Sukses


Bintang Amerika Selatan di Klub Liga 1: Matheus Pato Curi Perhatian, Bruno Moreira CLBK

Bola.com, Jakarta - Sangat banyak pemain-pemain dari Amerika Selatan, terutama dari Brasil dan Argentina yang bermain untuk klub-klub di Indonesia sampai era Liga 1. Jika dikerucutkan, ada beberapa pemain yang masih disegani sampai saat ini.

ahkan mereka memilih menetap di Indonesia. Sebut saja Jacksen F Tiago atau Cristian “El Loco” Gonzales. Selain itu ada juga mantan bek Persija Jakarta dan Semen Padang, Antonio “Toyo” Claudio yang baru saja hengkang dari kursi asisten pelatih di Bali United.

Yang tidak menetap di Indonesia juga cukup banyak disegani. Ada Carlos De Melo, Luciano Leandro, Oscar Aravena, hingga Gustavo Chena. Di era Liga 1 saat ini, banyak juga pemain-pemain dari Amerika Latin yang didominasi dari Negeri Samba.

Ada yang baru pertama kali datang ke Indonesia, ada juga yang CLBK. Namun jika dikerucutkan, ada 2 nama yang mungkin akan menjadi buah bibir di Liga 1 2023/2024. Berikut ulasan Bola.com.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Bruno Moreira

Meskipun hengkang dari Persebaya menuju klub Super League 2 Yunani, Niki Volou, namun Bruno Moreira seperti tidak akan hilang dari ingatan Bonek Mania. Itu sebabnya kepulangannya kembali ke Stadion Gelora Bung Tomo, markas Persebaya Surabaya, sudah ditunggu oleh suporter mereka.

Di Liga 1 2021/2022, Bruno bermain cukup baik. Dalam 29 penampilannya bersama Bajul Ijo saat itu, Bruno mampu melesakkan 7 gol dan 3 assist. Kebetulan, pemain asal Brasil tersebut bisa bermain dalam 6 posisi yang Berbeda. Tapi posisi aslinya adalah penyerang sayap kiri.

3 dari 6 halaman

Matheus Pato

Nama Matheus Pato tidak boleh dikesampingkan jika berbicara mengenai pemain Amerika Selatan yang sangat ditunggu aksinya di Liga 1 2023/2024. 

Pato adalah top skorer Liga 1 musim lalu dengan 25 gol. Mengalahkan torehan penyerang Bali United Ilija Spasojevic yang menjadi top skorer Liga 1 2021/2022 dengan torehan 23 gol.

Usianya masih terbilang produktif. Jelas hal ini sangat menguntung untuk Borneo FC. Apalagi ditemani oleh Stefano Lilipaly di depan, Pato menjelma menjadi mesin gol berbahaya untuk Pesut Etam.

4 dari 6 halaman

David da Silva

 

Penyerang Persib Bandung ini juga perlu ditunggu aksinya. Musim lalu David Da Silva bersaing dengan Pato untuk perburuan gelar top skorer.

Jumlah golnya hanya kalah 1 gol dari Pato. Musim depan, jelas ada semangat baru untuk mantan penyerang Persebaya Surabaya tersebut.

5 dari 6 halaman

Gustavo Almeida dos Santos

Tidak lengkap rasanya jika tidak memasukkan nama pemain yang baru berkiprah di Liga 1 musim depan. Arema FC memiliki Gustavo Almeida. Posisinya adalah penyerang. Usianya juga masih terbilang muda yaitu 26 tahun.

Bersama Negeri Sembilan FC di Malaysia Super League musim lalu, Gustavo mencetak 11 gol dalam 14 pertandingan di semua ajang. Penampilannya di Negeri Sembilan jauh lebih baik dibanding saat ia berseragam klub Vietnam, Thep Xanh Nam Dinh FC.

Saat itu ia hanya mencetak 2 gol dalam 13 pertandingan. Sekarang penampilannya ditunggu oleh Aremania. Apakah ia bisa memikat hati Aremania atau justru menjadi pesakitan di Singo Edan.

6 dari 6 halaman

Alexis Messidoro

Diantara banyaknya pemain asal Negeri Samba, masih ada juga pemain yang berasal dari Argentina. Kebetulan juga Argentina akan bertandang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada 19 Juni mendatang untuk menghadapi Timnas Indonesia.

Pemain Argentina yang masih aktif di Indonesia adalah Alexis Messidoro. Sama-sama memiliki nama Messi, Alexis adalah gelandang yang memperkuat Persis Solo sejak musim lalu. Penampilannya impresif. 8 gol dan 9 assist diciptakannya dari 33 pertandingan bersama Laskar Sambernyawa.

Musim depan, Alexis Messidoro masih akan dipercaya oleh Pelatih Persis asal Meksiko, Leonardo Medina. Sebenarnya masih banyak pemain-pemain dari Amerika Selatan lainnya yang ada di Bali United.

Misalnya Eber Bessa di Bali United, Mateo Bustos yang memperkuat Persita Tangerang, Alex Martins Ferreira yang hijrah dari Bhayangkara FC dan berlabuh ke Dewa United, Ciro Alves di Persib Bandung, atau penyerang gaek milik Madura United Alberto “Beto” Goncalves yang pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia dan bermain untuk Persijap Jepara di Liga Indonesia 2007.

Video Populer

Foto Populer