Sukses


Jordi Amat dan 5 Benteng Tangguh Timnas Indonesia untuk Lawan Palestina dan Argentina

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil 26 pemain untuk FIFA Matchday 2023 melawan Timnas Palestina dan Timnas Argentina. Enam di antaranya berposisi sebagak bek tengah.

Timnas Indonesia akan melawan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada 14 Juni 2023 dan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 19 Juni 2023.

Jordi Amat menjadi satu dari enam palang pintu yang dipercaya Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia buat menghadapi Palestina dan Argentina.

Bek berusia 31 tahun itu menjadi jagoan baru di lini belakang tim berjulukan Skuad Garuda ini. Maklum, kualitas Jordi Amat berlevel Eropa. Dia pernah berkarier di Liga Spanyol, Liga Inggris, dan Liga Belgia.

Selain Jordi Amat, siapa lagi benteng kukuh Timnas Indonesia yang dipersiapkan Shin Tae-yong untuk bentrok dengan Palestina dan Argentina?

2 dari 7 halaman

1. Andy Setyo

Shin Tae-yong akhirnya memanggil Andy Setyo lagi ke Timnas Indonesia. Bek berusia 25 tahun itu sudah absen selama dua tahun sejak terakhir kali dipercaya pada Mei 2021.

Andy Setyo tidak tergantikan di lini pertahanan Persikabo 1973. Pemain kelahiran Pati, Jawa Tengah, itu bermain 25 kali dengan catatan tiga kartu kuning, satu kartu merah, dan satu gol.

3 dari 7 halaman

2. Rizky Ridho

Sejak debut bersama Timnas Indonesia pada 5 2021, Rizky Ridho menjadi pemain kesayangan Shin Tae-yong. Di usia yang ke-21 tahun, ia sudah membukukan 21 penampilan buat Skuad Garuda.

Pada musim lalu, Rizky Ridho lebih banyak sibuk dengan kegiatan Timnas Indonesia. Dia juga menjadi bagian timnas U-22, bahkan sebagai kapten, ketika meraih medali emas SEA Games 2023.

4 dari 7 halaman

3. Fachruddin Aryanto

Shin Tae-yong bergeming dengan usia Fachruddin Aryanto yang telah menginjak 34 tahun. Arsitek asal Korea Selatan ini tetap membutuhkan sang palang yang mempunyai pengalaman segudang itu.

Padahal, Fachruddin sering absen membela Madura United pada musim lalu karena cedera. Namun, kepemimpinannya masih dibutuhkan Timnas Indonesia yang mayoritas diisi pemain muda.

5 dari 7 halaman

4. Elkan Baggott

Keberadaan Elkan Baggott memberikan warna lain bagi sektor pertahanan Timnas Indonesia. Dengan postur tubuh yang menjulang hingga 194 cm, bek berusia 20 tahun itu sangat diandalkan untuk duel bola atas.

Baggott juga menjadi pilihan yang pas bila Shin Tae-yong memakai formasi tiga bek. Pemain Ipswich Town yang baru saja promosi ke kasta kedua Liga Inggris itu dapat ditemaptkan sebagai bek tengah kiri.

6 dari 7 halaman

5. Rachmat Irianto

Rachmat Irianto menjelma sebagai anak kesayangan Shin Tae-yong sejak debutnya bersama Timnas Indonesia pada Juni 2021. Mulai saat itu, pemain Persib Bandung itu selalu dipanggil ke Skuad Garuda.

Irianto mempunyai kelebihan sebagai bek. Mantan pesepak bola Persebaya Surabaya ini juga bisa dimainkan sebagai gelandang bertahan dan bek sayap kanan. Di Timnas Indonesia, ia lebih sering diplot sebagai tukang jagal.

7 dari 7 halaman

27 Pemain Timnas Argentina untuk FIFA Matchday Juni 2023

Kiper: Emiliano Martinez (Aston Villa), Geronimo Rulli (AFC Ajax), Walter Benitez (PSV)

Bek: Nahuel Molina (Atletico Madrid), Gonzalo Montiel (Sevilla), German Pezzella (Real Betis), Cristian Romero (Tottenham Hotspur), Leonardo Balerdi (Marseille), Nicolas Otamendi (Benfica), Facundo Medina (Lens), Nicolas Tagliafico (Lyon), Marcos Acuna (Sevilla)

Gelandang: Leandro Paredes (Juventus), Enzo Fernandez (Chelsea), Guido Rodriguez (Real Betis), Rodrigo De Paul (Atletico Madrid), Exequiel Palacios (Bayer Leverkusen), Thiago Almada (Atlanta United), Alexis Mac Allister (Brighton & Hove Albion)

Penyerang: Lucas Ocampos (Sevilla), Angel Di Maria (Juventus), Lionel Messi (PSG), Julian Alvarez (Manchester City), Giovanni Simeone (Napoli), Alejandro Garnacho (Manchester United), Nicolas Gonzalez (Fiorentina)

Video Populer

Foto Populer