Sukses


Berat! Timnas Indonesia Dapat Saingan dari Australia, Korea Selatan, dan Jepang untuk Lawan Argentina di FIFA Matchday

Bola.com, Buenos Aires - Timnas Indonesia mendapatkan saingan dari Timnas China, Timnas Australia, Timnas Korea Selatan, hingga Timnas Jepang untuk menjadi lawan uji coba Timnas Argentina di FIFA Matchday Juni 2023.

Media Argentina, Relevo, melaporkan bahwa Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) tengah membuka kemungkinan untuk membawa Lionel Messi dkk. ke Asia.

Argentina dapat berlatih tanding dua kali pada periode FIFA Matchday 12-20 Juni 2023. China dan Timnas Indonesia disebut menjadi lawan yang paling memungkinkan buat tim berjulukan Albiceleste itu.

Relevo mengulas bahwa uji coba di Asia menjadi pilihan masuk akal buat Argentina karena FIFA melarang setiap negara yang berlatih tanding dua kali untuk terbang lebih dari lima jam dari satu tempat ke tempat yang lain.

2 dari 5 halaman

2 Kandidat Terkuat

Selain itu, Relevo menyebut Argentina bisa untung jika main di Asia.

"Aangnya ada di Asia dan pada tingkat yang lebih rendah di Amerika Utara," tulis Relevo.

Popularitas Argentina sebagai juara Piala Dunia 2022 di Qatar meningkat pesat sehingga nilai Albiceleste akan mahal dan cocok untuk dipasarkan di kawasan Asia.

"Argentina memiliki beberapa opsi, meski dua yang paling memungkinkan ialah melawan China dan Timnas Indonesia," jelas Relevo.

3 dari 5 halaman

Lawan Palestina Sudah Pasti

Timnas Indonesia tinggal mencari satu lawan lagi untuk FIFA Matchday terdekat karena telah menjadwalkan untuk bertanding kontra Timnas Palestina pada 14 Juni 2023.

Peluang Timnas Indonesia untuk menantang Argentina terbilang besar lantaran dua pesaing lainnya, Korea Selatan dan Jepang sudah mempunyai dua lawan di FIFA Matchday Juni 2023.

Korea Selatan akan berlatih tanding dengan Peru pada 16 Juni 2023 dan El Salvador empat hari berselang.

4 dari 5 halaman

Masih Bisa Berubah

Sementara, Jepang bakal beruji coba dengan El Salvador pada 15 Juni 2023 dan Peru lima hari kemudian.

"Sumber AFA mengonfirmasi masih ada pembicaraan dan keputusan yang ada bisa berubah. Jika Argentina setuju, maka uji coba Korea Selatan dan Jepang dapat direvisi," ungkap Relevo.

Uji coba kontra Argentina terbuka lebar untuk Timnas Indonesia mengingat kisi-kisinya telah dibocorkan oleh Wakil Ketua PSSI, Zainudin Amali, pada beberapa waktu lalu.

5 dari 5 halaman

Sudah Tersiar sejak Beberapa Bulan Lalu

"Yang sedang diusahakan adalah Argentina pada FIFA Matchday Juni 2023. Namun, ini masih rencana. Nanti tunggu Ketua PSSI, Pak Erick Thohir," imbuh Amali medio Maret 2023.

Erick Thohir tidak membantah bahwa PSSI telah mendekati AFA dengan tujuan ajakan beruji coba dari Timnas Indonesia untuk melawan Argentina.

"Kami sudah usaha. Surat sudah dikirim. Apakah sudah ada jawaban black and white, belum," imbuh Erick Thohor pada April 2023.

Bola.com mencoba menghubungi anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, terkait kemungkinan uji coba Timnas Indonesia kontra Argentina. Namun, belum direspons hingga berita ini tayang.

Sumber: Relevo

Video Populer

Foto Populer