Sukses


Calon Direktur Teknik Pengganti Indra Sjafri dari Jerman, PSSI Tertarik dengan Oliver Kahn?

Bola.com, Jakarta - PSSI telah memastikan bahwa Direktur Teknik PSSI berasal dari Jerman. Apakah organisasi pimpinan Erick Thohir itu tertarik dengan Oliver Kahn?

PSSI masih mencari Direktur Teknik yang baru untuk menggantikan Indra Sjafri. Arsitek berusia 60 tahun itu ditetapkan sebagai pelatih permanen Timnas Indonesia U-22.

Sementara, Kahn baru saja dipecat sebagai CEO Bayern Munchen hanya sesaat setelah tim berjulukan The Bavarians itu menyegel gelar Bundesliga untuk yang kesebelas kalinya secara beruntun.

"Kita tunggu. Kita lihat nanti. Tadi baru saja saya baca, Gianluca Di Marzio bilang, Walter Zenga, mantan kiper Inter Milan, jadi Direktur Teknik PSSI," ujar anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga dalam kongres tahunan PSSI di Hotel InterContinental, Jakarta Selatan, Minggu (28/5/2023).

2 dari 4 halaman

Kerja Sama dengan DFB

PSSI memang berencana bekerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB). Kolaborasi itu termasuk meminta rekomendasi untuk posisi Direktur Teknik.

"Begini. Jangan tinggi-tinggi. Nanti tinggi banget, pemain kita gimana, kebingungan. Jadi disesuaikan juga," ucap Arya.

"Tapi kan, dengan adanya Direktur Teknik mumpuni seperti itu, membuat masing-masing pelatih kan ada yang mengawasi dan mengontrol," ucap Arya.

"Direktur Teknik nanti juga diberikan target juga. Soal pemain siapa yang diambil, apakah ada naturalisasi lagi. Semua itu nanti dari Direktur Teknik. Di situ, ada juga ramuan-ramuan. Makanya kami akan mencari sosok yang mudah-mudahan bagus," ungkap pria yang juga Komisaris PT Telkom tersebut.

3 dari 4 halaman

Belum Ada Jabatan

Sementara itu, selain Kahn, Bayern Munchen juga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap direktur olahraga, Hasan Salihamidzic.

"Keputusan berpisah dengan Oliver Kahn tidaklah mudah untuk dewan pengawas klub. Namun karena perkembangan yang ada, kami memutuskan untuk melakukan pergantian di jajaran manajemen," ujar kepala dewan pengawas Bayern, Herbert Hainer.

"Kami berterima kasih pada Oliver Kahn untuk komitmen, ide, dan segala yang kami raih bersama. Dia selalu dinilai sebagai orang besar di Bayern Munchen. Sukses selalu untuknya di masa depan," jelas Hainer.

4 dari 4 halaman

Bukan Nishino

Sebelumnya, media Thailand, Thairath mengabarkan Akira Nishino akan ditunjuk menjadi Direktur Teknik PSSI.

Kabar tersebut berembus setelah PSSI melakukan kerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) pada Senin (22/5/2023). Dalam pertemuan tersebut disepakati beberapa hal termasuk kerja sama pengembangan sepak bola Indonesia.

"Ada laporan Akira Nishino, mantan pelatih Thailand, akan duduk di kursi baru sebagai Direktur Teknik dari Asosiasi Sepak Bola Indonesia," tulis berita dari Thairath.

Akira Nishino saat ini memang sedang menganggur. Sejak dipecat dari Timnas Thailand pada 2021, pelatih asal Jepang itu belum lagi bekerja.

https://www.newshub.id/interactive2/4425

Video Populer

Foto Populer