Sukses


Cerita 2 Gelandang Timnas Indonesia Tolak Tawaran Persija demi Gabung Persib Setelah Tinggalkan Persebaya

Bola.com, Bandung - Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya sempat mendapatkan tawaran dari Persija Jakarta pada bursa transfer musim lalu. Namun, sedari awal, keduanya telah memantapkan pilihan untuk bergabung dengan Persib Bandung.

Irianto dan Kambuaya menjadi properti panas ketika memutuskan untuk meninggalkan Persebaya Surabaya pada akhir musim 2021/2022. Maklum, keduanya berlabel pemain Timnas Indonesia.

Irianto buka-bukaan terkait proses kepindahannya bersama Kambuaya ke Persib Bandung dalam YouTube PERSIB berjudul 'Ekspektasi Meninggi | THE UNTOLD STORY: Unexpected League - Episode 1'.

"Kambuaya bertanya ke saya sewaktu latihan di Persebaya. 'Rian, kamu mendapatkan tawaran dari Persib tidak?'," ujar Irianto menirukan omongan Kambuaya.

2 dari 6 halaman

Berbagi Cerita

Irianto dan Kambuaya lalu saling berbagi cerita. Keduanya sama-sama ditaksir Persib Bandung dan Persija. 

"Iya, saya mendapatkan tawaran dari Persib. Kamu dapat tawaran dari mana? 'saya ada tawaran dari Persija'," imbuh Irianto mengingat jawaban Kambuaya.

"Saya juga dapat dari Persija. Cuma saya lebih ke Persib. Kalau Kakak terserah, mau ke Persija atau Persib. Kalau saya ke Persib," ungkap Irianto.

3 dari 6 halaman

Ricky Kambuaya Ikuti Jejak Rachmat Irianto

Irianto mengungkapkan, pada akhirnya, Kambuaya juga mengikuti jejaknya untuk menerima pinangan dari Persib ketimbang Persija.

"Saya sudah jawab seperti itu. Akhirnya Kambuaya juga. Katanya 'ya sudah saya ikut ke Persib juga'," ucap Irianto.

"Separuh nyawa saya hilang rasanya. Saya lahir dan besar di Surabaya. Cita-cita saya bermain untuk Persebaya," tuturnya terkait keputusan keluar dari Persebaya.

4 dari 6 halaman

Faktor Ibu

"Awalnya memilih Persib, pertama karena ibu saya. Saya di antara Bapak yang ingin mempertahankan saya di Persebaya dan ibu yang menyarankan saya mencari tim baru," jelas Irianto.

Irianto menandatangani kontrak selama tiga musim bersama Persib. Dia bermain 25 kali dengan perolehan satu gol, empat assist, plus satu kartu kuning pada musim lalu.

5 dari 6 halaman

Persib Peringkat Ketiga, Persija Runner-up

Sementara, Kambuaya meneken perjanjian selama dua tahun. Pada musim lalu, gelandang berusia 26 tahun ini bertanding 22 kali dengan catatan nihil gol, tiga assist, lima kartu kuning, dan satu kartu merah.

Irianto dan Kambuaya membawa Persib finis di peringkat ketiga BRI Liga 1 2022/2023, satu posisi di bawah Persija yang menyegel posisi runner-up.

6 dari 6 halaman

Perjuangan Persib di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer