Sukses


Hasil Play-off PSM Vs Bali United: Wiljan Pluim Gagal Penalti, Serdadu Tridatu Jaga Asa ke Liga Champions Asia 2023

Bola.com, Parepare - Perebutan tiket ke fase selanjutnya play-off Liga Champions Asia 2023 antara PSM Makassar melawan Bali United berlangsung ketat. Status pemenang harus ditentukan hingga babak adu penalti.

Awalnya, Bali United sempat unggul terlebih dahulu lewat gol bunuh diri Erwin Gutawa (52’). Pada babak kedua, PSM Makassar berhasil menyamakan kedudukan lewat sepakan keras Rizky Eka Pratama (83’).

Dengan kedudukan 1-1 ini, kedua tim harus melanjutkan laga ke babak tambahan. Pasalnya, agregatnya masih imbang 2-2. Pada pertandingan leg pertama di markas Bali United, hasilnya juga sama kuat dengan skor 1-1.

Bali United pun sukses melenggang ke fase selanjutnya play-off Liga Champions Asia 2023 setelah menumbangkan PSM Makassar dengan skor 5-4 di babak adu penalti. Wiljan Pluim jadi satu-satunya pemain yang gagal mengeksekusi sepakan ini.

 

2 dari 6 halaman

Babak Pertama

PSM Makassar awalnya tampil menggebrak sejak sepak mula digelar. Mereka langsung melancarkan beberapa kali penetrasi ke area pertahanan Bali United. Setelah itu, tim tamu mulai nyaman menguasai bola.

Selama 15 menit awal laga bergulir, belum ada peluang berarti yang berhasil diciptakan masing-masing kubu. PSM Makassar dan Bali United masih sama-sama kesulitan menembus solidnya pertahanan lawan.

Peluang emas pertama pada laga ini hadir pada menit ke-22. Wiljan Pluim sebetulnya mendapatkan ruang tembak di depan gawang. Namun, bola masih bisa dihalau oleh Adilson Maringa. 

Sementara itu, peluang pertama Serdadu Tridatu pada laga ini datang dari bek asal Thailand, Elias Dolah. Dia sukses menanduk bola yang dikirimkan dari tendangan bebas. Namun, arahnya masih bisa dibaca kiper PSM.

Saat laga menginjak menit ke-37, Yance Sayuri nyaris membuat kedudukan di papan skor berubah. Sayangnya, sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti masih membentur tiang gawang Bali United.

Menjelang turun minum, bola kiriman Yance Sayuri sukses ditanduk oleh Everton Nascimento. Namun, tandukannya tak begitu akurat. Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 bertahan untuk kedua tim.

 

3 dari 6 halaman

Babak Kedua

Permainan Bali United pada babak kedua mulai lebih tertata rapi. Mereka bisa bermain lebih sabar untuk mengembangkan permainan. Ada sejumlah peluang yang tercipta, tetapi belum bisa dimaksimalkan.

Pada menit ke-52, kebuntuan Bali United akhirnya berakhir. Umpan silang yang dikirimkan oleh Ramdani Lestaluhu pada menit ke-52 gagal diantisipasi oleh Erwin Gutawa. Bola justru berbelok arah ke gawangnya sendiri.

Dengan gol bunuh diri yang dilakukan oleh Erwin ini, skuad asuhan Stefano Cugurra untuk sementara unggul dengan skor 1-0 atas tim tuan rumah. PSM pun langsung tergerak untuk menyamakan kedudukan.

Bernardo Tavares melakukan sejumlah pergantian. Dalam periode yang singkat, ada empat pemain baru yang dimasukkan. Tenaga baru ini diharapkan bisa menambah daya dobrak lini depan.

Pada menit ke-82, Juku Eja sukses menyamakan kedudukan. Rizky Eka Pratama yang baru saja dimasukkan sukses mengubah situasi. Sepakannya dari luar kotak penalti berhasil mengoyak jala gawang Adilson Maringa.

Hingga babak kedua berakhir, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-1 bertahan dan memaksa kedua tim melanjutkan duel ke babak tambahan. Sebab, agregatnya masih sama kuat 2-2.

 

4 dari 6 halaman

Babak Tambahan

Saat babak tambahan waktu baru bergulir dua menit, Bali United langsung mendapat dua kesempatan emas. Yang pertama tembakan Novri Setiawan yang dihalau kiper PSM, lalu sepakan M Rahmat yang membentur tiang gawang.

Pada menit ke-97, Bali United harus bermain dengan 10 pemain. Adilson Maringa harus mandi lebih cepat karena melakukan pelanggaran terhadap Adilson Gancho Da Silva.

Wiljan Pluim nyaris mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-105+2. Sayangnya, tandukannya yang menyambut umpan silang Rizky Eka masih bisa ditangkap Muhammad Ridho. Hingga berakhirnya babak pertama tambahan waktu, skor urung berubah.

Memasuki babak kedua tambahan waktu, aksi saling serang dari PSM dan Bali United sempat terjadi. Beberapa peluang emas yang tercipta. Namun, penyelesaian akhirnya memang belum maksimal. 

Hingga babak tambahan waktu yang kedua berakhir, kedua tim masih sama-sama gagal memecah kebuntuan. Penentu pemenangnya pun mesti dilanjutkan via adu penalti.

 

5 dari 6 halaman

Hasil Adu Penalti

Bali United

  • - Ilija Spasojevic: Gol
  • - Brwa Nouri: Gol
  • - Ricky Fajrin: Gol 
  • - Haudi Abdillah: Gol
  • - M Rahmat: Gol

PSM Makassar

  • - Yuran Fernandes: Gol
  • - Adilson Gancho: Gol
  • - Rasyid Bakri: Gol
  • - Ananda Raehan: Gol
  • - Wiljan Pluim: Gagal 

 

6 dari 6 halaman

Daftar Susunan Pemain

  • PSM Makassar (3-5-2): Reza Arya Pratama; Kike Linares Fernandes, Yuran Fernandes; Yakob Sayuri, Kenzo Nambu, Akbar Tanjung, Muhammad Arfan, Yance Sayuri; Everton Nascimento, Wiljan Pluim;
  • Pelatih: Bernardo Tavares
  • Bali United (4-3-3): Adilson Maringa; Ardi Idrus, Elias Dolah, Kadek Arel, Ricky Fajrin; Sidik Saimima, Brwa Nouri, Eber Bessa; Novri Setiawan, Privat Mbarga, Ramdani Lestaluhu;
  • Pelatih: Stefano Cugurra

Video Populer

Foto Populer