Sukses


Fakta-Fakta Pemain Australia di Sepak Bola Indonesia: Aaron Evans dan Robbie Gaspar Paling Ikonik

Bola.com, Jakarta - Sejak diberlakukannya kuota pemain asing Asia pada era Indonesia Super League, selalu ada pemain asal Australia yang merasakan atmosfer sepak bola Tanah Air di setiap musimnya.

Pada Liga 1 2022/2023 misalnya, tercatat ada dua pemain berpaspor Australia. Dua pemain yang dimaksud adalah Aaron Evans (Persis Solo) dan Kwabena Appiah (Madura United).

Pada Liga 1 2021/2022, juga ada dua pemain berpaspor Negeri kanguru yang berlaga. Saat itu Aaron Evans masih memperkuat PSS Sleman dan ada Golgol Mebrahtu yang bermain untuk PSM Makassar.

Terbaru ada lagi pemain berpaspor Australia yang dipastikan akan segera merumput di Indonesia. Ada sosok bernama Charles Lokolingoy yang baru saja diresmikan sebagai pemain anyar Arema FC.

Namun, harus diakui tak terlalu banyak pemain Australia yang benar-benar bertahan lama dan cukup ikonik di Indonesia selain dua pemain ini. Dua pemain yang dimaksud adalah Robbie Gaspar dan Aaron Evans.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Membela Empat Klub

Robbie Gaspar memulai kariernya di Persita Tangerang pada 2005. Saat itu Pendekar Cisadane menggaet gelandang satu ini dari klub Malaysia, Sabah.

Selama ini Indonesia, Robbie Gaspar sudah memperkuat empat klub berbeda. Selain Persita, ada Persiba Balikpapan, Persema Malang, dan Persib Bandung yang pernah ia peruat.

Robbie Gaspar memiliki kemampuan yang bagus sebagai gelandang. Pemain kelahiran Perth, Australia 7 Februari 1984 ini juga memiliki kemampuan apik dalam mengeksekusi tendangan bebas atau tendangan jarak jauh.

Tak jarang, ia mencetak gol melalui situasi-situasi seperti itu. Persiba Balikpapan menjadi klub terlama yang pernah diperkuat Gaspar. Ia pernah menjadi bagian dari skuad Beruang Madu selama tiga tahun.

3 dari 5 halaman

Juara Bersama PSM

Sama seperti Robbie Gaspar, Aaron Evans pun pernah memperkuat empat klub berbeda di Indonesia. Ada Barito Putera, PSM Makassar, PSS Sleman, dan Persis Solo yang pernah diperkuat Evans.

Karier terbaik Evans terjadi bersama PSM Makassar. Bek tengah yang kini beruisa 28 tahun itu mampu membawa Juku Eja menjuarai Piala Indonesia 2018/2019.

Gelar itu sangat berarti bagi Aaron Evans. Bahkan, ia merasa perlu megabadikan gambar trofi Piala Indonesia di betis kananya.

Aaron Evans memiliki posisi asli sebagai bek tengah. Namun, pemain kelahiran Canberra ini bisa digeser ke posisi bek kanan dan gelandang bertahan.

Saat ini Aaron Evans sudah tak lagi berkarier di Indonesia. Ia menerima pinangan dari klub India, North East United pada September 2022.

4 dari 5 halaman

Nama-Nama Lain

Selain keduanya, ada pula nama-nama Australia lain yang kariernya cukup dikenang di Indonesia. Ada nana Josh Maguire yang juga pernah memperkuat empat klub Tanah Air.Gelandang serang satu ini pernah menjadi bagian dari Persebaya Surabaya, Semarang United, PSPS Pekanbari, dan Bali De Vata.

Persebaya Surabaya juga pernah punya nama pemain Australia lain dalam diri Aryn Williams. Gelandang serang satu ini memperkuat Persebaya pada musim 2019-2020.

Jangan lupakan juga pemain bernama Sean Rooney. Striker berkepala plontos ini pernah menjadi bagian dari Deltras Sidoarjo pada era Indonesia Super League. Selain Sean Rooney, Deltras juga pernah diperkuat pemain Australia lain dalam diri Steve Hesketh.

 

 

5 dari 5 halaman

Tengok Persaingan di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer