Sukses


5 Pemain Asia dengan Nilai Pasar Tertinggi di Liga 1: Mayoritas Sudah Dapat Kontrak Baru, Sisanya Masih Abu-Abu

Bola.com, Jakarta - Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, atau Liga 1, pada musim depan atau 2023/2024 masih akan diwarnai oleh pemain-pemain asal Asia yang memiliki nilai pasar cukup tinggi.

Setidaknya, ada lima nama pemain asing asal Asia yang nilai pasarnya cukup fantastis. Sebab, para pemain ini menduduki urutan yang tinggi dalam daftar harga pasar pemain di kompetisi Liga 1.

Dalam daftar 10 besar, nama-nama yang mendominasi memang pesepak bola asal Eropa dan Brasil. Menariknya muncul Marc Klok yang berstatus sebagai pemain naturalisasi.

Dari sekian banyak pemain yang punya nilai pasar yang tinggi, beberapa di antaranya bakal angkat kaki dari Indonesia. Contohnya ialah Michael Krmencik (Rp15,64 miliar) dan Hanno Behrens (Rp7,82 miliar) yang sudah resmi berpisah dengan Persija.

Nilai pasar ini yang tinggi ini memang selaras dengan performa para pemain di Liga 1 musim lalu. Pasalnya, mayoritas pemain asal Asia ini mendapat perpanjangan kontrak dari klubnya. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 7 halaman

Kei Hirose

Nama pemain asal Asia yang menduduki posisi kelima dalam daftar harga pasar tertinggi ialah gelandang asing Borneo FC, Kei Hirose. Pemain asal Jepang ini nilai pasarnya menyentuh angka Rp 5,65 miliar.

Dari segi kontribusi, musim lalu dia memang cukup diandalkan Pesut Etam di Liga 1 2022/2023. Pemain berusia 27 tahun ini telah mencatatkan 22 pertandingan dengan durasi mencapai 1.665 menit.

Berkat performanya itu, Kei Hirose telah mendapatkan perpanjangan kontrak secara resmi dari manajemen. Dia diikat selama tiga musim ke depan atau hingga tahun 2026.

3 dari 7 halaman

Javlon Guseynov

Pemain asing asal Asia yang juga memiliki nilai pasar mencapai Rp5,65 miliar ialah bek tengah Persita Tangerang, Javlon Guseynov. Pemain asal Uzbekistan ini memang jadi tumpuan utama di lini pertahanan.

Sebetulnya, pada musim lalu, Javlon berstatus sebagai pemain pinjaman dari Borneo FC. Namun, Persita Tangerang memutuskan untuk mempermanenkan status bek berusia 31 tahun ini.

Sebab, kehadiran Javlon cukup berarti di sektor belakang. Di Liga 1 2022/2023 dia mencatatkan 23 pertandingan dan menit bermainnya menyentuh angka 2.070.

4 dari 7 halaman

Brwa Nouri

Selanjutnya, pemain asal Asia yang juga memiliki nilai pasar tertinggi di Liga 1 berasal dari Bali United. Dia adalah Brwa Nouri, gelandang bertahan yang sempat bermain untuk Timnas Irak pada medio 2016-an.

Brwa Nouri memang sudah cukup lama memperkuat Bali United. Saat pertama kali datang, nilai pasarnya sempat menyentuh angka Rp13,91 miliar. Namun, kini nominalnya menurun drastis di angka Rp5,65 miliar.

Meskipun demikian, hal itu tetap membuat Nouri menjadi pemain asal Asia yang harga pasarnya berada di urutan tertinggi di Liga 1 musim depan.

5 dari 7 halaman

Majed Osman

Pemain asal Asia yang nilai pasarnya berada di peringkat kedua di Liga 1 ialah Majed Osman. Gelandang serang kelahiran London, Inggris, ini dibanderol dengan nilai sebesar Rp6,08 miliar.

Performa pemain yang pernah memperkuat Timnas Lebanon ini memang cukup impresif. Bersama Dewa United pada musim lalu, dia sukses menyumbang tujuh gol dan empat assist dari 32 pertandingan.

Sayangnya, kiprah impresif ini tak lantas membuat Majed Osman mendapat kontrak baru. Sebab, sampai saat ini nasibnya bersama Dewa United masih abu-abu.

6 dari 7 halaman

Taisei Marukawa

Pemain yang memegang status sebagai pesepak bola Asia dengan nilai tertinggi di Liga 1 ialah Taisei Marukawa. Pemain asal Jepang ini nilai pasarnya mencapai Rp6,25 miliar.

Pada musim lalu, dia memang menjadi pemain paling diandalkan oleh PSIS Semarang. Semusim, Marukawa sukses menjadi pencetak gol dan assist terbanyak Mahesa Jenar. Dia tercatat menghasilkan tujuh gol dan tujuh assist.

Performa semacam inilah yang membuat Mahesa Jenar merasa yakin untuk memperpanjang kontrak pemain berusia 26 tahun itu hingga dua musim ke depan.

Sumber: Transfermarkt

7 dari 7 halaman

Intip Peta Persaingan di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer