Sukses


BRI Liga 1: Seto Nurdiyantoro Out dari PSS Sleman

Bola.com, Sleman - Teka-teki masa depan Seto Nurdiyantoro akhirnya terjawab. PSS Sleman mengumumkan bahwa Seto tak lagi menakhodai tim berjulukan Super Elang Jawa itu untuk kompetisi musim mendatang.

Keputusan pemecatan Seto tidak terlepas dari jebloknya performa PSS Sleman di sepanjang BRI Liga 1 2022/2023. Super Elang Jawa gagal total merealisasikan target 10 besar musim ini.

Mereka cuma mampu mengakhiri kompetisi dengan finish di papan bawah atau posisi 16 klasemen akhir dengan torehan 34 poin. Perinciannya meraih 10 kemenangan, empat imbang, dan 20 kekalahan.

Bahkan, seandainya kompetisi musim ini diberlakukan degradasi, klub kesayangan Slemania dan Brigata Curva Sud (BCS) ini sudah pasti terdegradasi alias turun kasta musim depan.

Oleh karena itu, manajemen Super Elang Jawa langsung bergerak cepat melakukan perombakan tim.

"Terima kasih coach Seto atas dedikasinya bagi Super Elja untuk musim 2022/2023! Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, semoga sukses untuk kariermu berikutnya, coach!," tulis PSS Sleman di akun Instagram resmi klub pada Senin (24/4/2023) siang.

"Setelah melepas 11 pemain, kini PSS Sleman fokus untuk melengkapi formasi tim pelatih baru untuk musim berikutnya!," lanjutnya.

2 dari 5 halaman

Jabat Dirtek?

Meski begitu, Seto Nurdiyantoro tak sepenuhnya meninggalkan Laskar Sembada. Pelatih asal Kalasan, Sleman itu akan mendapatkan tugas baru kedepannya. Hal ini disampaikan Komisaris Utama PT Putra Sleman Sembada (PT PSS), Rachmat Makkasau.

"Untuk mas Seto, beliau nantinya akan mendapatkan tugas yang baru di PSS Sleman. Tugasnya seperti apa, nanti akan kami umumkan," ujar Rachmat Makkasau Minggu (23/4/2023) siang.

"Kami ingin mas Seto tetap bersama kami membangun PSS Sleman ke depannya,” paparnya.

Rachmat memang enggan secara gamblang menyebut tugas yang akan diemban Seto di musim depan, tetapi rumor berembus pelatih berlisensi AFC Pro tersebut bakal menjabat sebagai Direktur Teknis (Dirtek) PSS Sleman.

3 dari 5 halaman

Pelatih Anyar Segera Merapat

Lantas, kapan pelatih anyar PSS Sleman akan diumumkan? Soal itu, Rachmat Makkasau meminta semua pihak untuk bersabar. Sebab, saat ini proses negosiasi terus berlangsung.

"Saat ini kami terus melakukan perubahan di komposisi tim baik itu kepada pemain maupun pelatih. Kami sedang tahap final bernegosiasi dengan beberapa pemain asing dan nasional,” katanya.

“Untuk pelatih kepala saat ini kami sedang dalam tahap final negosiasi. Semoga bisa rampung secepatnya dan bisa segera diperkenalkan,” sambungnya.

Yang pasti, Rachmat Makkasau berharap semua proses perekrutan pelatih maupun pemain berjalan lancar.

“Kami melakukan perubahan besar pada tim dan juga tim pelatih untuk musim yang baru. Kami meminta doa agar semua proses berjalan dengan lancar dan kita menghadapi musim depan dengan kesiapan maksimal,” tegasnya.

 

4 dari 5 halaman

Komentar Seto

Sebelumnya, Seto sempat angkat bicara terkait masa depannya di PSS. Saat itu dia mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada jajaran manajemen. Dia memilih pasrah dan mengikuti rencana Tuhan.

Eks pelatih PSIM Yogyakarta itu menyebut segala perubahan di musim depan adalah hal yang wajar. Mengingat seluruh kontestan tim juga melakukan hal serupa setiap datangnya musim kompetisi baru.

"Iya, saya dengar rumor kalau akan ada pelatih lain untuk musim depan ke Sleman. Semuanya bisa terjadi, tapi kalau ada perubahan itu pasti wajar. manajemen pasti ada evaluasi, kami juga begitu, keputusan semua di manajemen," ucap Seto Nurdiyantoro beberapa waktu lalu.

"Saya terlibat atau enggak di PSS, itu tergantung evaluasi manajemen. Apa pun keputusan manajemen akan saya ikuti rencana Tuhan," imbuh dia.

 

5 dari 5 halaman

Kedua Kali

Adapun ini adalah kali kedua pelatih berusia 49 tahun itu didepak dari kursi pelatih PSS Sleman. Sebelumnya, di periode pertama PSS mengakhiri kerjasama dengan Seto pada Januari 2020. Kemudian setelah bercerai dengan PSIM Yogyakarta, Seto lantas balik kucing ke Bumi Sembada pada April 2022.

Seto merupakan pelatih yang berjasa membawa PSS kampiun Liga 2 2018 dan promosi ke Liga 1 2019. Kala itu, pelatih kelahiran 14 April 1974 itu berhasil membawa PSS menjadi satu-satunya tim promosi yang bertahan di Liga 1 2019. Sayang, pada musim 2022/2023, performa PSS Sleman jauh dari yang diharapkan.

Video Populer

Foto Populer