Sukses


Pemain Timnas Indonesia Ini Sudah Berpengalaman 5 Kali Berduel dengan Lionel Messi: Modal Hadapi Argentina Nih!

Bola.com, Jakarta - Seorang pemain Timnas Indonesia telah berpengalaman lima kali berduel dengan Lionel Messi. Siapa personel tim berjulukan Skuad Garuda?

Adalah Jordi Amat, bek naturalisasi Timnas Indonesia kelahiran Spanyol, yang sering berhadapan dengan Messi di La Liga.

Jordi Amat enam musim berkancah di La Liga bersama Espanyol, Rayo Vallecano, dan Real Betis pada 2019-2013 serta 2018-2019.

Sementara, Messi membela Barcelona selama 17 tahun di La Liga dalam kurun waktu 2004-2021.

2 dari 6 halaman

3 Kali dengan Espanyol

Jordi Amat tiga kali melawan Messi dengan seragam Espanyol dan dua kali lewat jersey Rayo Vallecano. Hasilnya? palang pintu berusia 31 tahun itu empat kali kalah dan sekali seri.

Kesempatan pertama Jordi Amat menghadapi Messi pada musim 2010/2011 ketika Espanyol dipermak rival sekotanya, Barcelona, 1-5 dalam derbi Barcelona.

Jordi Amat bermain selama 26 menit dan kala itu usianya masih 18 tahun.

3 dari 6 halaman

2 Kali bersama Rayo Vallecano

Jordi Amat turun selama 90 menit dalam pertemuan kedua pada musim yang sama tatkala Espanyol tunduk 0-2 dari Barcelona.

Dalam pertemuan ketiganya pada musim 2011/2012, Jordi Amat kembali tidak tergantikan di lini belakang dan membawa Espanyol mengimbangi Barcelona 1-1.

Dalam tiga partai itu, Jordi Amat mampu menahan Messi tidak mencetak gol meski membuat tiga assist.

4 dari 6 halaman

Dominasi Lionel Messi atas Jordi Amat

Jordi Amat tidak kuasa meladeni magis Messi dalam pertemuan keempat dan kelimanya ketika bermain untuk Rayo Vallecano.

Rayo Vallecano digulung Barcelona 0-5 pada musim 2012/203 dan 1-3 pada 2018/2019. Messi mendulang tiga gol dan satu assist dalam dua laga tersebut.

Keputusan Jordi Amat untuk pindah ke KAS Eupen di Liga Belgia pada 2019 membuatnya belum pernah lagi berhadapan dengan Messi.

5 dari 6 halaman

Kesempatan Pertemuan Keenam

Namun, Jordi Amat berpeluang untuk membukukan duel keenamnya dengan Messi ketika Timnas Indonesia beruji coba dengan Timnas Argentina pada FIFA Matchday Juni 2023.

Timnas Indonesia tinggal menunggu pengumuman resmi dari PSSI untuk beruji coba dengan Timnas Argentina dalam FIFA Matchday terdekat.

Timnas Indonesia akan berlatih tanding lebih dulu menghadapi Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada 14 Juni 2023.

6 dari 6 halaman

Benteng Utama Timnas Indonesia

Sesuai pernyataan dari Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) pada Senin (22/5/2023), Argentina bakal menjadi lawan Timnas Indonesia di Jakarta pada 19 Juni 2023.

Saat ini, Jordi Amat membela sembilan kali juara Liga Super Malaysia berturut-turut, Johor Darul Ta'zim (JDT). Dia selalu bermain sebagai starter dalam sebelas partai di musim ini dan hanya sekali diganti.

Sementara, Jordi Amat telah merangkum enam caps buat Timnas Indonesia sejak dinaturalisasi pada akhir tahun lalu. Selama beraksi untuk Skuad Garuda, palang pintu berpostur 185 cm ini selalu tampil full.

Video Populer

Foto Populer