Sukses


Geliat Sang Juara Bertahan Liga 1, PSM Makassar: Pertahankan Kerangka Tim, Lebih Cepat Penuhi Kuota Asing

Bola.com, Jakarta - Juara BRI Liga 1 2022/2023 PSM Makassar sudah menggelar persiapan untuk musim depan. Sejak 1 Juni kemarin, tim berjuluk Juku Eja tersebut menggelar latihan perdana di Stadion Kalegowa, Sulawesi Selatan.

Hari ini, PSM bakal tandang ke markas Bali United pada laga leg pertama perebutan tiket Liga Champions Asia 2023/2024. 

Dari materi pemain yang dipersiapkan, PSM tak banyak melakukan perubahan komposisi pemain. Semua pemain asing musim lalu dipertahankan.

Seperti Wiljan Pluim, Everton Nascimento, Kenzo Nambu dan Yuran Fernandes. Mereka bahkan sudah mendatangkan dua pemain asing baru untuk menggenapi kuota. Yakni Adilson Silva (Portugal) dan Kike Linares (Filipina).

Artinya, Juku Eja akan lebih tangguh musim depan. Karena kerangka tim sudah terbentuk sejak musim lalu.

Sehingga pelatih Bernardo Tavares tinggal memperkaya skema permainan timnya. Terutama dengan kehadiran dua pemain asing baru.

 

2 dari 4 halaman

Secara Kualitas, PSM Lebih Menakutkan

Dua pemain asing tersebut diproyeksikan sebagai pengganti dua pemain lokal yang jadi andalan musim lalu. Yakni Agung Mannan di belakang dan Ramadhan Sananta di depan.

Jadi, secara kualitas bisa jadi PSM lebih menakutkan. Selain itu, Juku Eja menambah satu gelandang sarat pengalaman. Rizky Pellu ditarik dari Bali United. Jadi, lini tengah mereka lebih punya banyak opsi.

Karena PSM sudah memiliki M. Arfan, Ananda Raehan dan Akbar Tanjung. Sementara satu rekrutan lain adalah Harlan Suadi. Dia bakal jadi kiper pelapis menggantikan Rivki Mokodompit.

 

 

3 dari 4 halaman

Belum Rilis Kepergian Sananta

Sebenarnya, ada satu nama yang disayangkan jika berpisah dengan PSM. Yakni Ramadhan Sananta. Karena musim lalu dia jadi salah satu andalan di lini depan. Sebanyak 11 gol berhasil dicetak striker 20 tahun tersebut.

Selain itu, namanya kini melambung setelah mengantarkan Timnas Indonesia U-23 meraih medali emas di SEA Games Kamboja 2023. Sananta juga jadi bagian timnas Indonesia senior. Dia digadang sebagai penyerang masa depan Indonesia.

Sampai saat ini, manajemen PSM belum merilis kepergiannya. Maklum, sang pemain kini bersiap dengan Timnas Indonesia untuk menghadapi FIFA Matchday melawan Argentina pada 19 Juni mendatang.

Kabarnya, Sananta akan merapat ke Persis Solo. Namun, Persis juga belum meresmikan sang pemain. Jadi statusnya saat ini masih menggantung.

 

 

4 dari 4 halaman

Bursa Transfer PSM

Pemain Baru

  • Adilson Silva (Portugal)
  • Kike Linares (Filipina)
  • Rizky Pellu
  • Harlan Suadi

Pemain Keluar

  • Bryan Cesar
  • Rivky Mokodompit
  • Ibnul Mubarak
  • Agung Mannan
  • Dallen Doke
  • Samuel Simanjuntak
  • Ramadhan Sananta

Video Populer

Foto Populer