Sukses


Thomas Doll: Pemain ASEAN Persija Bukan dari Australia, Cari yang Bermain di Eropa

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, mengatakan bahwa timnya tidak mencari pemain asing untuk kuota Asia Tenggara (ASEAN) dari Australia.

Thomas Doll mengungkapkan bahwa pemain Australia tidak masuk dalam kriteria pemain asing ASEAN untuk Liga 1 2023/2024.

"Pemain dari Australia tidak mungkin. Hanya dari ASEAN. Kita lihat saja. Ada beberapa pemain yang menarik," ujar Thomas Doll setelah latihan Persija di Nirwana Park, Depok, Rabu (31/5/2023) sore WIB.

Thomas Doll mengisyaratkan bahwa Persija Jakarta tertarik untuk mendatangkan pemain ASEAN yang berkarier di Eropa.

"Beberapa pemain dari Asia juga bermain di Eropa. Jadi, kita akan melihat siapa pemain ASEAN itu," imbuh Thomas Doll.

2 dari 4 halaman

Coret 3 Pemain Asing

Thomas Doll baru saja memastikan bahwa Persija mencoret tiga pemain asingnya di musim lalu. Ketiganya adalah Hanno Behrens, Abdulla Yusuf Helal, dan Michael Krmencik.

Berarti, Persija hanya mempertahankan Ondrej Kudela sebagai pemain asing untuk musim depan. Namun, tim berjulukan Macan Kemayoran itu baru mendatangkan Ryo Matsumura dari BG Pathum United di Liga Thailand.

"Kami mempunyai empat kuota lagi untuk pemain asing. Saya berharap kami bisa membawa pemain bagus yang bisa membuat semua orang senang dan mereka bisa membantu tim," ucap Thomas Doll.

"Ini adalah hal yang paling penting. Tentu saha semua orang ini tahu siapa. Tapi, kami memiliki daftarnya. Sekarang, banyak dari mereka baru menyelesaikan kompetisi."

"Kami berharap dapat berkomunikasi dengan beberapa pemain, dengan agen, dan dengan klub. Pada akhirnya, kita akan melihat kapan yang pertama akan datang," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Perubahan Ekstrem

Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) melakukan perubahan ekstrem terhadap aturan pemain asing. Setiap tim hanya boleh memiliki 3+1 alias tiga pemain asing bebas dan satu personel Asia.

Namun, untuk musim depan, per klub diizinkan mempunyai 5+1 atau lima pemain asing bebas dan satu personel dari ASEAN. Semua pemain asing dapat dimainkan.

PT LIB memodifikasi regulasi pemain asing di Liga 1 musim depan supaya sesuai dengan aturan pemain asing di turnamen antarklub Asia.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengubah kuota pemain asing dari 3+1 menjadi 5+1 untuk mulai musim depan. Lima plus satu maksudnya lima pemain asing bebas dan satu dari Asia.

4 dari 4 halaman

Jejak 3 Eks

Kontribusi ketiganya untuk Persija memang tidak maksimal pada musim lalu. Behrens hanya bermain 18 kali untuk Persija dan mencetak lima gol. Dia absen panjang di putaran kedua karena sakit perut dan memilih pulang ke jerman.

Yusuf Helal juga cuma bisa beraksi 17 kali dengan perolehan sembilan gol dan satu assist. Striker asal Bahrain ini juga kerap berkutat dengan cedera, dan terakhir mengalami sakit batu ginjal.

Krmencik pun kurang menggigit di lini depan Persija. Bomber Timnas Republik Ceska di Euro 2020 ini hanya bisa menorehkan sepuluh gol dan satu assist dari 23 penampilan.

Video Populer

Foto Populer