Sukses


Shin Tae-yong Sudah Pantau Cyrus Margono untuk Timnas Indonesia sejak Beberapa Bulan Lalu

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, disebut telah memantau kiper keturunan Indonesia, Cyrus Margono, sejak beberapa bulan yang lalu.

Mantan perwakilan PSSI yang mengurus pemain naturalisasi, Hamdan Hamedan, mengungkapkan sempat dihubungi asisten Shin Tae-yong untuk mencari tahu lebih lanjut tentang Cyrus Margono.

Cyrus Margono adalah kiper kelahiran New York, Amerika Serikat, pada 9 November 2001 yang membela klub Liga Yunani, Panathinaikos B.

Darah Indonesia mengalir dalam tubuh Cyrus Margono lewat ayahnya yang bernama Johan. Sementara ibunya, Sepeedeh, berasal dari Iran. Hamdan mengungkapkan bahwa Margono pernah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), tapi tidak punya paspor.

2 dari 4 halaman

Informasi dari Hamdan Hamedan

"Asisten Shin Tae-yong bertanya ke saya pada beberapa bulan lalu terkait Cyrus Margono," ujar Hamdan dalam akun Instagramnya, @hamdan.hamedan, pada Selasa (2/5/2023),

"Intinya, dia ingin mengamati Cyrus Margono leboh dekat asalkan dia memiliki paspor Indonesia," imbuh utusan PSSI di era kepemimpinan Mochamad Iriawan itu.

Hamdan menjelaskan bahwa Cyrus Margono bersama ayahnya dan Duta Besar (Dubes) Indonesia di Yunani, Bebeb Djundjunan tengah memproses supaya penjaga gawang berusia 21 tahun itu bisa kembali menjadi WNI.

3 dari 4 halaman

Diproses Kembali Jadi WNI

"Kami mulai membahas langkah-langkah agar Cyrus Margono dapat memnuhi syarat untuk membela Timnas Indonesia," ucap Hamdan.

"Hari ini, alhamdulillah, kami memulai proses untuk kembali mendapatkan kewarganegaraan Indonesia bagi Cyrus Margono," tutur Hamdan.

Sebelumnya, Cyrus Margono telah menyatakan niatnya untuk membela Timnas Indonesia lewat Bebeb pada tahun lalu. "Pemain ini berkeinginan menjadi WNI. Kini bermain di klub Panathinaikos B. Posisinya adalah kiper," kata Bebeb dinukil dari laman PSSI.

4 dari 4 halaman

Mendadak Tenar

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Cyrus Margono (@cmargono)

Nama Cyrus Margono mendadak tenar ketika bergabung dengan Panathinaikos pada Agustus 2021. Dia diberikan kontrak selama tiga tahun, namun diprioritaskan untuk tim B di kasta kedua Liga Yunani.

Di musim ini, Cyrus Margono telah empat kali bermain untuk Panathinaikos B. Penjaga gawang bernomor punggung 93 ini kebobolan tiga kali dan mencatatkan cleansheet dua kali.

Video Populer

Foto Populer