Sukses


BRI Liga 1: Marian Mihail Bakal Gantikan Posisi Seto Nurdiyantoro Sebagai Pelatih Baru PSS?

Bola.com, Sleman - Kekosongan kursi pelatih PSS Sleman segera terisi. Kabarnya, juru taktik asing asal Rumania, Marian Mihail bakal menjadi pelatih anyar klub berjulukan Super Elang Jawa tersebut.

Marian Mihail akan menggantikan peran Seto Nurdiyantoro. PSS Sleman sendiri telah memutuskan kerja sama mereka dengan Seto pada Senin (24/4/2023).

Pencapaian kurang memuaskan di BRI Liga 1 2022/2023 menjadi alasan utama manajemen Super Elja memecat pelatih berlisensi AFC Pro tersebut. Musim ini, PSS Sleman cuma finis di posisi 16 klasemen akhir.

Komisaris Utama PT Putra Sleman Sembada (PT PSS), Rachmat Makkasau mengatakan, pelatih anyar pengganti Seto akan segera datang. Saat ini, kata Rachmat, proses negosiasi dengan sang pelatih telah memasuki tahap final.

"Saat ini kami terus melakukan perubahan di komposisi tim baik itu kepada pemain maupun pelatih. Kami sedang tahap final bernegosiasi dengan beberapa pemain asing dan nasional,” ujar Rachmat Makkasau.

Pernyataan Rachmat ini sejalan dengan rumor yang berembus. Tim Super Elang Jawa memang ramai dikabarkan bakal dibesut pelatih asing musim depan.

Ada sejumlah nama yang dikaitkan merapat ke Bumi Sembada. Mulai dari Robert Rene Alberts, Jacksen F. Tiago, Alfredo Vera, hingga Paul Munster. Tetapi Marian Mihail disebut jadi nama teratas yang bakal mengarsiteki PSS Sleman.

2 dari 5 halaman

Kenyang Pengalaman

Marian Mihail menjadi sosok yang tepat untuk menukangi tim Super Elang Jawa. Dia merupakan pelatih berpengalaman dengan rekam jejak mentereng di kancah sepak bola. Baik ketika menjadi pemain maupun pelatih.

Ketika masih aktif bermain, Marian Mihail yang berposisi bek kanan itu menghabiskan kurang lebih 17 tahun bersama klub Sportul Studentesc Bucharest. Sportul adalah klub papan atas yang ada di Liga Rumania.

Tak hanya itu, Mihail juga kenyang pengalaman bersama Timnas Rumania. Pria kelahiran 7 Mei 1958 itu tercatat pernah memperkuat Timnas Rumania U-21, U-23 dan Timnas senior Rumania.

Karir kepelatihannya pun tak kalah menarik. Setelah gantung sepatu, Marian Mihail lantas melebarkan sayap sebagai pelatih dan tercatat menukangi berbagai tim di Eropa maupun Asia.

3 dari 5 halaman

Berlisensi UEFA Pro

Saat ini, Marian Mihail memegang lisensi UEFA Pro. Lisensi tertinggi sepak bola Eropa itu didapat sejak 2005 silam. Ini membuktikan bahwa Mihail merupakan pelatih yang sangat berpengalaman.

Selain itu, pada Oktober 1999 dia pernah menjabat sebagai Direktur Teknik (Dirtek) Steaua Bucharest, klub sepak bola tersukses di Rumania yang pernah menjuarai Liga Champions 1985/1986.

Selama menjabat Dirtek, Steaua sukses memenangkan dua trofi bergengsi. Yakni juara Liga Rumania dan Piala Super Rumania pada musim 2000-2001.

4 dari 5 halaman

Berkarier di Sejumlah Klub

Setelah itu, Marian Mihail lebih banyak menghabiskan karier bersama tim raksasa Timur Tengah. Beberapa tim di antaranya Al Jais Damaskus yang merupakan tim asal Suriah. Kemudian tim papan atas Kuwait Al Jahra, Pro League Saudi Arabia - Al Riyadh FC, serta menjadi Dirtek di klub Al Wahda, tim paling bergengsi Abu Dhabi.

Adapun jabatan Dirtek kembali diemban Marian Mihail pada medio 2011-2014. Kala itu dia dipercaya menjadi Direktur Teknik federasi sepak bola Rumania.

Setelah meninggalkan posisinya tersebut, dia lantas kembali merajut karier di Klub. Pada akhir 2017 Marian Mihail ditunjuk sebagai head coach tim papan atas Vietnam, FLC Than Hoa. Selain berlaga di Liga Vietnam, klub tersebut juga bermain di Kualifikasi Liga Champions Asia dan Piala AFC.

Hadirnya Marian Mihail akan memberikan warna tersendiri bagi persepakbolaan Tanah Air. Segudang pengalaman bersama tim-tim besar Asia dan Eropa jadi nilai plus ketika menukangi tim kebanggaan wong Sleman tersebut.

5 dari 5 halaman

Intip Peringkat PSS di Klasemen Akhir BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer