Sukses


Bursa Transfer BRI Liga 1: Rombongan Pemain PSS Hengkang, Termasuk Kapten Tim yang Sudah Mengabdi 5 Tahun

Bola.com, Sleman - PSS Sleman nampaknya benar-benar serius merombak skuadnya jelang menghadapi kompetisi musim depan. Total ada 11 pemain yang resmi dilepas klub berjulukan Super Elang Jawa itu.

Yang terbaru, PSS Sleman mengumumkan perpisahannya dengan lima pemain. Mereka adalah Try Hamdani Goentara, Jonathan Cantillana, Wahyu Sukarta, Ega Rizky Pramana, dan kapten tim Bagus Nirwanto.

Kepergian lima pemain tersebut diumumkan manajemen lewat media sosial klub dalam waktu yang berdekatan. Try Hamdani Goentara dan Jonathan Cantillana pada Jumat (21/4/2023). Sehari kemudian giliran Ega Rizky serta Bagus Nirwanto, kemudian disusul Wahyu Sukarta.

"Matur nuwun untuk Try Hamdani atas kerja kerasnya berjibaku menjaga gawang Super Elja musim ini. Dan terima kasih untuk Jonathan Cantillana untuk waktu singkatnya bersama PSS Sleman. Semoga mendapat yang terbaik dalam karier kalian," tulis PSS Sleman di akun Instagram resmi klub.

2 dari 5 halaman

Tatap Era Baru

Dari enam pemain yang dilepas, tiga di antaranya sudah membela PSS Sleman sejak di kompetisi kasta kedua Liga Indonesia. Ketiganya yakni Wahyu Sukarta, Ega Rizky Pramana, dan Bagus Nirwanto.

Mereka juga ikut andil membawa Super Elang Jawa promosi ke Liga 1 sebagai kampiun Liga 2 2018. Ini sekaligus jadi akhir kebersamaan ketiganya setelah lebih dari lima musim berseragam klub kebanggaan wong Sleman itu.

Pada kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 ketiga pemain tersebut memang tidak begitu banyak berkontribusi bagi Laskar Sembada. Performa mereka kian menurun. Alhasil, tidak jarang mereka mendapat kritik tajam dari pendukung Super Elang Jawa.

"Tujuh tahun bukanlah waktu yang singkat yang ia berikan. Menjadi yang paling lama di antara rekan-rekan seperjuangan di atas lapangan. Terima kasih atas kesetiaan, waktu, tenaga, dan kerja keras untuk klub tanah kelahiranmu! Semoga sukses dimanapun kamu melanjutkan karier, Wahyu Sukarta," tulis PSS lagi.

3 dari 5 halaman

Akhir yang Menyesakkan

Perpisahan ini sejatinya cukup menyesakkan bagi Ega Rizky. Pasalnya, kiper asal Banyumas, Jawa Tengah itu harus menutup karier bersama PSS dengan mengecewakan.

Cedera parah yang didera Ega pada musim 2021/2022 membuatnya menepi dari lapangan hijau cukup lama. Eks pemain PSCS Cilacap tersebut bahkan tak masuk dalam skuad PSS selama setahun lebih. Ega Rizky baru menjalani comeback pada putaran kedua musim ini.

Total kiper berusia 30 tahun itu cuma tampil sebanyak enam kali dan kebobolan 16 gol. Tak dipungkiri, cedera itu membikin performa Ega Rizky menurun.

"Terima kasih Ega Rizky dan Bagus Nirwanto untuk dedikasi kalian dalam beberapa tahun ini. Terima kasih untuk segalanya, terima kasih untuk semua kenangan! Suksea untuk karier kalian selanjutnya. Yang terbaik untuk kalian berdua!," bunyi pengumuman PSS.

4 dari 5 halaman

Daftar Pemain yang Dilepas PSS

1. Dedy Gusmawan

2. Marckho Meraudje

3. Rifky Suryawan

4. Purwaka Yudi

5. Rachmad Hidayat

6. Manda Cingi

7. Try Hamdani Goentara

8. Jonathan Cantillana

9.Wahyu Sukarta

10. Ega Rizky Pramana

11. Bagus Nirwanto

5 dari 5 halaman

Tengok Peringkat PSS di Klasemen Akhir BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer