Sukses


Formasi Gabungan Terkini Persija dan Persib: Parade Bintang-Bintang Besar

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta dan Persib Bandung memiliki sejarah rivalitas yang panjang di sepak bola Indonesia. Belakangan mereka juga terus membentuk tim untuk menjadi yang terkuat.

Keduanya sempat bersaing dalam perebutan gelar juara Liga 1 2022/2023. Meski pada akhirnya keduanya kalah dari PSM Makassar dalam persaingan itu.

Menyambut Liga 1 2023/2024, Persija Jakarta dan Persib Bandung tetap menjadi favorit juara. Mereka mempertahankan sebagian besar skuad terbaik pada musim lalu.

Dua pelatih jempolan asal Eropa pun masih menjadi juru taktik kedua klub. Thomas Doll masih melatih Persija Jakarta. Sementara Luis Milla masih menjadi pelatih Persib Bandung.

Selain itu, Persija Jakarta dan Persib Bandung juga mendatangkan beberapa pemain baru. Bola.com mencoba membuat formasi dengan gabungan dari skuad terkini dari kedua tim.

2 dari 5 halaman

Pilihan Sulit di Posisi Penjaga Gawang

Persija Jakarta dan Persib Bandung sama-sama memiliki penjaga gawang hebat. Macan Kemayoran punya Andritany Ardhiyasa. Sementara Maung Bandung memiliki Teja Paku Alam di bawah mistar.

Bola.com sempat memiiliki kesulitan memilih satu di antara dua kiper itu. Namun, pilihan pada akhirnya jatuh kepada Andritany. Kiper yang akrab disapa Bagol itu jauh lebih berpengalaman ketimbang Teja.

Untuk empat bek di belakang, Persija dan Persib juga punya para pemain berkualitas. Bola.com memilih Rio Rahmi, Ondrej Kudela, Nick Kuipers, dan Edo Febriansyah untuk mengisi kuartet di lini belakang.

3 dari 5 halaman

Lini Tengah Andalan Timnas Indonesia

Untuk tiga gelandang di tengah, ada tiga nama besar yang bisa mengisi tim ini. Mereka kebetulan sama-sama menjadi langganan Timnas Indonesia.

Rachmat Irianto bisa diplot sebagai gelandang bertahan. Sementara itu Marc Klok dan Syahrian Abimanyu bisa berada di depan Irianto.

Ketiganya bisa membentuk trio yang menarik di lini tengah. Sebenarnya masih ada beberapa nama lain yang bisa dimasukkan dalam formasi ini. Sebut saja Ricky Kambuaya atau Witan Sulaeman.

4 dari 5 halaman

Lini Depan Mematikan

Untuk posisi lini depan, tim ini bisa diisi oleh para pemain yang dikenal mematikan di depan gawang. Penyerang andalan Persib Bandung, David Da Silva jelas bisa menjadi andalan utama.

Sementara itu di sisi sayap, ada Riko Simanjuntak yang bisa dipasang di posisi winger kiri. Kecepatan dan skill pemain satu ini tak diragukan lagi.

Sementara itu di posisi winger kanan ada Ryo Matsumura yang bisa diandalkan. Matsumura baru digaet Persija dari sesama klub Liga 1, Persis Solo.

5 dari 5 halaman

Persija X Persib

Formasi 4-3-3

Kiper: Andritany Ardhiyasa

Belakang: Rio Fahmi, Ondrej Kudela, Nick Kuipers, Edo Febriansyah

Tengah: Marc Klok, Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu

Depan: Ryo Matsumura, David Da Silva, Riko Simanjuntak

Video Populer

Foto Populer