Sukses


Strategi Transfer Madura United Jelang Liga 1: Pulangkan Mantan Pemain hingga Peremajaan Bangku Cadangan

Bola.com, Pamekasan - Aktivitas transfer Madura United cukup membuat publik terkejut. Klub berjulukan Laskar Sape Kerrap itu ditinggal sejumlah pilar yang membuat pertahanan mereka solid musim lalu.

Tiga penjaga gawang utama Madura United yakni Rendy Oscario, Miswar Saputra dan Fakhurrazi Quba memutuskan cabut. Begitu pula dengan Reva Adi Utama dan Kadek Raditya yang malah menyebrang ke klub tetangga, Persebaya Surabaya.

Padahal, Fachruddin Aryanto dkk merupakan salah satu klub dengan lini belakang paling tangguh musim lalu. 36 kebobolan merupakan catatan terbaik ketiga diantara kontestan lain.

Tak hanya itu, mereka juga berhasil mencatatkan 14 cleansheet. Setara dengan sang jawara, PSM Makassar dan hanya selisih satu laga saja dari Persija Jakarta.

Untuk mengatasinya, manajemen Madura United punya cara unik. Setelah memulangkan Satria Tama, kini giliran Andik Rendika Rama yang dipastikan kembali berseragam loreng merah putih.

"Kami coba tawarkan kembali dan Rama mau untuk pulang ke Pulau Garam ini. Kembali memulangkannya karena kami menilai dia masih memenuhi kriteria. Semoga menambah kekuatan musim ini," ucap Direktur Utama PT. Polana Bola Madura Bersatu.

2 dari 4 halaman

Peremajaan Pelapis

Jelang pembukaan bursa transfer, Madura United sempat menyebut bakal melakukan penyegaran. Mereka ingin memiliki rataan skuad yang lebih muda ketimbang musim lalu.

Akan tetapi, hal itu tak sepenuhnya benar. Mereka masih mempertahankan pemain gaek macam Lee Yu-jun, Alberto 'Beto' Goncalves hingga yang terbaru Bayu Gatra dan Novan Sasongko.

Keempat pemain itu jelas bukan kriteria yang sempat disebutkan lantaran telah memasuki usia kepala tiga. Bahkan, Beto merupakan pemain tertua di kompetisi ini (42 tahun).

Peremajaan skuad yang dimaksud rupanya menyasar pemain di bangku cadangan. Alih-alih skuad utama, mereka justru menggaransi para pelapis yang bisa dikatakan minim pengalaman untuk tetap bersama Madura United musim depan.

3 dari 4 halaman

Rekap Transfer Madura United

Dipertahankan/transfer masuk:

1. Cleberson Martins

2. Lulinha

3. Hugo Gomes 'Jaja'

4. Ricki Ariansyah

5. Lee Yu-jun

6. Malik Risaldi

7. Satria Tama (Persebaya Surabaya)

8. Alberto Goncalves

9. Andik Rendika Rama (Arema FC)

10. Fawaid Ansory

11. Karisma Ramadhani

12. Feby Ramzy

13. Make Alde Maulidino

14. Salim Tuharea

15. Bayu Gatra

16. Novan Sasongko

17. Dodi Alexvan Djin

 

Dilepas/kembali ke klub pemilik:

1. Esteban Vizcarra (PSS Sleman)

2. Kwabena Appiah-Kubi

3. Hasim Kipuw

4. Abanda Rahman

5. Reva Adi Utama (Persebaya Surabaya)

6. Fadillah Nur Rahman

7. Otavio Dutra (Persija Jakarta)

8. Miswar Saputra

9. Rendy Oscario (Persita Tangerang)

10. Fakhurrazi Quba

11. Kadek Raditya (Persebaya Surabaya)

12. Zulfiandi

13. Taufik Hidayat

14. Irwanto Bajo

15. Vieri Dony

16. Rivaldi Bawuo

4 dari 4 halaman

Tengok Pencapaian Madura United di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer