawi dan Persijap Jepara.

3 dari 7 halaman

Yance Sayuri

Yance Sayuri juga menjadi tulang punggung PSM Makassar di sektor bek sayap. Saudara kembar Yacob Sayuri tersebut hanya absen dalam 3 pertandingan.

Yance Sayuri mencatatkan 2.148 menjt bermain dari 29 penampilannya bersama PSM Makassar. Dia juga berhasil menyumbang 4 gol untuk Juku Eja.

Sama seperti Agung Mannan, Yance Sayuri juga bersinar bersama PSM Makassar. Dia bergabung dengan tim Sulawesi Selatan tersebut sejak 2021 setelah sebelumnya bermain untuk Persemi Mimika.

4 dari 7 halaman

Muhammad Arfan

Di sektor gelandang ada sosok Muhammad Arfan yang perannya hampir tak tergantikan. Dia hanya absen satu kali pada pekan ke-22 melawan Arema, ittu pun karena skorsing kartu kuning.

Muhammad Arfan juga merupakan jebolan tim junior PSM Makassar. Pemain kelahiran Makassar, 22 Januari 1998 tersebut dipromosikan ke tim senior pada tahun 2017.

Pada kompetisi BRI Liga 1 2022/2023, Muhammad Arfan tampil sebanyak 31 kali dengan total 2.394 menit bermain. Dia juga selalu menjadi starter dalam 27 penampilan di antaranya.

5 dari 7 halaman

Akbar Tanjung

Akbar Tanjung direkrut PSM Makassar pada akhir Mei tahun lalu setelah sebelumnya membela klub Liga 2, PSIM Yogyakarta. Dia langsung menjadi andalan di lini tengah Juku Eja.

Secara keseluruhan, Akbar Tanjung mencatatkan 30 kali penampilan bersama PSM Makassar dengan total 2.469 menit di lapangan. Dua absen dalam Pertandingan melawan Borneo FC dan Persis Solo.

Dari 30 penampilannya, Akbar Tanjung turun sebagai starter sebanyak 28 kali. Dia juga mampu menyumbang 3 assist bersama Juku Eja.

6 dari 7 halaman

Yuran Fernandes

Dalam daftar ini, Yuran Fernandes menjadi satu-satunya pemain asing yang perannya hampir tak tergantikan. Sosok yang dimaksud adalah bek asal Sal-Rei, Yuran Fernandes.

Yuran Fernandes sebenarnya baru bermain 28 kali bersama PSM Makassar dengan total 2.504 menit penampilan. Akan tetapi, pemain yang menghabiskan sebagian besar kariernya di Portugal itu selalu jadi starter dan tampil penuh.

Absennya Yuran Fernandes juga karena skorsing kartu kuning dan kartu merah. Dia memang absen dalam 4 pertandingan karena alasan tersebut.

7 dari 7 halaman

Reza Pratama

Sementara pemain yang tak tergantikan dan selalu tampil penuh dalam setiap pertandingan PSM musim ini adalah Reza Pratama. Dia adalah kiper andalan Juku Eja.

Karena tidak pernah absen dan selalu tampil penuh, Reza Pratama mencatatkan total 2.880 menit penampilan. Performa apik di bawah mistar gawang membuat pelatih tidak melirik pemain lain.

Dari 32 penampilan sejauh ini, Reza Pratama mampu mencatatkan 13 clean sheet dan 24 kali kemasukan. Kebobolan terbesar saat PSM Makassar kalah dari Persija Jakarta dengan skor 4-2.

Disadur dari: Bola.net (Mustopa Elabdy/Richard Andreas)

Video Populer

Foto Populer