Sukses


Soal Slot Keikutsertaan di Kompetisi Asia 2023 / 2024, Persib Layangkan Surat Keberatan pada PT LIB

Bola.com, Bandung - Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengaku telah melayangkan surat keberatan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB). Hal itu menyangkut status runner-up Persib di musim lalu berkaitan dengan keikutsertaan klub Indonesia di level Asia musim depan.

Ya, pada BRI Liga 1 musim 2021/2022, Persib menempati posisi runner up dan juaranya saat itu Bali United. Pihak Persib merasa status runner-up musim lalu bisa membuka jalan tampil ke level Asia, bukan seperti yang baru saja diputuskan PT LIB.

Menurut Teddy Tjahjono, PT LIB telah membuat keputusan bahwa slot ketiga yang berhak mewakili Indonesia di babak play off AFC CUP diikuti oleh klub yang menduduki peringkat kedua di BRI Liga 1 2022/2023.

"Kami sudah mengirimkan surat keberatan ke PT LIB karena idealnya secara aturan, juara dan runner-up diikutkan untuk ke AFC dan Champions League. Kami juga marah karena adanya babak play-off," tegas Teddy Tjahjono saat dihubungi awak media, Rabu (12/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Sudah Berkirim Surat

Surat keberatan tersebut lanjut Teddy langsung dikirimkan setelah PT LIB mengeluarkan keputusan mengenai jatah tim yang berhak tampil di kejuaraan Asia 2023/2024 tersebut.

"Sudah saya langsung kirim, jadi setelah ada kabar dari LIB seperti itu, kami langsung berkirim surat," terang Teddy.

3 dari 6 halaman

Keputusan PT LIB

Seperti diketahui, Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus menyebutkan bahwa Indonesia memiliki tiga slot untuk tampil di kompetisi antar klub Asia musim 2023/2024.

Ketiga slot tersebut masing-masing untuk play-off Liga Champions, babak penyisihan grup AFC Cup, dan play-off AFC Cup.

Untuk slot peserta di play-off babak Liga Champions akan diwakilkan pemenang play-off antara juara musim lalu yakni Bali United FC melawan PSM Makassar yang menjadi kampiun musim ini. 

4 dari 6 halaman

Dua Wakil di AFC Cup

Tim yang kalah dari babak play-off yang mempertandingkan Bali United versus PSM tersebut, lanjut Ferry, akan berhak tampil di babak penyisihan grup AFC Cup.

"Tim yang kalah dari play off, statusnya langsung hadir di AFC Cup pada babak penyisihan grup," kata Ferry.

Satu slot lagi yang berhak mewakili Indonesia di babak play-off AFC Cup, akan diikuti oleh klub yang pada BRI Liga 1 2022/2023 menduduki posisi peringkat kedua atau runner-up.

Saat ini Persib dan Persija sedang bersaing dengan Persija Jakarta untuk mengamankan posisi kedua. Artinya, jika finis di urutan ketiga, sudah dipastikan harapan tampil di level Asia sirna.

"Tidak ada lagi play-off untuk slot yang ketiga. PSSI sudah menentukannya secara langsung," tegas Ferry.

5 dari 6 halaman

Arahan AFC

Sementara itu, terkait penetapan kriteria wakil di tiap negara di kuota slot yang ditentukan, AFC telah memberikan kebebasan penuh kepada federasi yang bersangkutan.

Dalam hal ini, teknis pemilihan klub yang berhak mewakili satu negara, diserahkan pada masing-masing negara berdasarkan Entry Manual For AFC Club Competitions.

"Jadi, dalam hal ini, apa yang sudah ditentukan PSSI ini sudah diketahui oleh AFC. Mereka tinggal menunggu hasil akhirnya nanti," ucap Ferry.

6 dari 6 halaman

Lihat Posisi Tim Jagoanmu di BRI Liga 1 Musim Ini

Video Populer

Foto Populer