Sukses


Rapor Taisei Marukawa dan Carlos Fortes Bersama PSIS di BRI Liga 1: Layak Dapat Kesempatan Kedua?

Bola.com, Semarang - Dua pemain asing PSIS Semarang, Taisei Marukawa dan Carlos Fortes, sukses membantu timnya untuk menumbangkan PSS Sleman pada laga pekan ke-32 BRI Liga 1 2022/2023. Penampilan ini jadi bukti keduanya layak mendapatkan kesempatan kedua.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (2/4/2023) itu, Taisei Marukawa dan Carlos Fortes sama-sama mencetak satu gol untuk membawa PSIS menang 5-2 atas PSS Sleman.

Jika dilihat rapor penampilannya musim ini, Marukawa dan Fortes memang masih belum memenuhi ekspektasi. Sebab, catatan performanya masih jauh jika dibandingkan musim lalu.

Terlepas dari catatan itu, Marukawa dan Fortes memang cukup layak dinantikan kiprahnya pada musim depan. Apalagi, kedua pemain ini baru saja mendapatkan perpanjangan kontrak dari manajemen.

Perpanjangan kontrak ini memang menjadi bukti bahwa PSIS Semarang masih menaruh harapan pada sosok keduanya. Tentu, ini akan menjadi kesempatan kedua bagi Marukawa dan Fortes untuk menunjukkan tajinya di musim depan.

2 dari 5 halaman

Carlos Fortes Akrab dengan Cedera

Performa Carlos Fortes musim ini memang masih belum sesuai harapan. Sebab, pada awal musim, striker berusia 28 tahun itu justru harus melewatkan 10 pertandingan awal karena masalah cedera.

Dia baru bisa bergabung pada pekan ke-12. Setelah itu, striker asal Portugal ini harus kembali absen selama tujuh pertandingan karena masalah yang sama.

Tercatat, Fortes memang hanya bisa memberikan dua gol dan tiga assist dari 15 penampilannya bersama Mahesa Jenar. Performa ini sangat kontras dengan musim lalu.

Sebab, saat memperkuat Arema FC di musim 2021/2022, mantan striker Timnas Portugal U-20 ini berhasil membukukan 20 gol dan tiga assist dari 31 penampilannya bersama Singo Edan.

3 dari 5 halaman

Taisei Marukawa Lebih Istimewa

Tak berlebihan jika memberikan apresiasi khusus kepada Taisei Marukawa sebagai pemain asing yang paling berkontribusi untuk PSIS Semarang di BRI Liga 1 musim ini.

Sebab, pemain asal Jepang ini sukses mencatatkan namanya sebagai penyumbang gol dan assist terbanyak. Dari 31 penampilan, pemain berusia 26 tahun ini sudah membukukan tujuh gol dan lima assist.

Ini menjadi catatan terbaik jika dibandingkan seluruh pemain yang dimiliki Mahesa Jenar musim ini. Namun, nominalnya memang masih terlalu jauh dari pencapaiannya musim lalu.

Saat masih berstatus sebagai penggawa Persebaya Surabaya, pemain kelahiran 30 Januari 1997 ini sukses menyumbangkan 17 gol dan 10 assist dari 32 aksinya di musim 2021/2022. 

4 dari 5 halaman

Dapat Kesempatan Kedua

Sebelum berakhirnya BRI Liga 1 musim ini, manajemen PSIS Semarang memang sudah mengumumkan perpanjangan kontrak tiga pemain asingnya untuk musim depan.

Taisei Marukawa, misalnya, mendapatkan kontrak jangka panjang dari PSIS. Dengan durasi kerja sama tambahan selama dua tahun, ia bakal bertahan bersama Mahesa Jenar hingga akhir musim 2025.

Sementara itu, Carlos Fortes dan Guilherme Carvalho sama-sama mendapat kontrak baru dengan durasi satu musim. Artinya, keduanya masih bakal menjadi bagian dari skuad PSIS hingga akhir musim 2024.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer